Kembali

Edukasi

Manfaat Melakukan Pap Smear untuk Keputihan

Manfaat Melakukan Pap Smear untuk Keputihan


Keputihan adalah kondisi ketika terdapat lendir kental atau cairan berwarna bening atau putih susu yang keluar dari vagina kita. Jangan takut kalau kamu mengalaminya, karena itu normal banget untuk seorang perempuan.

Keputihan terjadi disebabkan adanya perubahan hormon pada dirimu. Keputihan justru sangat penting, lho, untuk menjaga kebersihan vagina serta membantu mencegah infeksi.

Tapi, Charm Girls mungkin harus memperhatikan apakah keputihan yang kamu alami sedikit berbeda dari biasanya. Soalnya keputihan yang gak normal bisa jadi gejala awal kanker serviks, lho.

Yap, keputihan tidak normal termasuk salah satu tanda kanker serviks, Charm Girls. Makanya, penting buat kita untuk tahun manfaat pap smear untuk keputihan.

Keputihan, perlukah pap smear?

Seperti yang tadi disebutkan, keputihan adalah hal yang biasa bagi wanita. Namun, kalau keputihan sudah abnormal, justru bisa jadi salah satu tanda keberadaan penyakit. Salah satunya kanker serviks.

Di sinilah pentingnya Charm Girls agar melakukan tes pap smear keputihan, agar bisa mendeteksi keberadaan sel kanker serviks sedini mungkin.

Tes pap smear adalah salah satu tes skrining untuk mendeteksi sel kanker serviks pada leher rahim. Nantinya, dokter bakal mengumpulkan sel-sel dari leher rahim untuk dilihat hasil pap smear keputihan.

Memangnya, pap smear untuk mengetahui apa, sih? Selain untuk mendeteksi sel kanker rahim, juga juga menemukan sel-sel abnormal atau sel prakanker di leher rahim yang nantinya bisa berkembang jadi kanker, Charm Girls.

Selain tes pap smear, dokter juga bisa melakukan tes DNA HPV untuk menguji sel-sel yang sudah dikumpulkan dari serviks untuk mendeteksi infeksi dengan salah satu jenis HPV yang paling mungkin menyebabkan kanker serviks.

Nah, kalau hasil pap smear keputihan yang sudah dilakukan tadi terlihat tidak normal atau ada gejala kanker serviks, biasanya dokter akan merekomendasikanmu untuk menjalani kolposkopi. Itu adalah pemeriksaan untuk mencari kelainan pada leher rahim.  

Dokter juga kemungkinan bakal mengambil sampel jaringan kecil atau biopsi untuk diperiksa apakah ada sel kanker di dalamnya.

Manfaat pap smear untuk keputihan sangat bagus, lho. Apalagi kalau memang benar ada hal yang tidak normal pada kesehatan organ tubuhmu, Charm Girls. 

Kalau memang benar terdeteksi keberadaan sel kanker serviks dan masih berada di tahap awal, kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang paling bisa diobat, lho. Jadi, kamu justru bisa menyelamatkan diri sendiri jika melakukan pap smear keputihan.

Makanya, gak ada salahnya kalau Charm Girls menjalani pap smear secara rutin agar kondisi leher rahim bisa dipantau. Pap smear dianjurkan dilakukan setiap 3 tahun sekali untuk wanita berusia 21 tahun ke atas.

Seperti apa keputihan yang jadi gejala kanker serviks?

Tentunya, kamu gak perlu langsung melakukan tes pap smear ketika mengalami keputihan yang sedikit berbeda dari biasanya. Soalnya, jumlah keputihan serta jenis keputihan yang dialami setiap wanita bisa jadi berbeda satu sama lain. 

Ada yang biasanya mengalami keputihan dalam jumlah banyak, ada juga yang jumlahnya sedikit. Keputihan dalam jumlah banyak belum tentu kamu mengalami kanker serviks, ya. 

Keputihan yang berbahaya bisa juga disebabkan beberapa infeksi pada vagina, seperti infeksi jamur atau bakteri, serta penyakit non-infeksi lainnya.

Nah, untuk membedakan mana tanda keputihan sebagai gejala kanker serviks dan mana keputihan abnormal yang masih wajar, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

1.Keputihan berwarna kecoklatan

Keputihan yang normal itu seperti apa? Biasanya sih, berwarna bening atau putih susu. Nah, kalau keputihan yang keluar dari vagina berwarna kecoklatan, kamu wajib curiga. Apalagi kalau hal itu terjadi di luar siklus menstruasi kamu.

2.Keluar bersama darah

Kalau kamu sudah mengalami keputihan berwarna kecoklatan tapi dibiarkan saja, biasanya kondisi bakal berkembang lebih parah. 

Keputihan bakalan keluar bersamaan dengan darah. Darah yang keluar ini berbeda dengan darah menstruasi, karena berwarna merah terang dan terjadi di luar siklus menstruasi.

3.Baunya tidak sedap

Selain dari warna, kamu juga bisa memperhatikan bau keputihan, nih. Kalau keputihanmu berbau tidak sedap, tepatnya berbau busuk yang menyengat, kamu wajib khawatir, Charm Girls.

4.Jumlah keputihan banyak

Memang sih, setiap orang mengeluarkan cairan keputihan yang jumlahnya berbeda-beda. Tapi, kamu tetap wajib waspada kalau cairan vagina yang keluar lebih banyak dan berbeda dari biasanya.

Apalagi kalau meningkatnya jumlah cairan keputihan ini disertai tanda kanker leher rahim lainnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Pantyliners untuk keputihan yang mengganggu

Sudah tahu kan, apa saja manfaat pap smear untuk keputihan? Jadi, gak perlu ragu lagi untuk melakukannya, ya. Biar tahu apa sih, yang menyebabkan keputihan berlebih selama ini.

Jumlah keputihan yang banyak memang bisa sangat mengganggu, tapi bukan berarti harus mengganggu keseharianmu. Solusinya, Charm Girls bisa mengenakan pantyliners nyaman dari Charm yang bisa bikin hari-harimu tetap nyaman.

Charm Pantyliner Pure Style Comfort Slim bisa jadi pilihan, nih. Pantyliner satu ini tipis banget, saking tipisnya bahkan Charm Girls gak akan merasa seperti pakai pantyliner, deh. Apalagi, bentuknya juga sesuai dengan kontur tubuh, alhasil gak bakal bergeser, deh.

Tapi, jangan ragukan kemampuan penyerapannya. Charm Pantyliner Pure Style Comfort Slim boleh jadi tipis, tapi tetap bisa menyerap cairan dengan sempurna sehingga tetap nyaman digunakan.

Tertarik menggunakannya? Charm Pantyliner Pure Style Comfort Slim tersedia dalam 2 varian, pertama ada yang tipe Slim Non-Perfumed dan Slim Perfumed. Keduanya memiliki ukuran 140mm yang nyaman digunakan.

Gak perlu khawatir keganggu gara-gara keputihan berlebihan lagi, deh!

Baca Juga Disini:

Kok Belum Pernah Haid Tapi Sudah Keputihan Cek Faktanya

Inilah Beda Lendir Keputihan dengan Lendir Tanda Melahirkan

Keputihan Tapi Tidak Kunjung Haid Kenali Sebelum Datangnya Masalah

syarat pemeriksaan pap smear
pap smear artinya
smear adalah
infeksi vagina
Komentar (83)
A

An
Anonymous
Ya
22 days ago
Balas
Ip
Irma primanita
Menarik
15 days ago
An
Anonymous
Ya
22 days ago
Balas
Ip
Irma primanita
Tidak biasa
15 days ago
An
Anonymous
Ya
22 days ago
Balas
Ip
Irma primanita
Ya ya doang
15 days ago
floating-icon