Kembali

My Growing Up Body

Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?
Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?


Pinggang adalah bagian tubuh manusia yang terletak di antara perut dan pinggul. Nah, banyak  banget cewek yang mengalami nyeri menstruasi seperti sakit pinggang saat haid ataupun PMS,  Charm Girls. Sakit pinggang adalah bagian dari gejala nyeri menstruasi alias dismenore  (dysmenorrhea)! 

Sakit pinggang saat haid biasa berpusat di punggung bawah (pinggang belakang), tepat di atas  bokong. Rasanya kalau udah sakit pinggang gara-gara nyeri menstruasi; kamu pasti langsung  mager banget~ 

Nah, sebelum tahu cara mengatasinya, kita cari tahu penyebab sakit pinggang saat haid! 

Nyeri menstruasi biasanya gara-gara hormon! 

Sakit pinggang saat haid biasanya terjadi tepat sebelum menstruasi dimulai, pas kadar  prostaglandin meningkat di lapisan rahim. Kadarnya akan paling tinggi pada hari pertama haid.  Peningkatan prostaglandin ini bertujuan untuk memicu rahim berkontraksi agar meluruhkan  dindingnya. 

Semakin banyak prostaglandin yang diproduksi, efek nyeri haid akan semakin kuat. Kontraksi  rahim juga tidak hanya menimbulkan efek kram pada perut, tapi juga rasa sakit yang menyebar  hingga ke pinggang dan sekujur kaki. Huhuhu!

Nah, nggak cuma sakit pinggang. Kamu juga akan merasakan kram dan sakit tumpul di area  perut bawah, mual dan muntah, disertai rasa lelah dan lemah, diare dan juga ada cewek yang  bisa sampe pingsan, kalo nyerinya sangat hebat! 

Namun, tenang aja! Nggak usah panik. Sakit pinggang saat haid bakalan sembuh sendiri kok!  Seiring berjalannya hari, kadar prostaglandin kemudian akan menurun mengikuti siklus  menstruasi kamu. Kram perut dan sakit pinggang biasanya akan mereda saat kadar  prostaglandin menurun dan haid selesai, Charm Girls! 

Tapi sakit banget nih, ada cara untuk bikin lebih enak nggak? 

Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?
Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?
 Cara Meredakan Sakit Pinggang 

1. Stretching! 

Peregangan sederhana untuk cuma ganti posisi bisa membantu meredakan kram perut dan  sakit pinggang saat haid. Cobain duduk atau berdiri tegak kemudian putar badan bergantian ke  kanan dan kiri. Sambil tiduran juga boleh! 

2. The power of kompres air hangat 

Air hangat emang no debat bisa memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah jadi  lancar; so, suplai oksigen lebih mudah mencapai daerah yang sakit. Otot yang tegang dan kaku  akibat kontraksi berlebihan, bisa lebih rileks sehingga mengurangi nyeri.

3. Makan coklat batangan 

Beneran! Enak banget kan, lagi nyeri menstruasi bisa sambil ngemil makanan semua orang!  Pilih makan coklat hitam (dark chocolate) yang punya kandungan antioksidan yang bersifat anti radang dan merupakan pereda nyeri alami. Hindari coklat yang terlalu manis dan ingat, jangan  terlalu banyak, yah, Charm Girls! 

Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?
Makan Cokelat Atasi Nyeri Menstruasi 

4. Rajin minum vitamin! 

Biar sakit pinggang saat haid nggak terjadi berkelanjutan; kamu juga bisa rutin mengkonsumsi  vitamin atau suplemen secara rutin; vitamin B6, vitamin B1, vitamin E, serta omega 3 bagus  banget buat tubuh! 

Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?
Konsumsi Vitamin B Saat Haid

5. Istirahat 

Jangan dipaksain, kalo memang nyeri menstruasi dan sakit pinggang saat haid kamu itu bikin  lemas, ya, tandanya kamu harus istirahat. Berikan tubuhmu kesempatan untuk beristirahat,  Charm Girls! Santai-santai dengan membaca buku atau mendengarkan lagu dapat membantu  meningkatkan endorfin yang secara alami dapat melawan rasa sakit. 

Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?
Istirahat Cukup 

6. Berolahraga 

Buat kamu yang nggak bisa diem! Olahraga secara teratur bisa meringankan nyeri menstruasi  dan sakit pinggang saat haid. Namun, tentunya lebih baik kamu melakukan olahraga yang  ringan, mengingat menstruasi membuat sebagian cewek lemas! Beberapa pilihan olahraga yang  bisa kamu lakukan saat menstruasi antara lain, jalan kaki, yoga, dan pilates. 

Nyeri menstruasi sakit hingga ke pinggang, kenapa?
Atasi Nyeri Menstruasi dengan Berolahraga 

Kalo nyeri menstruasi makin nggak tertahankan, segera bilang ke orang di rumah untuk  mengajakmu ke dokter ya, Charm Girls! 

Have a good day!

Komentar (0)
A