Kembali

Tentang Menstruasi

Apakah obat pereda nyeri menstruasi aman untukku?

Apakah obat pereda nyeri menstruasi aman untukku?


Nyeri perut, keram, mual, pusing, pegal-pegal hingga seluruh badan menjadi lemas adalah bagian dari menstruasi, Charm Girls. Menggunakan obat-obatan memang dapat menjadi pilihan tapi tahukah kamu kalau bahan kimia yang selalu dipakai terus menerus juga bisa menjadi bahaya, lho?

Tenang ya, kamu nggak harus takut. Yuk, kita cari tahu cara mengatasi nyeri dengan obat-obatan yang tepat!

Baca Juga : Memahami masa menstruasi, jumlah darah yang keluar, siklus, dan nyeri menstruasi - Charm Girl's Talk

Perutku sakit banget, kenapa ya?
Itu semua karena otot rahim kamu sedang bekerja, Charm Girls. Pada umumnya, nyeri tersebut disebabkan oleh zat kimia alami yang dihasilkan oleh rahim bernama Prostaglandin. Jumlah Prostaglandin pada setiap perempuan berbeda, itulah alasan mengapa mungkin teman-temanmu tidak merasakan nyeri sepertimu. Pada awal menstruasi, jumlah Prostaglandin akan sangat tinggi, namun akan mereda kok seiring waktu berjalan. Chill~

Aktivitasku jadi terganggu, rasanya sakit dan bikin mager
Sabar ya, Charm Girls. Ini kan proses dari pendewasaanmu. Nah, sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meredakan nyeri menstruasi sebagai berikut:

Apakah obat pereda nyeri menstruasi aman untukku?
  1. Kompres air hangat

Kamu dapat menggunakan botol yang diisi air panas atau heat pack lalu letakkan di perutmu, Charm Girls. Otot-otot perutmu akan menjadi rileks dan sakitnya akan mereda.

 

 

 

Apakah obat pereda nyeri menstruasi aman untukku?
  1. Makan makanan yang sehat

Perbanyak buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, stroberi, dan jeruk serta sayuran dan protein. Kurangi makanan berlemak, gorengan dan instan, ya!

 

 

 

  1. Rebahan alias tidur

Namanya juga sedang ‘dapet’, istirahatkan badanmu sejenak bukan masalah kok, Charm Girls! Apabila kamu sedang memiliki waktu, tidur siang juga akan meredakan nyeri perut.

  1. Meminum obat-obatan

Ada beberapa jenis obat di pasaran yang dapat kamu minum untuk meredakan nyeri.

  1. Kalau minum obat rasa nyeriku akan cepat hilang dong?

Eits, tunggu dulu! Kamu harus sangat berhati-hati dengan obat-obatan yang masuk ke dalam tubuhmu, Charm Girls. Di luar sana, banyak sekali jenis obat yang dapat dipilih namun belum tentu obat tersebut akan bekerja pada tubuhmu. Nanti yang ada bukannya nyeri mereda, malah semakin sakit, lho.


Nah, agar kita sama-sama mengerti dan tahu obat mana yang harus dipilih. Ada dua jenis obat-obatan yang pada umumnya dipakai untuk meredakan nyeri, yaitu, Parasetamol dan NSAID. Wah, terdengar ribet ya. Tapi, ini penting loh untuk kamu memahami kedua jenis obat ini.

  1. Bagaimana obat-obat itu bekerja?

Parasetamol adalah sebuah obat yang mempengaruhi otak di bagian pengatur nyeri dan demam. Sementara, NSAID atau Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs adalah obat yang mempengaruhi ujung saraf yang memproses rasa sakit.


Setelah sakitmu mereda, Parasetamol membutuhkan liver agar Ia dapat keluar dari tubuh. Liver harus bekerja ekstra, deh! Sedangkan NSAID mampu dimetabolisme oleh ginjal, jadi livermu akan tetap aman.


Namun, Parasetamol tidak akan mengganggu perutmu. Jadi kalau kamu merasakan nyeri dan kram perut, Parasetamol dapat menjadi pilihan. Untuk NSAID, karena Ia memiliki enzim untuk melindungi lambung yang dapat meningkatkan asam lambung dan nyeri tukak.

  1. Apakah obat-obat itu pasti ampuh buat nyeri ‘dapet’ ini?

Semua ini tergantung dengan kondisi tubuh dan seberapa sakit nyeri yang kamu rasakan. Jadi, kamu harus tahu nyeri seperti apa yang kamu rasakan. Lalu, apabila temanmu menawarkan obat pereda nyeri miliknya, kamu juga harus tetap berhati-hati ya. Karena belum pasti obat tersebut cocok untukmu.

  1. Waduh, terus bagaimana dong untuk memilih obat yang tepat?

Pilihannya ada padamu, tapi ada dua kunci yang utama:
Pertama, lakukan konsultasi dengan dokter kemudian perhatikan jenis obat dan dosis pereda nyeri yang diberikan. Hindari menggunakan obat pereda nyeri dalam waktu yang lama ya. Nanti tubuhmu bisa ketagihan dan berbahaya lho, Charm Girls.


Kedua, wajib banget bilang kepada orang tuamu sebelum kamu mau meminum obat. Tentunya, obat bukanlah sembarang makanan biasa yang bisa diminum tanpa pengawasan orang tua. Dengan memberitahu mereka, kamu juga sudah menjaga dirimu sendiri, termasuk dari efek samping obat yang mungkin saja bisa terjadi. Minta tolong mereka untuk mengatur dosis yang tepat untukmu, ya!

  1. Di mana Aku dapat menemukan obat-obatan tersebut?

Beberapa brand obat Parasetamol dan NSAID dapat kamu temukan di toko-toko terdekat, namun mungkin saja si penjual akan meminta resep dokter atau pendampingan orang tua, Charm Girls. Nah, orang dewasa pada umumnya menyimpan stoknya sendiri, lho. Tak ada salahnya kamu bertanya terlebih dahulu sebelum membelinya sendiri yah! Mereka juga jadi tahu, sehingga lebih aman deh.

Tips untuk kamu yang memilih minum obat untuk meredakan nyeri

Jika penggunaan obat-obatan tidak dapat dihindari, ada beberapa cara yang dapat kamu ikuti, Charm Girls!

  1. Perbanyak minum air putih 

Air putih yang serba jago ini akan membantu tubuh, termasuk hati dan liver untuk bekerja lebih keras. Air putih juga sangat baik untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi.

Apakah obat pereda nyeri menstruasi aman untukku?
  1. Perhatikan makanan dan minuman yang kamu makan

Beberapa makanan dan minuman akan menimbulkan reaksi kalau dikonsumsi bersama dengan obat yang bisa menjadi efek samping, lho. Alih-alih bikin sehat, nanti kamu malah semakin sakit, Charm Girls.

  1. Hindari penggunaan jangka panjang

Ada baiknya apalagi nyeri menstruasi datang lagi, kamu tidak harus ketergantungan dengan obat pereda nyeri, yah! Tanda kamu sudah ketergantungan adalah ketika tubuh sudah beradaptasi dengan obat. Nah, sekalinya kamu berhenti minum obat, tubuh akan merasakan reaksi negatif. Cukup seram kan, Charm Girls.


Seperti itulah, Charm Girls. Pada akhirnya kamu yang harus memutuskan apakah ingin meminum obat atau tidak. Dengan mempertimbangkan semua konsekuensinya, kamu akan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kok. Namun apabila nyeri menstruasi terus berlangsung dan malah semakin parah, segera beritahu orang di rumah agar mereka membawamu ke dokter/rumah sakit untuk mendapatkan perawatan khusus.


Always take really good care, ya Charm Girls!

Komentar (0)
A