Kembali

Tentang Menstruasi

7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut
7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut


Charm Girls yuk kita bahas, bagaimana cara menghilangkan nyeri haid. Terlebih untuk di area  perut yang suka kram. Kram perut saat haid itu wajar banget kok terjadi, itu terjadi hampir di seluruh wanita baik saat remaja atau dewasa. 

Selama menstruasi, kontraksi dinding rahim lebih kuat dari biasanya. Terkadang di saat ini perut  terasa kram, sebagai tanda otot pada rahim sedang bekerja. Beberapa wanita dan remaja  mungkin mengalami mual, muntah, sakit kepala atau diare. 

Kram perut yang dirasakan wanita bisa berbeda-beda. Sebagian golongan ada yang sama sekali  tidak merasakan nyeri pada perutnya, tetapi sebagian wanita selalu merasakan kram perut  setiap datang bulan yang menyiksa dan mengganggu mood seharian. 

Baca Juga : Posisi tidur pewe pas lagi menstruasi hari pertama

Beberapa faktor yang menyebabkan nyeri haid hingga kram perut meliputi, aliran darah haid  yang sangat deras, berusia di bawah 20 tahun, baru mulai menstruasi, memiliki kelebihan  produksi atau kepekaan terhadap prostaglandin, yaitu hormon yang mempengaruhi rahim.,  endometriosis atau pertumbuhan jaringan rahim yang tidak normal. 

Supaya Charm Girls tidak merasa terganggu saat haid, berikut ini cara menghilangkan nyeri haid  pada perut kram yang menyebalkan itu.

Oh ya, perlu gak minum obat pereda nyeri?  

Percayalah, tubuhmu pasti punya mekanisme sendiri untuk meredakan rasa sakit dan  terkadang obat-obatan bisa memicu resiko interaksi obat. Setiap obat pastinya memiliki efek  samping jangka panjang, Charm Girls. Apalagi banyak orang yang beranggapan kalau minum  obat melebihi dosis akan membuat dirinya lebih cepat sembuh. 

Bukannya malah sembuh nanti malah tambah sakit, lho, Charm Girls. 

Nah, cara menghilangkan nyeri haid terlebih pada perut kram simpel banget dan bahan-bahan  yang diperlukan juga ada di rumah. Daripada penasaran, mending langsung cek cara  menghilangkan nyeri haid di bawah ini, Charm Girls! 

1. Keep hydrate, Charm Girls! 

Seperti bunga yang harus disiram, cewek tuh juga perlu air! Nggak ada salahnya kalo kamu  punya botol minum atau tumbler lucu yang berukuran 1 Liter gitu, Charm Girls. Walaupun lagi  haid atau engga, minum air putih itu penting banget, lho. Karena pada umumnya kita  membutuhkan minum 8 gelas per hari atau setara dengan 2 Liter untuk mencukupi kebutuhan  air di dalam tubuh. 

7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut
Hilangkan Nyeri dengan Banyak Minum Air 

Biar makin segar, kamu bisa cobain deh untuk menambahkan perasan lemon. Minum air  memang nggak mengurangi rasa kram secara langsung, tapi dapat mengatasi perut kembung  yang dapat memperberat rasa kram perut yang kamu alami.

Baca Juga : 5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat

2. Bye junk food! 

Mikirin seblak, ayam geprek, atau ramen yang pedes banget emang bikin tertantang. Namun,  pas lagi dapet mending kamu pikirin lagi, ya Charm Girls. Makanan yang rendah lemak dan kaya  serat, seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh ternyata bikin  perut lebih nyaman dan nggak bikin diare. Jadi, cara menghilangkan nyeri haid kedua adalah  untuk sementara hindari dulu makanan berlemak, goreng-gorengan, atau makanan cepat saji,  ya! 

7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut
Hindari Junk Food Saat Menstruasi 

3. Kompres hangat biar semangat 

Cara menghilangkan nyeri haid selanjutnya adalah dengan mengkompres perut kamu. Selain  meredakan rasa sakit, sensasi hangat dari kompresan bisa membuat kamu lebih rileks dan  kembali bersemangat. Banyak cara untuk membuat kompres hangat, kamu tinggal siapkan kain  lembut dan baskom berisi air hangat. Jangan terlalu panas atau bahkan hingga mendidih.  

Kemudian, rendam kain tersebut di air hangat, sehingga bisa dijadikan kompres terus tempelin  aja di perut sampai suhunya turun dan ulangi lagi. Kalo kamu mager, pilih botol minum yang  nggak gampang bocor lalu isi dengan air hangat juga bisa kok! Simpel khan~ 

7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut
Cara Menghilangkan Kram Perut Saat Haid

4. Pijat-pijat sampe pegal-pegal minggat! 

Dengan memijat, aliran darah di tubuh bisa jadi lancar banget, Charm Girls. Cobain deh pake  minyak aromaterapi seperti kayu putih atau telon lalu kamu bisa memijat lembut area perut  bawah dengan gerakan memutar secara perlahan. Dijamin pasti langsung enakan deh. 

7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut
Pijat dengan Oil Atasi Nyeri Haid 

5. Tetap lincah, no mager 

Lah, udah sakit masa harus tetap gerak. Kan pengennya rebahan? Eits, kamu harus melawannya  dengan aktif bergerak atau berolahraga, seperti lari, jalan santai, atau joget-joget bikin konten!  Dengan aktif bergerak dan berolahraga, tubuh dapat memproduksi endorfin yang bisa  mengurangi rasa sakit sekaligus bikin mood naik! 

7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut
Tetap Bergerak Atasi Nyeri Haid

6. Minum teh chamomile 

Cara menghilangkan nyeri haid berikutnya adalah Charm Girls bisa seduh teh chamomile.  Aroma teh ini bisa mengurangi nyeri haid lho! Teh chamomile memiliki senyawa hippurate,  dimana merupakan senyawa alami dalam tubuh untuk melawan peradangan. Dengan senyawa  ini dapat mengurangi produksi prostaglandin sehinga meredakan nyeri haid. Hebat kan.. 

7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut
Minum Teh Seduh Chamomile 

7. Wedang jahe atasi nyeri haid 

Charm Girls suka wedang jahe? Wedang jahe adalah hidangan minuman sari jahe tradisional  dari daerah Jawa Tengah. Ternyata, minuman tradisional ini bukan hanya bisa menghangatkan  tubuhmu. Tapi juga bisa atasi nyeri haid hingga kram perut. Jahe memiliki sifat antiinflamasi  alami yang efektif mengurangi rasa sakit. Maka dari itu, bahan alami ini cocok banget untuk  mengatasi nyeri haid terlebih saat perut kram. 

7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut
Minum Wedang Jahe

Nah, seperti itulah cara menghilangkan nyeri haid terlebih saat perut kram!  Kamu bisa cobain cara-cara di atas. Namun, kalo kram perut yang kamu alami kerasa parah  banget, suka datang secara tiba-tiba, disertai demam, terdapat gumpalan darah dalam jumlah  banyak, atau keluar cairan vagina yang kental dan berbau busuk, fix segera ceritakan sama papa  dan papa di rumah; ajak mereka untuk menemui dokter ya, Charm Girls! 

7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut
Konsultasi Ke Dokter Bila Perlu 

Take care and always have fun, 

Charm Girls!

Komentar (0)
A