Kembali

Edukasi

Masa Pubertas Terjadi Pada Usia Berapa? Cari Tahu Disini Yuk!

Masa Pubertas Terjadi Pada Usia Berapa? Cari Tahu Disini Yuk!


Hai Charm Girls! Pernahkah kamu merasa tubuhmu mulai berubah? Tiba-tiba tumbuh rambut di area tertentu, atau mungkin suara kamu mulai berubah? Jika ya, kemungkinan besar kamu sedang memasuki masa pubertas.

Apa itu pubertas? Masa pubertas adalah fase transisi alami yang menandakan seorang anak mulai berkembang menjadi dewasa. Biasanya masa pubertas terjadi pada usia berapa, ya?

Masa pubertas anak perempuan terjadi pada usia 8-13 tahun, dan masa pubertas umumnya terjadi pada usia 9-14 tahun pada anak laki-laki. Tapi, jangan khawatir jika kamu mengalaminya di luar rentang usia tersebut, karena setiap orang memiliki waktunya sendiri.

Biar tahu lebih banyak tentang masa pubertas, simak pembahasan lengkapnya di sini:

Ciri-ciri Umum Masa Pubertas

Masa pubertas adalah fase penting yang dialami setiap remaja, di mana tubuh mengalami berbagai perubahan signifikan sebagai bagian dari proses tumbuh kembang. Perubahan ini tidak hanya fisik, tetapi juga emosional dan psikologis, menandai transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa.

Apa saja tanda-tanda bahwa kamu sedang mengalami masa pubertas? Apakah kamu sudah mengalami salah satunya atau malah semuanya?

  • Pertumbuhan Fisik 

Salah satu ciri paling mencolok dari masa pubertas adalah pertumbuhan fisik yang cepat, sering disebut sebagai growth spurt. Pada periode ini, kamu mungkin akan mengalami peningkatan tinggi badan yang signifikan. Untuk anak perempuan, ini biasanya terjadi sebelum menstruasi pertama, dan pertumbuhannya bisa mencapai 20 cm. 

  • Perubahan bentuk tubuh

Anak perempuan mungkin mulai menyadari melebarnya bagian pinggul serta suara yang sedikit berubah. Sementara anak laki-laki akan mengalami pertumbuhan otot dan perubahan suara yang jauh lebih berat. Penis dan testis juga akan membesar, dan inilah yang jadi tanda awal pubertas pada anak laki-laki.

  • Perkembangan Payudara 

Perkembangan payudara adalah salah satu tanda awal pubertas pada anak perempuan. Ini dimulai dengan munculnya benjolan kecil di bawah puting yang kemudian berkembang menjadi lebih besar dan matang selama masa pubertas.

  • Pertumbuhan Rambut 

Kamu akan mulai melihat pertumbuhan rambut di area baru, seperti ketiak dan area kemaluan. Rambut ini awalnya mungkin halus dan tipis, tetapi akan menjadi lebih kasar dan keriting seiring waktu.

  • Menstruasi 

Menarche, atau menstruasi pertama, adalah tonggak penting dalam masa pubertas anak perempuan. Ini biasanya terjadi sekitar 2 tahun setelah payudara mulai berkembang.

  • Perubahan Suasana Hati 

Pubertas juga bisa membawa perubahan suasana hati karena fluktuasi hormon. Kamu mungkin merasa emosimu lebih intens atau berubah-ubah tanpa alasan yang jelas.

  • Jerawat 

Peningkatan hormon selama pubertas dapat menyebabkan kelenjar sebum menjadi lebih aktif, yang bisa menyebabkan jerawat. Ini adalah kondisi umum yang dialami banyak remaja.

  • Bau Badan 

Kamu mungkin juga mulai memperhatikan perubahan dalam bau badanmu, yang disebabkan oleh peningkatan produksi keringat dan aktivitas kelenjar apokrin.

  • Perubahan Emosional dan Kognitif 

Selain perubahan fisik, masa pubertas juga membawa perubahan emosional dan kognitif. Kamu mungkin akan mulai berpikir dan merasakan hal-hal dengan cara yang lebih dewasa.

  • Keputihan 

Keputihan adalah cairan atau lendir yang keluar dari vagina. Ini normal dan merupakan bagian dari cara tubuh menjaga vagina tetap bersih dan sehat.

Cara Menghadapi Masa Pubertas dengan Percaya Diri

Masa pubertas memang bisa terasa membingungkan dan penuh perubahan. Tapi, jangan khawatir, Charm Girls! Kamu tidak sendirian. Berikut beberapa tips untuk membantumu menghadapi masa pubertas dengan percaya diri:

  • Komunikasi Terbuka 

Masa pubertas terjadi pada usia yang cukup menggebu-gebu. Bukan hal aneh kalau kamu sering merasa marah dan tidak nyaman bercerita pada orang lain. Namun jangan salah, masa pubertas adalah saat yang tepat untuk memulai komunikasi terbuka dengan orang-orang di sekitarmu. 

Jangan ragu untuk bertanya dan berbagi perasaanmu dengan keluarga atau teman dekat. Membicarakan perubahan yang kamu alami dapat membuatmu merasa lebih nyaman dan didukung.

  • Edukasi Seksual 

Penting untuk memahami perubahan fisik dan emosional yang terjadi pada tubuhmu. Carilah informasi yang akurat tentang seksualitas dan kesehatan reproduksi. Hal ini akan membantumu memahami proses yang terjadi dan bagaimana cara merawat tubuhmu dengan baik.

  • Menghormati Privasi 

Kamu mungkin akan membutuhkan lebih banyak waktu sendiri selama masa pubertas. Pastikan kamu memiliki ruang pribadi untuk merenung dan bersantai. Menghormati privasimu sendiri dan orang lain akan membantu menjaga keseimbangan emosionalmu.

  • Kebersihan Diri 

Menjaga kebersihan diri sangat penting, terutama karena kamu mungkin akan mengalami peningkatan keringat dan bau badan. Mandi secara teratur, menggunakan deodoran, dan memakai pakaian bersih akan membuatmu merasa lebih segar dan percaya diri.

  • Menstruasi dan Pembalut 

Untuk remaja perempuan, memahami cara menggunakan pembalut dan menjaga kebersihan area genital sangat penting. Gunakan produk yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhanmu, seperti Charm Extra Maxi yang dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal.

  • Perawatan Diri 

Saat kamu memasuki masa pubertas, mungkin kamu akan mulai memperhatikan jerawat atau perubahan lain pada kulitmu. Menemukan rutinitas perawatan kulit yang tepat dan produk yang cocok untuk jenis kulitmu akan membantu menjaga kulitmu tetap sehat.

  • Nutrisi yang Baik 

Perubahan fisik yang terjadi selama pubertas membutuhkan nutrisi yang cukup. Pastikan kamu makan makanan seimbang yang kaya akan buah, sayuran, protein, dan biji-bijian untuk mendukung pertumbuhanmu.

  • Olahraga dan Gaya Hidup Sehat 

Olahraga teratur dapat membantu mengatur suasana hatimu, meningkatkan energimu, dan menjaga berat badanmu tetap sehat. Temukan aktivitas fisik yang kamu nikmati dan jadikan itu bagian dari rutinitas harianmu.

Kenapa Charm Extra Maxi?

Memilih pembalut yang tepat bisa jadi game-changer dalam menjalani masa menstruasi. Pembalut Charm Extra Maxi dirancang khusus untuk memberikan kenyamanan ekstra tanpa membuat kamu khawatir akan kebocoran. Kenapa sih pembalut ini bisa jadi pilihan yang ciamik? Mari kita ulas bersama!

  • Desain dengan Sayap (Wing): Desain sayap pada pembalut ini bukan hanya sekedar aksesori, lho. Fungsinya penting untuk menjaga pembalut tetap pada tempatnya, sehingga kamu bisa bergerak bebas tanpa khawatir pembalut bergeser. Plus, ini membantu mengurangi risiko kebocoran yang bisa bikin kamu tidak nyaman.
  • Daya Serap Maksimal: Charm Extra Maxi mampu menyerap cairan menstruasi dengan cepat. Ini artinya, permukaan pembalut akan tetap terasa kering, menjaga kamu tetap nyaman dan percaya diri.
  • Dengan ketebalan maxi, pembalut ini menawarkan daya serap yang tinggi, cocok untuk hari-hari dengan aliran menstruasi yang lebih berat. Kamu tidak perlu khawatir tentang kebocoran atau harus sering mengganti pembalut
  • Material yang Lembut: Salah satu hal yang paling ditakutkan saat menstruasi adalah iritasi kulit karena pembalut. Nah, Charm Extra Maxi hadir dengan material yang lembut, cocok banget untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Kenyamanan kulit adalah prioritas!
  • Perlindungan Ekstra Anti Bocor: Charm Extra Maxi juga dilengkapi dengan Double Block Line yang berfungsi untuk mencegah kebocoran. Dengan adanya garis pembatas ganda ini, kamu bisa lebih bebas beraktivitas tanpa rasa cemas akan kebocoran. Artinya, kamu mendapatkan perlindungan, ekstra menjadikan tidurmu lebih nyenyak dan hari-harimu lebih bebas kegiatan.
  • Anti kerut: Pembalut ini memiliki bantalan elastis yang tidak mudah berkerut dan selalu kembali ke bentuk semula setelah digunakan. Fitur ini membantu mencegah kebocoran dan menjaga pembalut tetap rapi, sehingga kamu bisa tetap aktif tanpa khawatir.

Memilih pembalut yang tepat adalah salah satu langkah penting dalam menghadapi masa pubertas dengan lebih nyaman dan percaya diri. Dengan semua fitur yang ditawarkan oleh Charm Extra Maxi, kamu bisa lebih tenang menjalani hari-harimu, termasuk saat menstruasi.

Ingat, setiap momen dalam masa pertumbuhanmu adalah berharga, termasuk proses mengenal dan merawat tubuhmu sendiri. Stay confident and keep shining, Charm Girls!

masa pubertas umumnya terjadi pada usia
masa pubertas anak perempuan terjadi pada usia
Komentar (2)
A

An
Anonymous
Wah baru tau nih
2 days ago
Balas
An
Anonymous
Thanks infonya
8 hours ago
Balas
floating-icon