Kembali

Edukasi

Rahasia Cantik Alami. Cara Membuat Toner di Rumah

Rahasia Cantik Alami. Cara Membuat Toner di Rumah


Fungsi toner untuk wajah 

Setiap orang pasti akan mengalami fase remaja dan akan mendapatkan kondisi perubahan hormon baik fisik maupun psikis. Dari sisi fisik perempuan biasanya akan mulai mengalami menstruasi hingga perubahan di kesehatan kulit.

Nah Charm Girls, di masa-masa pubertas ini kesehatan kulit juga jadi sesuatu yang penting untuk dirawat, salah satunya dengan skincare yang terdiri dari berbagai macam rangkaian dan di dalamnya termasuk penggunaan toner serta ternyata ada loh cara membuat toner alami.

Saat berusia remaja, aktivitas juga padat, mulai dari sekolah, hangout bersama teman-teman hingga harus berhadapan dengan polusi. Ternyata membersihkan wajah dengan sabun saja gak cukup loh Charm Girls. Biar semua kotoran di wajah dan minyak terangkat maka perlu perawatan kulit lainnya, salah satunya dengan toner.

Toner adalah rangkaian perawatan kulit yang digunakan dengan kapas, teksturnya encer dan lembut tak iritatif sehingga aman untuk bersihkan wajah.

Charm Girls tahu tidak kalau toner punya berbagai fungsi:

1. Hempaskan sisa kotoran

Mulai dari angkat sisa kotoran, toner bisa mengangkat minyak hingga makeup yang ternyata masih membekas walau sudah dibersihkan.

2. Lembabkan kulit

Toner yang punya kandungan tertentu bisa membuat kulit jadi lembab, apalagi usai terkena efek dari pembersih wajah yang membuat kulit kering. Toner yang melembabkan bisa didapat dari kandungan asam amino, mineral oil atau hyaluronic acid.

3. Hilangkan minyak

Toner juga punya fungsi hilangkan minyak jika tergolong toner astringent yang bisa kurangi minyak atau sebum. Toner jenis ini bisa kurangi kilap dan buat makeup lebih awet.

4. Atasi jerawat

Bye-bye jerawat! Charm Girls bisa coba hilangkan jerawat dengan penggunaan toner. Jerawat dengan kondisi ringan bisa diredakan dengan toner yang punya kandungan asam salisilat atau benzoil peroksida. Serta bisa bersihkan pori-pori dan cegah timbulnya jerawat dan komedo.

5. pH di kulit jadi seimbang

Tingkat keasaman kulit atau pH bisa berubah karena produksi minyak, polusi, hingga makeup. Jenis toner yang bisa seimbangkan tingkat keasaman kulit di pH 5-5,5 sesuai dengan pH alami kulit.

Ternyata ada berbagai cara membuat toner alami yang bisa menggunakan bahan alami di rumah atau di kulkas kamu Charm Girls.

Bahan yang dapat dibuat menjadi toner alami 

Charm Girls, ternyata banyak bahan yang ada di sekitar kita bisa dimanfaatkan untuk membuat toner alami di rumah. Perlu diingat bahwa toner buatan sendiri punya kelebihan karena tak mengandung pengawet dan bisa disimpan di lemari es, namun masa waktu penggunaannya terbatas yakni dua hingga tiga hari.

1. Air mawar

Kamu bisa gunakan air mawar untuk menyeimbangkan pH secara alami di kulit. Air mawar juga bisa melembabkan, membuat lembut dan yang pasti harum. 

Campurkan satu sendok teh air mawar dengan witch hazel bebas alkohol beserta air lemon yang segar, masukan ke botol semprot dan siap digunakan. Jangan lupa simpan di kulkas jika memang ada sisa.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah bahan alami yang  bisa mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit terlihat lebih cerah, alhasil warna kulit juga jadi lebih merata. 

Toner dengan campuran teh chamomile dan madu bisa menjadi pilihan yang dicampurkan dengan cuka sari apel. Chamomile mampu bakteri tanpa mengubah pH kulit, dan madu menambahkan hidrasi yang baik untuk kulit. Campurkan segelas kantong teh kamomil, madu dan dua sendok cuka sari apel.

 3. Teh hijau

Gunakan teh hijau yang kaya akan antioksidan sehingga bisa menetralkan radikal bebas di kulit. Teh hijau bukan hanya nikmat diminum tapi juga punya sifat anti inflamasi yang bisa kurangi kemerahan di kulit.

Seduh teh hijau dan biarkan dingin, lalu tambah tea tree oil beberapa tetes dan masukkan ke botol, kocok hingga tercampur dan gunakan sebagai toner setelah membersihkan wajah.

Charm Girls juga bisa tambahkan seperdelapan gelas jus delima murni yang kaya akan antioksidan sehingga perpaduan keduanya bisa untuk mencegah penuaan kulit. 

4. Timun

Kamu juga bisa gunakan timun yang berfungsi melembabkan karena mengandung lebih dari 90 persen air. Jika dipadukan dengan lidah buaya dua bahan ini bisa jadi toner yang pas untuk kuli kering.

Parut dan saing timun kemudian campur dengan gel lidah buaya. Campur air distilasi jika masih terasa kental masukkan ke botol dan siap digunakan, apalagi jika dingin bakal terasa lebih menyegarkan loh.

5.  Air beras

kamu bisa memanfaatkan air beras jika butuh pencerah alami kulit karena mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang dapat diserap kulit. Rendam tiga sendok makan beras melati dengan seperempat gelas air minimal dua hari dan maksimal semalam. Kemudian saring dan gunakan botol semprot.

6. Lemon

Nah toner lemon cocok untuk kurangi bintik atau noda di wajah atau hiperpigmentasi karena sinar matahari. Jus lemon mengandung asam alfa hidroksi (AHA) dan vitamin C untuk mencerahkan kulit dan mempercepat pembaharuan sel.

Campur air kelapa untuk mendapatkan hasil melembabkan sekaligus mengurangi bintik hitam. Campurkan air dan setengah buah lemon dengan tiga sendok air kelapa ke botol, campurkan dan gunakan setiap hari sebagai toner alami.

Baca Juga Disini : 

Apa itu Pubertas 

Gak Semua Jerawat Karena PMS Kenali Ciri Ciri Jerawat Haid

5 Kebiasaan Penyebab timbulnya Jerawat

Cara membuat toner alami
Komentar (52)
A

yo
yo
intinya jangan sering marah2
6 months ago
Balas
An
Anonymous
syapp
a month ago
An
Anonymous
Iya
a month ago
An
Anonymous
nice info
6 months ago
Balas
An
Anonymous
okee
a month ago
An
Anonymous
Baru tau
6 months ago
Balas
An
Anonymous
masa iya ?
a month ago
floating-icon