Kembali

Girl's Life

Bye Nyeri Haid! Jamu Pelancar Haid Paling Ampuh

Bye Nyeri Haid! Jamu Pelancar Haid Paling Ampuh


Penyebab nyeri haid dan tidak lancar jadi salah satu tantangan perempuan saat melewati masa-masa datang bulan. Penyebab nyeri haid setiap memang berbeda-beda apalagi masa haid ada yang lacar ada yang tidak.

Nyeri menstruasi yang umum dirasakan para wanita yaitu di bagian sekitaran perut dan pinggang karena otot-otot kamu bakalan berkontraksi buat membantu melepaskan pembuluh darah yang menumpuk. Sedangkan haid yang tidak lancar disebabkan oleh berbagai hal mulai dari stres hingga penyakit,.

Berbagai cara mengatasinya juga jadi pilihan, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jamu pelancar haid paling ampuh serta yang berguna mengurangi nyeri haid.

Charm Girls, haid tidak teratur atau tidak normal bisa diakibatkan oleh stres yang berlebihan hingga disebabkan oleh kondisi medis. Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa mempengaruhi gaya hidup jadi tidak sehat, alhasil kamu jadi bisa makan berlebih atau malas makan, hal ini bisa membuat kesehatan terganggu salah satunya adalah berdampak pada siklus menstruasi yang tidak normal.

Selain itu, haid tidak lancar juga bisa terjadi karena polio rahim atau fibroid yang merupakan pertumbuhan tumor kecil jinak yang bukan kanker serta menempel di lapisan dinding rahim. Walau jinak fibroid bisa menyebabkan pendarahan hebat dan nyeri haid.

Radang panggul juga penyebab haid tidak lancar. Pelvic inflammatory disease (PID) disebabkan karena infeksi bakteri yang masuk ke sistem reproduksi perempuan lewat kontak seksual dan menyebar ke rahim sampai saluran genital di bagian atas. Penyebab haid tidak lancar lainnya adalah sindrom ovarium polikistik atau PCOS hingga ovarium prematur.

Sementara nyeri haid juga bukan semata terjadi karena faktor psikologis, tetapi adanya gangguan organ reproduksi atau faktor hormonal lainnya. Penyebabnya bisa karena kurang waktu tidur, masalah endometriosis yang menyebabkan jaringan dinding rahim justru tumbuh pada bagian luarnya. Bahkan, bisa tumbuh pada ovarium, usus, dan panggul.

Heavy flow juga menjadi penyebab haid terasa lebih nyeri. Masa yang menjadi penyebab nyeri haid hari pertama ini umumnya berlangsung selama dua hingga tiga hari saja dan itu normal terjadi.

Untuk mengurangi keluhan ini, perempuan biasanya mengonsumsi obat atau jamu pelancar haid dan pereda nyeri. Beberapa tanaman obat dinilai efektif untuk mengobati haid dan bisa dikonsumsi.

Jamu yang bisa meredakan nyeri haid 

Berikut adalah jamu-jamu yang bisa kamu coba untuk mengatasi haid tidak lancar atau juga mengurangi nyeri haid:

1. Jahe

Teh dengan campuran jahe tidak hanya untuk menghangatkan tubuh saja tapi juga bisa melancarkan haid dan meredakan nyeri haid. Jahe bisa membantu mengusir flu dan menenangkan perut saat mual. Jahe bersifat anti-inflamasi yang menghambat pembentukan prostaglandin berlebih (bahan kimia pro-inflamasi). Prostaglandin membantu rahim berkontraksi selama menstruasi dan melepaskan lapisannya. Prostaglandin yang berlebihan dikaitkan dengan kram menstruasi dan rasa sakit yang parah. Jahe dapat membantu mengurangi ini loh Charm Girls

2. Rimpang Sichuan Lovage

Rimpang Sichuan Lovage (Chuan Xiong) adalah salah satu herbal paling ampuh untuk melancarkan darah dalam tubuh. Herbal alami ini dinilai berguna ketika mengobati masalah haid yang tidak teratur, amenore (tidak datang bulan), dismenore (kram menstruasi), dan bahkan sakit perut pasca melahirkan. Salah satu kegunaan utama lainnya dari ramuan ini adalah mengurangi sakit kepala!

3. Adas untuk kram haid

Jamu haid lainnya adalah Adas (Xiao Hui Xiang) adalah ramuan kuno yang telah digunakan selama berabad-abad karena efeknya yang sangat beragam. Dalam Pengobatan Cina, adas digunakan sebagai ramuan penghangat yang dapat membantu meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh "dingin" di perut bagian bawah.

Salah satu penyebab nyeri haid dari sudut pandang pengobatan timur adalah gagasan bahwa dingin menyerang rahim dan menyebabkan stagnasi.

4. Safflower atasi Kram haid

Bunga cantik ini menonjol karena warnanya yang merah cerah. Menurut herbologi Cina, safflower meningkatkan sirkulasi darah dan membersihkan penyumbatan darah di organ reproduksi jadi salah satu opsi untuk jamu haid. Safflower digunakan terutama untuk nyeri haid dan bahkan untuk penyumbatan yang lebih nyata di panggul seperti fibroid.

Selain itu, berikut adalah herbal umum untuk meredakan kram menstruasi:

  • Akar angelica
  • Kamomil
  • Kulit kayu manis
  • Dandelion
  • Dang Gui Shao-Yao San
  • Adas dan akar adas
  • Jahe
  • Jia Wei Xiao Yao San
  • Akar licorice
  • Peppermint
  • Ekstrak kulit pinus (Pycnogenol)
  • Daun raspberry
  • Akar peony merah
  • Xiao Yao San

Manfaat jamu untuk tubuh 

Di luar manfaatnya untuk meredakan haid dan jadi pelancar datang bulan, jamu punya fungsi lainnya untuk tubuh seseorang. Pertama adalah untuk anti-inflammatory atau anti peradangan salah satunya didapatkan dari kunyit.

Kemudian mempromosikan Kesehatan Jantung dan mencegah diabetes. Sebut saja Jahe yang bisa menurunkan kadar kolesterol untuk membantu gaya hidup sehat dan seimbang.

Jamu juga merawat tubuh dan pikiran secara holistik, mengisi kembali tubuh dengan banyak mineral dan vitamin yang kuat untuk vitalitas dan tingkat energi yang optimal. Asam jawa contohnya, kaya akan senyawa organik, menjadikannya yang terdepan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Madu juga mengandung antioksidan tingkat tinggi, sementara jeruk nipis meremajakan kulit, meningkatkan kadar vitamin c, dan membantu penyerapan zat besi.

Baca Juga Disini:

6 Olahraga Melancarkan Haid yang Bisa Charm Girls Lakukan

Mau Haid Lebih Lancar Gerakan Yoga Untuk Mempelancar Haid

Selamat Tinggal PMS Gak Lancar Tips Cara Agar Cepat PMS

Jamu pelancar haid paling ampuh
jamu haid
jamu pelancar datang bulan
Komentar (3)
A

An
Anonymous
Masih takut sih pake jamu-jamuan, tapi bakal kucoba nanti
18 days ago
Balas
An
Anonymous
Belum pernah coba, tapi nanti dicoba. Terimakasih informasi bermanfaatnya
15 days ago
Balas
An
Anonymous
Boleh dicoba
13 days ago
Balas
floating-icon