Kembali

Edukasi

Keputihan, benda lengket di celana dalammu
Keputihan, benda lengket di celana dalammu


Pernahkah kamu memperhatikan benda-benda berwarna putih dan lengket di pakaian dalammu? Itu disebut keputihan, yang merupakan tanda bahwa tubuhmu sedang mengalami perubahan. Kamu mungkin khawatir saat pertama kali melihat keputihan, tapi kita bisa mempelajarinya sehingga kamu tidak perlu khawatir ya. 

Baca Juga : Apa itu keputihan yang gak selamanya berwarna putih?

Apa sih sebenarnya keputihan itu? 

Keputihan adalah cairan lengket yang keluar dari vaginamu, yang dikenal sebagai sekresi. Karena disebabkan oleh hormon wanita, jenis keputihan berubah tergantung siklus menstruasimu. Sebelum berovulasi bisa menjadi bening dan encer seperti air, dan setelah menstruasi mungkin berwarna kecoklatan dan bercampur darah. Sebelum menstruasi, mungkin timbul gumpalan tetapi ini terjadi karena hormonmu, sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. :) 

Ini loh penyebab keputihan 

Meskipun kamu mungkin khawatir pakaian dalammu menjadi kotor dan bau, keputihan merupakan sesuatu yang normal dan sangat penting bagi tubuhmu. Keputihan membantu melindungi selaput lendir vaginamu serta mencegah bakteri, dll. Sebelum kamu berovulasi akan ada lebih banyak cairan dan akan lebih tebal. Ini memudahkan sperma masuk ke dalam rahim. 

Keputihan merupakan pertanda datangnya mentruasimu 

Umumnya, keputihan mulai keluar sekitar satu tahun sebelum menstruasi pertamamu. Jika kamu melihat keputihan pada pakaian dalammu, ini mungkin merupakan tanda bahwa menstruasimu akan segera datang. Jadi kamu jangan malu ya. Kamu bisa membicarakannya dengan seseorang di rumah tentang warna, jumlah, dan seberapa lengketnya cairan tersebut, dll.

Saatnya gunakan pantyliner

Keputihan, benda lengket di celana dalammu

Jika kamu khawatir keputihan merusak pakaian dalammu, gunakanlah pantyliner. Lembaran ini dibuat khusus dan lebih tipis dari bantalan pembalut. Yang perlu kamu lakukan hanyalah meletakkannya di selangkangan pakaian dalammu, sangat mudah digunakan. Cobalah menggunakannya jika kamu khawatir saat keputihan datang. 

Kami bertanya kepada para perempuan tentang keputihan 

Yuk.. kita lihat apa yang dikatakan para perempuan untuk menjawab pertanyaan seperti "Apakah setiap orang mengalami keputihan?" dan "Apa yang harus dilakukan ketika mengalaminya?"

Keputihan, benda lengket di celana dalammu

 

 

 

Q: Apakah kamu pernah memiliki keputihan? 

A: Sekitar 85% perempuan menjawab "Iya". Jumlah keputihan berbeda-beda tergantung usiamu dan biasanya hanya sedikit saat di SD dan SMP. Setiap orang berbeda jadi tak perlu khawatir jika kamu memiliki banyak keputihan. (Berdasarkan riset Unicharm)

 

 

 

 

 

 

Bagaimana kamu mengetahui bahwa benda lengket di celana dalammu adalah keputihan? 

Banyak perempuan menjawab bahwa mereka mempelajarinya dari seseorang di rumah. Jawaban paling umum berikutnya adalah mempelajarinya dari kelas di sekolah atau dari internet. 

Kamu mungkin khawatir memiliki keputihan berarti kamu sakit, jadi lebih baik bicarakan dengan seseorang di rumah untuk menenangkan pikiranmu.

Keputihan, benda lengket di celana dalammu

Apa hal tentang keputihan yang membuat kamu khawatir? 

● Dari 100 perempuan ... 

Banyak perempuan khawatir pakaian dalam mereka menjadi kotor dan fakta bahwa mereka mengalami keputihan. Jika kamu khawatir tentang itu, kamu harus mencoba menggunakan pantyliner.

Keputihan, benda lengket di celana dalammu

Apa yang kamu bicarakan dengan orang tuamu? 

Mengapa kamu tidak berbicara tentang keputihan? 

Lebih sedikit perempuan yang berbicara dengan seseorang di rumah tentang keputihan daripada mereka yang berbicara tentang menstruasi. Alasan paling umum adalah karena mereka merasa tidak perlu membicarakannya, diikuti dengan perasaan malu.

Keputihan, benda lengket di celana dalammu
Keputihan, benda lengket di celana dalammu

Meskipun beberapa perempuan tahu tentang keputihan, mereka tidak yakin bahwa benda lengket di pakaian dalam mereka sebenarnya adalah keputihan. Nah, jika kamu mengalami keputihan kamu jangan khawatir ya. Kamu bisa membicarakannya dengan seseorang di rumahmu tanpa harus merasa malu. :) 

Hal yang perlu Charm Girls ingat! 

Benda lengket di pakaian dalammu disebut keputihan yang diproduksi oleh hormon wanita. Jika keputihan mulai keluar kamu bisa menggunakan pantyliner. Jumlah dan jenis keputihan berubah tergantung pada siklus menstruasi dan kesehatanmu, jadi ada baiknya kamu memeriksakannya untuk mempelajari kondisi tubuhmu.

 

Komentar (0)
A