Kembali

Edukasi

Berikut Ini Manfaat Teh Kayu Manis untuk Para Charm Girls!

Berikut Ini Manfaat Teh Kayu Manis untuk Para Charm Girls!


Kayu manis, rempah-rempah eksotis yang sering kita temui di dapur, ternyata tidak hanya bisa membuat hidangan jadi lebih lezat tapi juga kaya akan manfaat. Apa saja ya, manfaat teh kayu manis?

Dikenal dengan aroma dan rasanya yang khas, kayu manis telah digunakan selama ribuan tahun dalam berbagai tradisi pengobatan. Rempah beraroma manis dan hangat ini umum dikonsumsi sebagai obat dengan cara mengolahnya menjadi teh. 

Mengonsumsi kayu manis dalam bentuk teh tidak hanya memberikan sensasi relaksasi, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Mengurangi Peradangan dan Nyeri: Kayu manis mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid yang dapat mengurangi peradangan dan mempercepat pemulihan luka. Ini juga berguna untuk mengatasi nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri sendi, dan nyeri otot.
  • Menurunkan Kadar Gula Darah: Ekstrak kayu manis telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaga stabilitasnya, yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.
  • Menjaga Kesehatan Jantung: Kayu manis dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, yang berkontribusi pada kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung.
  • Mengontrol Tekanan Darah: Kandungan kalium dan antioksidan yang tinggi dalam kayu manis baik untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi.
  • Antioksidan: Kayu manis sarat dengan antioksidan kuat yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Studi juga menunjukkan bahwa ada sifat antikanker yang dimiliki kayu manis.
  • Meredakan gejala PMS: Air rebusan kayu manis atau teh kayu manis juga bisa membantu mengurangi kram atau nyeri saat PMS, mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi, dan membantu melancarkan haid yang tidak teratur. 
  • Mengatasi haid tidak lancar: Kayu manis adalah vasodilator yang bisa memperlebar pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, sehingga membantu mengatur siklus menstruasi.

Penasaran bagaimana memanfaatkan kayu manis dengan maksimal? Yuk, kita kupas tuntas tentang manfaat teh kayu manis dan cara membuatnya yang benar!

Cara Membuat Teh Kayu Manis

Untuk merasakan manfaat rebusan kayu manis, kamu bisa mengolahnya menjadi teh yang nikmat. Membuat teh kayu manis sangatlah mudah dan praktis, kok. Kamu hanya perlu beberapa bahan sederhana dan waktu sekitar 15 menit saja. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan 1 batang kayu manis atau 1 sendok teh bubuk kayu manis.
  2. Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan kayu manis. Perbandingannya adalah 1 batang kayu manis per 1 cangkir air.
  3. Biarkan meresap selama 10-15 menit agar ekstrak kayu manis tercampur sempurna.
  4. Saring dan tuangkan ke dalam cangkir favoritmu.
  5. Tambahkan madu atau lemon untuk rasa tambahan jika kamu suka.

Teh Kayu Manis untuk Mempelancar Haid

Charm Girls pasti tahu betapa pusingnya kita kalau haid tidak lancar sudah menerpa. Haid tidak lancar dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, hormon yang tidak seimbang, dan PCOS. 

Nah, salah satu solusi mengatasinya adalah dengan mengonsumsi teh kayu manis. Salah satu manfaat air rebusan kayu manis adalah untuk memperlancar haid serta mengatasi nyeri saat menstruasi.

Kayu manis dapat membantu menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron, yang berperan penting dalam siklus menstruasi. Kayu manis juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke rahim, yang dapat membantu melancarkan haid. 

Terakhir, sifat anti-inflamasi dan juga antispasmodik pada kayu manis dapat membantu merelaksasi otot rahim. Hal ini dapat membantu mengurangi kram dan nyeri haid.

Tentu saja, sambil menikmati manfaat teh kayu manis, jangan lupa untuk menjalani gaya hidup sehat dan berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mendapatkan saran yang paling sesuai dengan kondisi tubuh kamu, ya.

Charm Girls, itulah segelintir manfaat air rebusan kayu manis. Mulai dari menjaga kesehatan secara umum hingga potensi mempelancar haid yang tidak lancar, teh kayu manis menawarkan solusi alami yang mudah dan menyenangkan. Pastikan kamu mengonsumsinya secara rutin agar terasa manfaatnya, ya!

Selain menjaga kelancaran haid berkat manfaat teh kayu manis, jangan lupa juga untuk tetap nyaman selama menstruasi dengan memilih pembalut yang tepat. Tahukah kamu kalau sekarang ada pembalut yang mengandung ekstrak bahan herbal?

Namanya pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal. Pembalut herbal ini mengandung bahan-bahan alami berupa daun sirih, manjakani, kunyit, jahe, dan lidah buaya yang kaya akan manfaat. Selain bisa menjaga higienitas miss V, pembalut ini juga bisa mencegah aroma tidak sedap berkat kandungan antiseptik alaminya.

Enggak perlu khawatir bocor, karena pembalut Charm Daun Sirih+ Herbal mampu menyerap dan mengunci cairan. Apalagi lapisan kapasnya yang lembut juga terasa nyaman banget. Cegah bocor dan iritasi meski kamu beraktivitas padat, Charm Girls. 

Beralih ke bahan-bahan herbal memang bisa jadi pilihan yang tepat, ya. Yuk, eksplorasi lebih lanjut dan rasakan berbagai manfaatnya!

manfaat rebusan kayu manis
manfaat air rebusan kayu manis
Komentar (3)
A

An
Anonymous
Thanks infonya
2 days ago
Balas
An
Anonymous
Noted
a day ago
Balas
An
Anonymous
Wajib dicoba nih
8 hours ago
Balas
floating-icon