Kembali

Tentang Menstruasi

6 Penyebab menstruasi terlambat berbulan bulan

6 Penyebab menstruasi terlambat berbulan bulan


Menstruasi terlambat terlebih berlangsung hingga berbulan-bulan pasti bikin worry. Dimana  normalnya perempuan akan mengalami menstruasi bila sel telur tidak mengalami pembuahan  setiap bulannya. 

Tetapi, beberapa perempuan ada yang memiliki siklus haid yang tidak normal. Sehingga  menstruasi terlambat terus menerus, bahkan hingga beberapa bulan tidak menstruasi sama  sekali. Mau nangis gak sih? Yuk kita bahas! 

Siklus menstruasi memang bisa berbeda bagi setiap orang. Tapi normalnya, menstruasi terjadi  setiap 25 hingga 38 hari dan berlangsung selama 3 hingga 7 hari. Dalam satu siklus, rahim kita  akan mengalami proses ovulasi atau proses pembuahan untuk kehamilan. Jika selesai ovulasi  sel telur nggak dibuahi, maka lapisan rahim akan luruh dan mengeluarkan darah menstruasi. Namun beberapa perempuan mungkin pernah mengalami menstruasi terlambat beberapa  minggu, bahkan telat haid berbulan-bulan. Kondisi tersebut dalam dunia medis dikenal dengan  amenore, atau kondisi di mana seseorang yang sudah berusia 15 tahun tapi belum mengalami  menstruasi atau nggak mengalami haid selama setidaknya tiga siklus berturut-turut.

Berikut ini beberapa faktor-faktor yang bisa jadi penyebab telat datang bulan yang perlu kamu  ketahui. 

Baca Juga: 5 penyebab menstruasi terlambat yang perlu Charm Girls tahu!   

1.Faktor gaya hidup 

Charm girls, faktor pertama kenapa menstruasi terlambat bisa jadi karena faktor gaya hidup  yang kurang baik. Seperti penurunan berat badan secara drastis atau gangguan pola makan  seperti anoreksia dan bulimia juga bisa mengakibatkanmu telat menstruasi. Olahraga memang  perlu, tetapi perlu di waspadai juga untuk tidak sampai olahraga berlebih. Karena, kalau kamu  kehilangan cadangan lemak dalam jumlah besar secara tiba-tiba. Dapat membuat tubuh  kekurangan ‘bahan baku’ untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesteron yang  mengatur menstruasimu. Akibatnya, menstruasi bisa datang terlambat. Kemudian coba Charm  Girls ingat ingat, apakah sering merasakan kegelisahan jangka pendek hingga merasa stres  dengan kegiatan atau karena ada masalah pribadi? 

6 Penyebab menstruasi terlambat berbulan bulan
Berat Badan Mempengaruhi Siklus Menstruasi 

Stres ini bisa menjadi penyebab menstruasi terlambat lho! Disaat kamu stres, itu akan  mempengaruhi kinerja otak dalam mengatur produksi hormon-hormon yang berkaitan dengan  kesuburan atau siklus menstruasi. Jadi, kondisi psikis Charm Girls sangat mempengaruhi kerja  tubuh secara keseluruhan, termasuk siklus haid. 

Jadi, pastikan Charm Girls menjalani pola hidup yang baik dengan menghindari beberapa hal  berikut ini, tidak memiliki berat badan berlebih atau kurang, tidak memiliki berat badan naik  dan turun secara drastis, Stres, cemas atau banyak pikiran yang berlarut-larut, Kelelahan atau  kurang tidur, olahraga terlalu ekstrem.

2. Adanya ketidakseimbangan hormon 

Polycystic ovary syndrome atau PCOS merupakan suatu kondisi kelainan hormon dan sistem  metabolisme yang mengganggu fungsi indung telur atau ovarium. Seseorang dengan PCOS  biasanya mengalami menstruasi terlambat atau berhenti sama sekali karena indung telurnya  dipenuhi oleh folikel atau kista yang mencegah telur matang dan lepas. 

6 Penyebab menstruasi terlambat berbulan bulan
PCOS penyebab menstruasi terlambat 

Tanda-tanda lain dari PCOS adalah pertumbuhan rambut yang berlebihan, biasanya di  punggung, bokong, wajah, atau dada, kulit berminyak dan berjerawat, kerap mengalami  depresi, mengalami kecemasan hingga gangguan makan, kesulitan untuk hamil, rambut kepala  rontok atau menipis, dan berat badan yang bertambah. 

Untuk mendiagnosis PCOS, diperlukan gabungan antara gejala-gejala yang khas yang bisa  dilakukan dengan pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang sesuai untuk  mendiagnosis penyakit ini.  

Dahulu diagnosis PCOS dapat ditunjang dengan pemeriksaan rasio LH (luteinizing hormone) dan  FSH (Follicle-stimulating hormone), dimana bila rasio LH : FSH kamu adalah 3 : 1, kemungkinan  besar kamu akan mengalami PCOS. Namun saat ini pemeriksaan rasio LH : FSH ini sudah nggak  digunakan lagi, meskipun masih dapat memberikan gambaran umum mengenai penyakit PCOS,  Charm Girls.

3. Faktor Struktual  

Adanya masalah pada organ seks bisa menyebabkan amenorea. Misalnya adanya jaringan parut  di rahim seperti pada sindrom Asherman; kekurangan organ reproduksi seperti masalah pada  perkembangan janin yang menyebabkan bayi dilahirkan tanpa bagian utama dari sistem  reproduksinya seperti rahim, serviks, atau vagina; serta kelainan struktural di vagina, misalnya  adanya obstruksi juga bisa menjadi menyebab menstruasimu menjadi telat. 

6 Penyebab menstruasi terlambat berbulan bulan
Masalah pada Organ Seks 

Sindorm lain dari amenorea adalah adanya penyempitan dan penyumbatan pada leher rahim  (serviks), serta vagina yang terbagi menjadi 2 bagian (sekat vagina). Perubahan hormon alami,  seperti pada masa kehamilan, menyusui, dan menopause yang membuat telat datangnya  menstruasi selama berbulan-bulan.

4. Menggunakan Kontrasepsi Hormonal 

Nah, untuk wanita yang telah menikah menggunakan kontrasepsi hormonal bisa menjadi  penyebab menstruasi terlambat. “Salah satu efek samping dari penggunaan KB hormonal  adalah perdarahan yang tidak teratur, Charm Girls. Mulai dari perdarahan bercak atau flek,  hingga perdarahan yang berkepanjangan. Bahkan, tercatat bahwa 70 persen pengguna KB  suntik tidak mengalami siklus menstruasi. Oiya setelah menghentikan penggunaan, juga perlu  beberapa waktu untuk bisa ovulasi dan siklus haid kembali normal, Charm Girls. 

6 Penyebab menstruasi terlambat berbulan bulan
Menggunakan Kontrasepsi Hormonal 

5. Efek samping obat  

Bagi perempuan yang telah menikah mengkonsumsi beberapa jenis obat-obatan bisa  mempengaruhi hormon dan berdampak pada siklus menstruasi yang nggak teratur. Seperti  misalnya obat antidepresan dan obat penurun tekanan darah dapat meningkatkan hormon  yang mencegah terjadinya. 

6 Penyebab menstruasi terlambat berbulan bulan
Efek Samping Obat Hormonal

6. Merokok  

"Merokok tidak baik untuk kesehatan", pasti Charm Girls tau itu. Merokok bisa menjadi faktor  menstruasi terlambat, bahkan walaupun kamu hanya perokok pasif. Karena zat zat berbahaya  pada rokok seperti nikotin dapat berpengaruh pada keseimbangan hormon estrogen dan  hormon progesteron. 

6 Penyebab menstruasi terlambat berbulan bulan
Merokok Menyebabkan Menstruasi Terlambat 

 Itulah beberapa penyebab perempuan bisa mengalami menstruasi telat selama berbulan-bulan,  Charm Girls. Kalau kamu gak juga menstruasi selama 3 bulan berturut-turut atau sudah berusia  15 tahun tetapi belum juga mengalami menstruasi, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter  ya. Karena makin cepat penyebabnya diketahui, maka penanganannya bisa makin efektif.

Komentar (11)
A

sa
sabrina addaba
thanks charm infonya, bagus banget
2 years ago
Balas
AJ
Amy J Pakpahan
terima kasih infonya
2 years ago
Balas
PN
Puteri Nadya Rachmatica
thanks ilmunya
2 years ago
Balas
floating-icon