Kembali

Edukasi

Kenapa Payudara Sakit Setelah 1 Minggu Selesai Haid?

Kenapa Payudara Sakit Setelah 1 Minggu Selesai Haid?


Nyeri payudara ketika masa pra-menstrual syndrome (PMS) atau bahkan selama menstruasi berlangsung memang wajar banget, Charm Girls. Tapi, apa kamu pernah mengalami payudara sakit setelah 1 minggu selesai haid

Ketika memasuki masa ovulasi, sekitar 2 minggu sebelum menstruasi dimulai, ukuran payudara akan membengkak yang menyebabkan rasa nyeri. Makanya kita sering mengalami yang namanya payudara sakit menjelang haid.

Biasanya, rasa nyeri pada payudara hanya berlangsung sebelum haid dimulai atau selama masa haid saja. Tapi gak jarang ada wanita yang mengalami payudara sakit setelah haid berakhir. Lantas, nyeri payudara setelah haid apakah normal? Berikut jawabannya.

Penyebab payudara nyeri setelah haid

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa nyeri pada payudara tidak selalu berhubungan dengan siklus menstruasi. Masih ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan payudara sakit setelah haid selain fase menstruasi.

Misalnya, karena terjadi kehamilan atau bahkan penyakit. Kadang kala penyebabnya pun lebih “sepele”, Charm Girls, seperti makanan, gaya hidup, hormon, stress, dan lainnya. Apa sajakah hal itu?

1. Makanan yang tidak sehat

Salah satu penyebab nyeri payudara setelah haid ternyata adalah konsumsi makanan yang tidak sehat, lho. 

Makanan dan minuman yang mengandung zat-zat seperti kafein, nikotin, dan metixanthin seperti kopi, teh, rokok, dan lainnya ternyata memiliki fungsi vasodilator yang menyebabkan pembuluh darah melebar serta tubuh merasa stres.

Ibaratnya, rasa tidak enak pada tubuh yang sudah kamu rasakan sejak PMS dan masa haid bakal terus dan semakin terasa akibat terdorong oleh fungsi vasodilator yang dimiliki zat-zat di atas. 

2. Retensi cairan

Retensi cairan bisa terjadi karena tubuh kekurangan konsumsi garam, kurang olahraga, atau adanya gangguan kesehatan tertentu. Akibat hal-hal itu, payudara jadi terasa lebih berat dan lebih sakit.

3. Lemak hewani

Para peneliti menemukan bahwa konsumsi lemak hewani berlebihan bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara semakin terasa, lho. Makanan yang mengandung banyak lemak hewani misalnya, daging merah (daging kambing, sapi, domba), daging putih (daging ayam, ikan), olahan susu (keju, mentega, dan krim), telur, dan lainnya.

Namun, mereka masih gak tahu tuh, apakah lemak hewaninya yang jadi penyebabnya atau apa hormon di dalam lemak hewani yang jadi penyebabnya.

Apa pun itu, memang lebih baik kalau Charm Girls mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak hewani, deh. Jangan lupa tambah konsumsi sayur dan buah, ya.

4. Perubahan hormon

Perubahan hormon pada perempuan bisa disebabkan berbagai hal, seperti masa pubertas, haid, kehamilan, dan menopause. Di masa itu, kadar hormon progesteron dan estrogen menjadi tidak stabil.

Nah, ketidakstabilan hormon inilah yang jadi penyebab payudara terasa nyeri di masa-masa itu. Bahkan gak jarang, bisa juga berdampak pada kondisi mood yang ikutan jadi gak stabil.

Selain itu, kalau kamu merasakan payudara sakit setelah 1 minggu selesai, bisa disebabkan hormon juga, lho. 

Soalnya, bisa saja situasi hormonal dalam tubuh masih belum stabil bahkan setelah menstruasi selesai selama beberapa hari. Makanya, rasa nyeri pada payudara masih bisa terasa.

5. Stres

Hayo ngaku, siapa yang masih sulit mengendalikan stres? Nah, ternyata stres juga bisa jadi penyebab payudara sakit setelah haid, lho.

Makanya, coba kelola stres dengan membatasi dirimu sendiri. Kenali batas diri sendiri, dan berhenti jika memang sudah mencapai batas masimal agar kadar stres tetap bisa terkontrol.

6. Kontrasepsi dan terapi hormonal

Buat Charm Girls yang sudah aktif secara seksual, mungkin juga mengonsumsi pil kontrasepsi atau melakukan terapi hormonal, nih. Ternyata, kedua hal tersebut juga bisa berpengaruh besar pada produksi hormon di dalam tubuh kita, lho.

Kalau produksi hormon sudah berubah, bisa jadi juga menyebabkan terjadinya nyeri dan rasa tidak nyaman pada payudara. Bahkan setelah menstruasi berakhir.

7. Olahraga berlebihan 

Segala sesuatu yang berlebihan memang gak baik, Charm Girls. Termasuk juga olahraga berlebihan, apalagi jika dilakukan oleh kita yang memiliki payudara besar.

Olahraga berlebihan juga bisa menyebabkan cedera pada payudara dan organ sekitarnya, seperti otot, tulang, dan lain-lain yang akhirnya menyebabkan rasa nyeri di sekitar area tersebut.

Mungkin, kamu bisa menghindari olahraga yang menimbulkan banyak tekanan pada payudara. Selain itu, coba gunakan bra khusus olahraga agar bisa menahan berat payudara, ya.

Jadi bisa disimpulkan kalau payudara sakit setelah 1 minggu selesai haid sebenarnya masih normal ya, Charm Girls. Terus, bagaimana cara menghilangkan rasa nyeri di payudara?

Untuk sementara, cara mengatasi nyeri payudara setelah haid yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kompres handuk hangat pada payudara. Kamu juga bisa minum obat pereda nyeri kalau memang sudah sangat mengganggu.

Selain itu, perbanyak minum air putih dan batasi makanan dan minuman yang tidak sehat. Jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup, hindari begadang dan stres, serta usahakan untuk berolahraga teratur tapi jangan berlebihan.

Hanya saja, jika sudah lewat seminggu tapi rasa nyeri masih terasa pada payudara, sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter.

Dengan begitu, dokter bisa melakukan pemeriksaan apakah ada benjolan pada payudara atau gangguan lainnya yang menyebabkan rasa sakit tersebut. 

Ketika menstruasi datang, kamu mungkin sudah puyeng dengan rasa nyeri di payudara yang sangat mengganggu. Jangan sampai deh, kamu puyeng juga memilih pembalut mana yang paling pas nemenin kamu di masa-masa ini.

Nah, kamu mungkin bisa coba pembalut Charm Extra Dry Slim, nih. Dengan inovasi terbaru extra dry sheet, bikin bebas lembab karena mampu menyerap cairan seketika. Charm Girls bisa beraktivitas dengan nyaman berkat bahannya yang terasa halus dan lembut.

Charm Extra Dry tersedia dalam 3 varian, lho. Ada varian Wing 23 cm dan Wing Long 25 cm yang bisa digunakan di siang hari. 

Ada pula varian Night 29 cm khusus untuk malam hari yang melindungi hingga ke bagian belakang, cegah bocor dan memberikan rasa aman dan nyaman untuk tidur nyenyak sampai pagi.

Baca Juga Disini:

Mengenali Payudaramu Sendiri

Kanker Payudara Keturunan

Ada Benjolan Di Payudara Apa Sudah Pasti Kanker

nyeri payudara setelah haid
payudara nyeri setelah haid
payudara sakit setelah haid
fase menstruasi
Komentar (347)
A

An
Anonymous
Terima kasih infonya
4 months ago
Balas
An
Anonymous
penting bgt tauu yaaa
4 months ago
An
Anonymous
Ok
2 months ago
An
Anonymous
Iya
a month ago
An
Anonymous
Iya
25 days ago
An
Anonymous
Bermanfaat
4 months ago
Balas
An
Anonymous
ngebantu banget buat remaja puber kayak akuu
4 months ago
An
Anonymous
Sangat membantu
4 months ago
Balas
floating-icon