Kembali

Tentang Menstruasi

Ramuan PMS Anti Nyeri: Minum Air Kelapa Saat Haid

Ramuan PMS Anti Nyeri: Minum Air Kelapa Saat Haid


Setiap perempuan akan mengalami masa haid yang berbeda-beda, ada yang lebih cepat atau lambat. Haid akan terus berlangsung hingga masuk ke masa menopause atau tidak lagi mengalami haid. Jumlah darah yang keluar saat haid mencapai 20 sampai dengan 60 mililiter. Charm Girls, haid itu terjadi saat lapisan dinding rahim atau endometrium dan sel telur yang tak dibuahi meluruh keluar dari vagina. Nah dalam prosesnya Siklus ini biasanya berulang tiap bulannya dan dibarengi dengan rasa nyeri. Beberapa orang memilih minum air kelapa saat haid untuk meredakan sakitnya.

Kamu juga perlu tahu bahwa rasa nyeri yang muncul pada saat haid, merupakan sebuah hal normal loh. Penyebab nyeri haid berlebih itu memang berbeda-beda. Ada yang mengalami nyeri berlebihan hingga sampai mual, diare, muntah dan sakit kepala.  Nyeri menstruasi yang umum dirasakan para wanita yaitu di bagian sekitaran perut dan pinggang karena otot-otot kamu bakalan berkontraksi buat membantu melepaskan pembuluh darah yang menumpuk. 

Nyeri haid sebenarnya bervariasi antara satu perempuan dengan yang lainnya dan tidak membahayakan, tapi bisa mengganggu dan mengurangi produktivitas seseorang yang sedang bekerja, sekolah atau berolahraga. Nyeri haid juga bukan semata terjadi karena faktor psikologis, tetapi adanya gangguan organ reproduksi atau faktor hormonal lainnya.  Namun sebenarnya apa sih manfaat dari air kelapa sehingga dijadikan pilihan untuk mengatasi nyeri haid, simak artikel di bawah ini ya.

Manfaat Air kelapa meredakan nyeri haid

Charm Girls, sebenarnya banyak mitos yang menjelaskan apa makanan atau minuman yang tak boleh dikonsumsi saat haid. Nah salah satu minuman yang bisa dikonsumsi adalah air kelapa loh. Kenapa kelapa bisa menghilangkan nyeri haid, ternyata ada kandungan elektronik, vitamin dan mineral di dalamnya, air kelapa jadi minuman yang menyehatkan selain air putih, bukan hanya untuk nyeri haid, tapi bisa juga untuk beberapa hal.

1. Mencegah adanya dehidrasi

Charm Girls suka merasa lesu saat haid, nah itu karena banyak darah yang keluar dari tubuh. Manfaat air kelapa saat haid dapat mencegah dehidrasi dan memastikan asupan cairan tubuh tercukupi. Tetap terhidrasi juga kunci kesehatan loh jadi bukan hanya untuk nyeri haid saja.

2. Bersahabat dengan pencernaan

Minum air kelapa saat haid adalah pilihan tepat karena cukup bersahabat dengan pencernaan. Saat minum air kelapa tidak perlu khawatir mual atau nyeri ya Charm Girls, tidak ada kandungan gula tambahan didalamnya dan semuanya alami dari alam.

3. Komposisinya bisa bantu redakan nyeri haid

Air kepala mengandung vitamin, karbohidrat, antioksidan, mineral, asam amino, enzim, hormon pertumbuhan untuk meningkatkan kesehatan hingga nutrisi penting lainnya. Air kelapa jadi minuman yang penting untuk dikonsumsi saat haid, mestik tidak sepenuhnya bisa mengatasi semua masalah haid.

4. Kurangi pendarahan selama haid

Charm Girls juga perlu tahu kalau air kelapa juga dapat mengurangi pendarahan selama haid, apalagi kalau perempuan mengalami pendarahan berat akibat pembuluh darah yang rapuh. Berkat kandungan vitamin C dan zat besi pada air kelapa pendarahan bisa dikurangi.

 Kandungan air kelapa untuk meredakan nyeri haid

1. Air kelapa punya kandungan potasium

Kandungan potasium yang tinggi dalam air kelapa membuatnya dinobatkan jadi salah satu minuman sehat bagi perempuan yang sedang haid. Bahkan, kandungan mineral di buah kelapa yang disebut sebagai kalium ini 10 kali lebih banyak dari minuman penyegar yang beredar di pasaran, jadi dapat minuman segar dari bahan alami. Air kelapa juga dapat membantu mencegah kram perut karena kandungan kaliumnya.

2. Kaya magnesium

Air kelapa juga kaya akan magnesium yang bisa membantu distribusi kalsium dan potasium ke otot tubuh sehingga tubuh lebih rileks dan menghindari kontraksi. Jadi, sampai jumpa kram perut atau nyeri haid

3. Kaya akan asam amino

Asam amino ada dalam air kelapa dan bisa membantu tubuh merespons stres. Air kelapa juga mengandung lebih banyak alanine, arginine, cysteine, dan serine dibandingkan dengan susu sapi. Kandungan arginine menjaga jantung agar tetap sehat. 

Kapan harus ke dokter nyeri haid semakin mengerikan?

Jika nyeri haid yang dialami sudah banyak mengganggu segera hubungi dokter. Perhatikan nyeri haid yang terjadi, apakah beda dari biasanya. Berikut adalah tanda kamu harus menemui dokter saat nyeri haid yang dirasakan seperti berikut:

  • Nyeri haid usai masa haid berakhir
  • Nyeri haid cukup parah dan dirasakan tiga kali berturut-turut selama siklus menstruasi
  • Keluar gumpalan darah yang cukup besar saat haid
  • Alami nyeri di panggul saat tidak haid
  • Perdarahan sangat deras
  • Keputihan
  • Haid lebih panjang dari biasanya
  • Demam

Baca Juga Disini:

Apakah Obat Pereda Nyeri Menstruasi Aman Untukku

12 Resep Jus Pereda Nyeri Haid Wajib Charm Girls Coba

Cara Atasi Nyeri Haid dengan Kunyit Asam

minum air kelapa saat haid
manfaat air kelapa saat haid
saat haid minum air kelapa
Komentar (826)
A

An
Anonymous
Sangat membantu
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Setuju
5 months ago
An
Anonymous
Setuju
5 months ago
An
Anonymous
Ok
5 months ago
An
Anonymous
Ok
5 months ago
An
Anonymous
Iya
a month ago
An
Anonymous
Thanks
6 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Desi Novitasari
Meskipun gk lagi mens tetep doyan banget ma kelapa muda
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Iya
5 months ago
floating-icon