Kembali

Stay Productive

5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat
5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat


Menstruasi datang, PMS menyerang! 

Cara menghilangkan nyeri haid yang mudah dan cepat ada beberapa cara nih! Charm Girls wajib  banget baca artikel ini, supaya lebih siap saat si PMS atau Sindrom Pra-Menstruasi ini datang.  PMS adalah hal yang pasti terjadi pada semua cewek. Terkadang rasa nyeri membuat kesel.  Ditambah mood kamu yang naik turun kaya roller-coaster. Namun, di balik semua itu ada  sebuah proses pendewasaan yang luar biasa, lho! 

Tentu saja, selain tubuh dan rahim kamu yang mempersiapkan kehamilan. Emosi kamu juga  diuji; PMS dan masa menstruasi akan membuatmu lebih dewasa karena kamu harus  memikirkan bagaimana caranya menjaga diri dan menyayangi diri sendiri.

Kok bisa? 

Setelah kamu menstruasi, kamu akan lebih belajar dan peduli bagaimana menjaga kebersihan  dan kesehatan vaginamu, bagaimana cara yang tepat menggunakan pembalut dan bagaimana  mengatasi rasa nyeri yang timbul saat PMS. Tentu sebagai seorang anak cewek yang aktif  dengan segudang kegiatan; menstruasi bukanlah hal yang mengganggu, begitu juga dengan  PMS. Karena kamu sudah banyak membaca terkait menstruasi di Charm Girl’s Talk  kesayanganmu ini. 

Baca Juga : PMS (Pramenstruasi Sindrom) itu apa sih?  

 1. Minum air atau teh hangat 

Cara menghilangkan nyeri haid pertama adalah banyak minum air atau teh hangat. Cara mudah  ini efektif untuk mengurangi perut kembung atau dehidrasi yang menjadi masalah utama saat  menstruasi. Perut kembung bisa bikin kram menstruasi semakin nggak nyaman dan malah  memperparah, lho! 

5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat
Minum Teh Hangat 

Selain itu, dengan meminum air hangat akan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh kamu  dan mengendurkan otot; jadi kram akibat kontraksi di rahim terasa lebih ringan. Tidak lupa juga, pastikan minum air putih minimal 2 liter sehari yah! 

Oh ya, kalo kamu suka teh juga boleh kok! Ada banyak pilihan teh yang aromanya bikin calming  banget, lho! Teh Melati, Green Tea, Teh Chamomile, Earl Grey, bahkan jahe dan madu bisa jadi  pilihan kamu! Enak banget, bikinnya juga gampang tinggal diseduh aja~

Tapi kalo bisa sih jangan bubble tea ya, selain kandungan gula yang berlebihan dengan bubble  tea yang dingin dikhawatirkan akan memperparah nyeri menstruasi kamu! 

Baca Juga : Apakah obat pereda nyeri menstruasi aman untukku?  

2. Heat pad yang kekinian atau kompres botol 

Cara menghilangkan nyeri haid berikutnya adalah menggunakan benda panas yang bisa bikin  otot jadi auto rileks, Charm Girls! Aliran darah yang lancar akan membuat otot rahim jadi nggak  begitu tegang. Kamu bisa tempelkan heat pad; sebuah kantong yang berisi bahan kimia yang  bisa mengeluarkan panas saat terkena udara ke perut atau bisa juga menggunakan botol yang  diisi air hangat. 

5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat
Gunakan Heat Pad 

Btw, hati-hati yah dengan botol yang digunakan Charm Girls. Pastikan pilih botol yang tidak  akan bocor atau mudah memuai bila terkena air panas. Atau paling gampang dengan mandi  menggunakan air hangat, ini juga bagus untuk menghilangkan nyeri haid dengan cepat.

3. Minyak hangat yang wangi 

Minyak kayu putih, minyak telon atau beberapa minyak essential, terkenal dengan aroma dan  tentunya efek yang menghangatkan tubuh; Hal ini bagus untuk menghilangkan nyeri haid  dengan cepat. Caranya gampang banget, kamu tinggal mengoleskan minyak yang kamu suka ke  bagian yang terasa nyeri. Sambil sedikit memijatnya juga bagus untuk melancarkan peredaran  darah, Charm Girls! 

5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat
Pakai Minyak Hangat 

4. Ngemil yang sehat-sehat 

Bener banget, pas lagi dapet rasanya hasrat buat ngemil jadi tiba-tiba muncul. Jadi pengin  ngemil cemilan asin seperti keripik kentang, sesuatu yang pedas-pedas atau berminyak emang  enak banget buat dicemilin sambil rebahan…. Tapi, ngemil makanan tersebut bukanlah cara  menghilangkan nyeri haid; yang ada malah nanti makin parah.  

Makanan tinggi gula, lemak jahat, dan garam dapat menyebabkan kembung dan  pembengkakan, yang membuat nyeri otot dan kram sakit. 

Mendingan Charm Girls memilih cemilan yang lebih sehat, seperti buah potong yang pastinya  segar dan enak. 

5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat
Konsumsi Cemilan Sehat

5. Berolahraga! 

Ih, memang sih kalo lagi dapet enaknya istirahat dan rebahan sambil scrolling sosmed; tapi  cobain deh berolahraga. Nggak harus berolahraga berat dengan waktu yang lama. Bahkan  dengan 20 menit berjalan kaki sehari dapat membawa manfaat buat tubuh kamu, Charm Girls! 

5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat
Olahraga Ringan 

Selain mengurangi nyeri, olahraga ringan saat menstruasi juga bisa bikin kamu lebih rileks.  Sebab, saat olahraga ringan tubuh akan terus menghasilkan endorfin, yaitu hormon yang  berperan dalam mengurangi nyeri saat menstruasi. 

Gimana, cara menghilangkan nyeri haid yang kamu suka, Charm Girls? Pokoknya, PMS tetap  semangat ya!

Komentar (0)
A