Kembali

Girl's Life

Keputihan tapi Tidak Kunjung Haid? Kenali Sebelum Datangnya Masalah

Keputihan tapi Tidak Kunjung Haid? Kenali Sebelum Datangnya Masalah


Seringnya perempuan telat haid

Charm Girls pernahkah mengalami fenomena-fenomena haid, salah satunya adalah terlambat, apalagi jika saat alami keputihan terus tapi haid tak kunjung datang. Memang siklus haid tiap perempuan itu berbeda-beda. Tetapi, siklus yang normal itu sekitar 21 hingga 35 hari, terhitung dari hari haid terakhir Charm Girls. Kamu bisa dikatakan mengalami haid terlambat bila tidak haid selama 35 hari atau lebih.

Hal yang perlu disadari adalah kondisi terlambat haid bisa saja disebabkan oleh hal yang lebih serius, termasuk gangguan kesehatan, atau bahkan kondisi yang ada di organ reproduksi, salah satunya adalah keputihan. Maka dari itu, penting juga untuk tahu batas telat haid dan kapan harus menemui dokter, apalagi disertai dengan kondisi keputihan berlebih.

Telat haid bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, termasuk stres, mengalami penurunan atau kenaikan berat badan, tengah hamil, mengonsumsi pil KB, gangguan hormon, hingga mengidap penyakit serius. 

Keputihan yang normal 

Keputihan adalah proses keluarnya lendir atau cairan dari vagina, yang juga disebut sebagai vaginal discharge. Keputihan itu mekanisme tubuh untuk menjaga kebersihan dan melembabkan area kewanitaan Charm Girls.

Cairan yang dihasilkan keputihan itu membawa sel mati dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi di dalam organ reproduksi. Tetapi, keputihan dapat jadi indikator terjadinya infeksi jamur dan bakteri pada area kewanitaan. Nah ini yang perlu diwaspadai ya Charm Girls.

Lebih teliti saat melihat kondisi keputihan, ternyata keputihan memiliki  warna dan tingkat kekentalan lendir yang berbeda-beda, perlu diperhatikan apakah keputihan yang dialami normal atau tidak bisa dengan cara dilihat dari warna, aroma, dan teksturnya.

Jika cairan yang keluar berwarna bening dan bertekstur seperti air, maka keputihan tersebut bisa disebut normal ya Charm Girl. Keputihan biasanya terjadi jika tubuh melaksanakan aktivitas berat, jadi porsi kondisi tubuh juga pengaruhi produksi keputihan. 

Telat haid ditambah keputihan

Telat haid kadang dianggap sebagai hal yang sepele, karena kondisinya kerap terjadi dan bisa dialami oleh semua perempuan ya Charm Girls.Tetapi nyatanya penting buat paham batas telat haid dan hal apa saja yang perlu dilakukan. 

Kalau disebabkan oleh gangguan kesehatan maka telat haid perlu segera mendapatkan tindakan medis agar dapat terhindar dari komplikasi serius, apalagi disertai keputihan yang harus diwaspadai.

Sebagian perempuan memang mengalami keputihan diindikasikan jadi salah satu tanda hamil yang muncul 1-2 minggu setelah konsepsi. Keputihan ini biasanya lebih banyak dari normal dan berwarna putih kekuningan. Padahal belum tentu keputihan dan telat haid menandakan kehamilan. Tentu seseorang tetap harus melakukan tes kehamilan menggunakan test pack atau juga ultrasonografi di dokter spesialis kandungan. Jika tidak kunjung haid tapi keputihan bukanlah kehamilan, artinya ada kondisi kesehatan lainnya Charm Girls.

Penyebab keputihan tapi tidak haid 

Jika seorang perempuan siklus haidnya tak teratur teratur tapi keputihan mungkin jadi hal biasa. Haid tidak teratur sendiri adalah ketika Charm Girls punya siklus haid kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir dan kondisi ini berlangsung setiap bulan.

Walaupun begitu, telat haid namun alami keputihan namun sedang dalam kondisi tidak hamil memberi sinyal soal kondisi kesehatan loh Charm Girls.

1. Stres

Selain stress, gaya hidup tidak sehat yang mengakibatkan penurunan berat badan secara ekstrim sehingga juga mengganggu siklus haid. Pikiran mempengaruhi tubuh bekerja dengan baik.

2. Penggunaan pil KB atau obat lai

Minum pil KB bisa mengganggu siklus haid, begitu apalagi saat baru menghentikan kebiasaan yang mungkin sudah berlangsung bertahun-tahun.

3. Infeksi jamur

Jika keputihan berbau, menimbulkan rasa gatal, dan nyeri saat buang air kecil, bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans,

4. Endometriosis

Endometriosis adalah tumbuhnya jaringan dinding rahim di luar kandungan yang salah satu gejalanya mungkin adalah telat haid disertai keputihan. Endometriosis dapat menyebabkan infertilitas dan rasa nyeri saat berhubungan seksual.

5. Radang panggul

Radang panggul terjadi saat bakteri menginfeksi vagina serta menyebar ke rahim dan saluran kelamin bagian atas. Gejalanya juga termasuk demam, mual dan muntah, sakit di area panggul, hingga diare.

6. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah bentuk kelainan keseimbangan hormon yang dapat memicu terjadinya telat haid

7. Fibroid rahim

Polip adalah semacam daging tumbuh yang tak bersifat kanker, namun bisa mengganggu siklus haid. Selain itu perempuan juga bakal alami kram maupun pendarahan berlebihan saat haid.

Selain itu, telat haid tapi disertai dengan keputihan juga terjadi karena kanker rahim atau serviks, mengalami gangguan pada kelenjar pituitari, hingga anemia dan penyakit tiroid. Periksakanlah kondisi  ke dokter dan jangan lakukan diagnosis dan pengobatan sendiri ya Charm Girls. Kesehatan reproduksi itu penting.

Baca Juga Disini:

Sering Keputihan Setelah Haid Coba Cek Faktanya Disini

Kok Belum Pernah Haid Tapi Sudah Keputihan Cek Faktanya 

Inilah Beda Lendir Keputihan dengan Lendir Tanda Melahirkan

keputihan terus tapi haid tak kunjung datang
Tidak kunjung haid tapi keputihan
kenapa keputihan terus tapi tidak haid
kenapa telat datang bulan tapi keputihan terus
Komentar (160)
A

An
Anonymous
wow very insightful
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
5 months ago
An
Anonymous
Ok
5 months ago
An
Anonymous
Ok
5 months ago
An
Anonymous
Ok
5 months ago
An
Anonymous
Insightful banget
6 months ago
Balas
An
Anonymous
nice artikel
6 months ago
Balas
floating-icon