Kembali

Girl's Life

Kok Belum Pernah Haid Tapi Sudah Keputihan? Cek Faktanya!

Kok Belum Pernah Haid Tapi Sudah Keputihan? Cek Faktanya!


Hampir tiap perempuan pernah mengalami keputihan, yang ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih atau bening dari vagina. Ini nggak berbahaya, sebab keputihan adalah cara alami tubuh untuk menjaga kelembapan dan kebersihannya secara alami. 

Biasanya, keputihan dimulai ketika seorang anak perempuan baru aja mengalami haid pertamanya. Produksinya pun berbeda-beda pada tiap wanita, tergantung dari berbagai faktor. Namun, bagaimana jika Charm Girls belum pernah haid tapi sudah keputihan?

Selama keputihan nggak berbau, kamu nggak usah khawatir. Soalnya, ini juga bisa jadi tanda bahwa sebentar lagi menstruasi pertamamu akan datang. Untuk itu, yuk, simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut alasan kamu mengalami keputihan sebelum haid!

Alasan munculnya keputihan sebelum haid

Keputihan adalah cairan yang berasal dari rahim, leher rahim, dan vagina. Umumnya, keputihan muncul pada perempuan yang tengah menstruasi. Namun, jangan salah, kamu yang belum pernah menstruasi pun bisa mengalami keputihan.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan kenapa ada remaja yang belum pernah haid tapi sudah keputihan.

1. Alasan keputihan sebelum haid yang normal

Ketika miss v terasa basah dan lembap, bisa jadi kamu sedang mengalami keputihan. Apabila cairan dari vagina nggak memiliki bau menyengat, serta berwarna putih atau bening, cairan tersebut termasuk keputihan normal.

Charm girls nggak perlu khawatir apabila mengalami keputihan padahal belum pernah haid. Pasalnya, beberapa anak mengalami hal serupa sekitar 6–12 bulan sebelum menstruasi pertama mereka. Ini normal karena adanya perubahan hormon pada tubuh.

Pada kasus ini, alat reproduksimu sedang membentuk populasi bakteri sehat yang baru dan bersifat lebih asam untuk melindungi diri dari infeksi bakteri jahat. Itulah mengapa keputihan muncul bukan tanpa sebab, tetapi sebagai perlindungan alami tubuh.

Saat kamu berada dalam siklus menstruasi, hormon estrogen dan sejenisnya akan naik dan turun. Perubahan ini menandakan kalau tubuhmu sedang bersiap untuk melepas sel telur dari ovarium. Saat sel telur lepas, biasanya keputihan juga akan terjadi. 

Cairan yang keluar dari miss v kadang sangat banyak dan kadang bisa juga sedikit. Begitu pun teksturnya, kadang-kadang terasa lembut mirip pelembap, tapi bisa juga melar dan bening mirip putih telur. 

2. Alasan keputihan sebelum haid yang nggak normal

Jika keputihan normal ditandai dengan minimnya bau dan warna putih atau jernih, lalu keputihan seperti apa yang tergolong nggak normal dan perlu dikhawatirkan, ya?

Kadang, keputihan sebelum haid bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan. Misalnya, keputihan kental disertai rasa gatal bisa menjadi gejala infeksi jamur. Sementara itu, keputihan berwarna kuning atau hijau merupakan tanda infeksi bakterial vaginosis.

Sangat normal kalau kamu belum pernah haid tapi sudah keputihan. Namun, sebaiknya Charm Girls segera berkonsultasi ke dokter apabila menemukan gejala-gejala di bawah ini, ya.

  • Rasa sakit, terbakar, atau rasa nggak nyaman di dalam atau sekitar miss v.
  • Ruam atau luka, bisa disertai keluarnya cairan maupun tidak.
  • Tekstur cairan yang keluar seperti berbusa.
  • Bau pada miss v sangat kuat dan busuk.
  • Kemerahan di area miss v.
  • Munculnya pembengkakan.

Gunakan pantyliner jika sedang keputihan

Walaupun keputihan bisa bikin risih, kamu nggak perlu berusaha keras membersihkan miss v, apalagi memakai sabun. Pasalnya, miss v bisa membersihkan dirinya sendiri dengan lendir yang diproduksinya.

Kalau kamu membersihkan miss v dengan produk-produk kewanitaan, keseimbangan bakteri di area miss v pun akan terganggu dan malah menimbulkan bau. Jadi, cukup basuh dengan air bersih dari arah depan ke belakang ya, Charm Girls!

Masalahnya, kadang keputihan yang nggak bisa kita kontrol ini bikin celana dalam  dan area miss v jadi basah dan lembap sehingga mengganggu aktivitas. Nah, salah satu solusi dari masalah keputihan ini adalah menggunakan pantyliner.

Pantyliner adalah bantalan penyerap berukuran tipis yang berfungsi untuk menyerap keputihan, bercak ringan, dan noda lainnya. Dengan begitu, kebersihan pakaian dalam dan organ intim akan terjaga. 

Buat kamu belum pernah haid tapi sudah keputihan dan lagi mencari merek pantyliner yang cocok, tenang aja! CHARM Pantyliner Long & Wide hadir dengan lapisan bersirkulasi udara sehingga kamu bisa beraktivitas dengan nyaman sepanjang hari.

CHARM Pantyliner Long & Wide memiliki daya serap tinggi, membuat area di sekitar miss v tetap kering dan nyaman karena teksturnya lembut di kulit. Selain itu, pantyliner ini dilengkapi dengan absorbent fit yang bikin kamu dari bebas rasa pengap dan iritasi.

Nah, itu dia alasan mengapa ada remaja yang belum pernah haid tapi sudah keputihan. Sebenarnya, keputihan itu normal. Namun, jika ada gejala yang nggak wajar, cobalah untuk segera periksakan diri ke dokter, ya!Baca Juga Disini :

Pembalut Keputihan Pantyliner

Inilah 7 Macam Macam Keputihan yang Charm Girls Harus Ingat

Bye Noda Keputihan Cara Mencuci Celana Dalam yang Benar

belum pernah haid tapi sudah keputihan
Komentar (147)
A

Fy
Febrii yana sari
P
19 days ago
Balas
Fy
Febrii yana sari
P
19 days ago
Balas
An
Anonymous
Oh gitu, makasihh
19 days ago
Balas
floating-icon