Kembali

Tentang Menstruasi

Cara atasi nyeri haid dengan kunyit asam
Cara atasi nyeri haid dengan kunyit asam


Jamu tuh emang warisan untuk atasi nyeri haid! 

Kekayaan Indonesia sangat berlimpah, ya, Charm Girls. Nggak cuma tentang alamnya, tapi  makanan dan minumannya juga. Nah, salah satu minuman yang punya banyak khasiat adalah  jamu yang bisa mengatasi nyeri haid kamu! 

Siapa sih yang nggak kenal dengan jamu? Jamu adalah sebuah jenis minuman atau lebih  tepatnya sih ramuan yang dibuat dari rempah, kulit tumbuhan, daun-daunan, biji-bijian, atau  ekstrak tanaman gitu. Jamu juga nggak bikin sembarangan nyampur, Charm Girls. Si pembuat  jamu juga harus punya resep yang udah turun temurun takarannya. 

Jamu sendiri dipercaya banget sama banyak orang karena manfaatnya buat tubuh. Mulai dari  mencegah atau mengobati penyakit, untuk mengatasi nyeri haid dan menjaga stamina bahkan  kecantikan, Charm Girls. 

Btw, kamu tau nggak salah satu bahan jamu yang legend banget di Indonesia?  

Bener banget, kunyit namanya! 

Dari sekian banyak bahan, kunyit itu emang istimewa banget, Charm Girls. Tanaman dengan  nama ilmiah Curcuma longa ini adalah tanaman akar dengan warna kuning nan gemas. Nah,  untuk lagi kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang serupa dengan salah satu hormon cewek  yang penting pas siklus menstruasi, yakni estrogen. Alhasil, kunyit membantu dalam  

menghadapi nyeri haid kamu, Charm Girls. 

Cara atasi nyeri haid dengan kunyit asam
Minum Kunyit Asam Saat Haid 

Di Indonesia, kalo jamunya sih ada kunyit asam. Kamu boleh deh tanya kakak, mama, nenek  atau tante kamu tentang jamu ini. Soalnya si kunyit asam tuh seeksis itu buat diminum pas lagi  dapet, Charm Girls. Minuman sehat berwarna kuning ini terbuat dari bahan dasar kunyit yang  dicampur dengan asam jawa. 

Rasa asam manis bisa langsung menghangatkan tubuh secara menyeluruh, gitu~ Penasaran  nggak sih, kenapa si kunyit asam ini jadi andalan pas nyeri haid? 

1. The power of curcumin 

Dilansir dari studi dalam Complementary Therapies in Medicine, para peneliti bilang curcumin,  senyawa utama di kunyit tuh punya pengaruh pada karakteristik emosi, fisik, dan perilaku PMS,  mulai dari nyeri haid, mood naik turun, sakit kepala, kram, kelelahan, dan kecapean. Hasilnya bener aja, bahwa setelah minum kunyit asam secara rutin, curcumin mampu bikin  nyeri haid jadi minggir.

2. Anti-radang untuk tubuh 

Kunyit juga bersifat anti- inflamasi yang mampu mengurangi peradangan yang nggak perlu  dalam tubuh dan membantu meredakan kram saat menstruasi. 

Cara atasi nyeri haid dengan kunyit asam
Cara atasi nyeri haid dengan kunyit asam
Khasiat Kunyit untuk Wanita 

3. Flavonoid dari asam jawa 

Salah satu kandungan pada asam jawa adalah flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa aktif  yang dapat digunakan sebagai antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi.  

4. Bikin tubuh jadi sehat! 

Sindrom pramenstruasi atau PMS yang sering terjadi pada cewek sebelum menstruasi bisa  munculin macem-macem jerawat, lemas, sakit kepala, hingga flu. Di sini kunyit itu mampu  membantu melawan gejala-gejala tersebut. Kunyit akan memperkuat daya tahan tubuh  seseorang biar tetap bekerja dengan baik, Charm Girls! 

Tuh, bayangin; dari salah satu jenis jamu kamu bisa dapat banyak manfaat. Sebenarnya masih  ada beberapa pilihan jamu yang bisa kamu minum untuk mengatasi nyeri haid, lho selain  minum kunyit asam saat haid. Seperti, jamu jahe, jamu cuka apel, kunci sirih, kudu laos dan  lain-lain!

Serunya lagi, minum jamu tuh nggak jadul kok! Sekarang tuh banyak banget jamu yang dijual  literan gitu, tinggal masukkin kulkas, dan pastinya seger banget! Oh ya, bahkan ya beberapa  cafe kekinian juga punya jamu di menunya, lho!  

Yuk, cobain minum kunyit asam saat haid; dan jamu-jamu lainnya! Daripada minum obat obatan; terlalu banyak bahan kimia kan nggak bagus! Selamat mencoba, Charm Girls!

Komentar (0)
A