Kembali

Girl's Life

Inilah Beda Lendir Keputihan dengan Lendir Tanda Melahirkan

 Inilah Beda Lendir Keputihan dengan Lendir Tanda Melahirkan


Miss V memang sering kali mengeluarkan cairan berwarna putih, apalagi ketika kamu mau memasuki siklus menstruasi. Namun siapa sangka, kalau cairan berwarna putih tersebut bisa juga menjadi tanda kalau kamu mau melahirkan loh.

Keputihan adalah cairan lengket yang keluar dari vaginamu, yang dikenal sebagai sekresi. Mulai dari tanda kamu memasuki siklus menstruasi, kesehatan, bahkan hingga melahirkan.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui apa beda lendir keputihan dengan lendir tanda melahirkan biar nggak salah kaprah.

Lalu, Apa Sih Bedanya Lendir Keputihan dengan Lendir Tanda Melahirkan?

Ada beberapa faktor yang bisa kamu gunakan untuk membedakan lendir keputihan biasa dengan lendir tanda melahirkan. Mulai dari warna keputihan itu sendiri, hingga teksturnya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa melihatnya di bawah ini.

1. Dilihat dari warnanya

Keputihan sebagai tanda memasuki siklus menstruasi, biasanya akan berwarna bening. Warna itu menunjukkan bahwa keputihan kamu normal dan sehat, terutama jika baunya ringan dan tidak menyengat. Lalu, apa sih bedanya dengan lendir tanda melahirkan?

Pada tanda kehamilan, lendir keputihan biasanya cenderung berwarna putih susu atau terkadang bisa berwarna putih kekuningan. Lendir ini juga biasanya akan berwarna merah muda ketika persalinan sudah dekat.

2. Volume lendir yang dikeluarkan pun berbeda

Yups, kamu bisa membedakan lendir keputihan biasa dengan lendir keputihan tanda kehamilan dilihat dari volumenya. Pasalnya, keputihan yang dikeluarkan sebagai tanda mau melahirkan biasanya lebih banyak ketimbang keputihan menjelang menstruasi.

Kamu pun mungkin akan merasa jika celana dalam milikmu lebih cepat basah karena hal ini.

3. Tekstur keputihan

Bagian ini memang sebenarnya agak sulit untuk membedakan keputihan biasa dengan lendir keputihan sebagai tanda kehamilan. Meskipun begitu, tekstur lendir keputihan sebagai tanda kehamilan cenderung lebih cair dan lengket.

Dari perbedaan yang bisa kamu temukan di atas, sebenarnya apa sih penyebab keputihan bisa keluar sebagai tanda mau menstruasi dan juga melahirkan?

Penyebab Keluar Keputihan sebagai Tanda Menstruasi dan Melahirkan

Sebenarnya, ada penjelasan ilmiah mengapa keputihan keluar dari Miss V sebagai tanda mau memasuki siklus menstruasi dan juga melahirkan loh. Kamu bisa melihat penjelasannya sebagai berikut.

1. Keputihan sebagai tanda mau melahirkan

Dilansir dari laman Halodoc, pada saat kehamilan, sumbatan lendir yang kental akan menghalangi pembukaan serviks untuk mencegah bakteri masuk rahim. Namun, selama akhir trimester ketiga, sumbatan ini mungkin akan didorong ke dalam Miss V.

Hasilnya, kamu akan melihat peningkatan keputihan yang bening, merah muda, atau sedikit berdarah. Cairan keputihan ini bisa keluar dalam satu bagian besar yang terlihat mirip dengan lendir di hidung atau bahkan dapat keluar lebih banyak.

Kondisi ini mungkin terjadi beberapa hari sebelum persalinan dimulai atau pada awal persalinan.

2. Keputihan sebagai tanda mau menstruasi

Ada banyak tanda yang bisa kamu temukan di tubuh ketika mau mengalami menstruasi. Salah satunya adalah keputihan.

Yups, sebagian wanita biasanya akan mengalami keputihan jika mau memasuki masa menstruasinya loh. Cairan bening dengan volume biasa menjadi tanda bahwa tubuh kamu sedang mempersiapkan diri untuk mengeluarkan darah kotor.

Nah, dari penjelasan di atas bisa diketahui bahwa keputihan bisa saja terjadi sebagai tanda mau menstruasi ataupun melahirkan. Keadaan ini pun sebenarnya sangat normal terjadi loh, Charm Girls. Maka dari itu, kamu nggak perlu panik ya. Pada kondisi ini kamu bisa menggunakan Charm Pantyliner yang memiliki daya serap tinggi untuk menampung keputihan dan tidak akan mengganggu karena panytline ini sangat tipis.

Namun, jika volume keputihan sangatlah banyak, berbau, dan berwarna mencurigakan, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan agar kamu bisa langsung dapat tindakan.

Baca Juga Disini:

Ini Penyebab Keputihan dan Cara Mengatasinya

Keputihan Benda Lengket di Celana Dalammu

Inilah 7 Macam Macam Keputihan yang Charm Girls Harus Ingat

warna keputihan normal
warna keputihan saat hamil
warna keputihan tanda hamil
warna keputihan menjelang haid
warna keputihan setelah haid
Komentar (27)
A

Avatar Profile Image
Zaynah Zaynaa
Ternyata itu bedanya, wahhhh makin banyak tau nih, Makasih Cha atas artikelnya
25 days ago
Balas
Ma
Mahrita
🥰🥰🥰
21 days ago
Balas
SD
Santika Dila
membantu
14 days ago
Balas