Kembali

Tentang Menstruasi

Flek Coklat Setelah Haid Apakah Boleh Shalat?

Flek Coklat Setelah Haid Apakah Boleh Shalat?


Flek adalah bercak-bercak kecoklatan yang biasanya muncul sebelum atau sesudah haid. Tentunya kalian para wanita sudah terbiasa mengalami hal ini setiap bulannya kan?

Kemunculan flek coklat berhari-hari padahal sudah selesai menstruasi atau bahkan siklus menstruasi kamu seharusnya belum mulai.

Hal itu tentunya sangat menggangu karena mempengaruhi boleh tidaknya kamu shalat. Enggak heran kalau banyak Charm Girls yang sering kebingungan ketika flek coklat itu terlihat di celana dalam atau pantyliners Charm yang digunakan.

Nah, sekarang kita akan coba menjawab ketika muncul flek coklat setelah haid apakah boleh shalat?

Bolehkah Shalat ketika Muncul Flek

Seperti yang diketahui, kita harus berada dalam keadaan yang betul-betul suci sebelum bisa beribadah dengan sah. Terutama perempuan yang mengalami beberapa hal yang mempengaruhi kebersihan diri seperti haid, nifas, atau flek, harus benar-benar bersih dan suci dulu dari itu semua sebelum boleh shalat.

Selama ini, ada perdebatan ketika sudah mandi wajib tapi keluar flek coklat, apakah kita masih boleh shalat? 

Ternyata, kuncinya adalah kapan flek coklat tersebut keluar. Jika dirasa berkaitan atau sekitar waktu haid, maka itu terhitung darah haid. Tapi kalau flek muncul di luar waktu haid, maka itu terhitung bukan darah haid.

Secara garis besar, banyak ulama yang membagi flek berdasarkan tiga waktu keluarnya. Pertama, yakni flek yang keluar sebelum haid, flek yang keluar setelah haid, dan flek yang keluar setelah suci. Inilah yang harus kamu perhatikan karena berpengaruh pada bisa tidaknya kamu shalat, Charm Girls.

1. Flek keluar sebelum waktu haid

Jika muncul flek coklat sebelum haid, itu bisa jadi darah awal haid atau bisa juga bukan darah haid. Misalnya diakibatkan gangguan kesehatan seperti perdarahan pada mulut rahim atau gangguan hormon.

Jika flek muncul dalam siklus menstruasi apalagi disertai rasa nyeri pada perut, maka terhitung darah haid. Misalnya, muncul flek coklat 3 hari sebelum haid disertai ngilu pada perut, kamu tidak boleh shalat.

Namun, jika flek muncul di luar siklus menstruasi dan kamu enggak merasakan nyeri pada perut, maka itu bukan darah haid. Bisa saja flek adalah darah karena penyakit, jadi kamu masih boleh shalat.

2. Flek keluar setelah waktu haid

Selanjutnya, jika flek coklat keluar setelah masa haid, itu masih terhitung darah haid ya, Charm Girls. Jadi flek coklat setelah haid berapa hari itu kamu masih belum boleh shalat ya.

Jadi, jika keluar flek coklat setelah haid apakah harus mandi wajib? Jawabannya sebaiknya mandi wajib ya, Charm Girls, selama flek itu terjadi dalam siklus menstruasi. Pada waktu-waktu seperti ini, Charm Girls bisa banget menggunakan Charm Pantyliner Cooling Fresh Long&Wide yang memiliki daya serap lebih tinggi serta sensasi dingin menyegarkan.

3. Flek keluar setelah selesai mandi wajib

Nah, ini yang sering bikin kesal. Masa haid kita sudah lewat nih, tapi tiba-tiba muncul lagi flek setelah haid berhenti total. Tenang aja, karena flek coklat setelah haid 1 minggu misalnya, sudah bukan terhitung darah haid ya.

Flek coklat setelah mens apakah boleh shalat, jadi bisa saja boleh shalat asalkan sudah jauh di luar siklus menstruasi dan darah haid sudah berhenti total.

Dengan tiga kategori di atas, beberapa hukum yang berlaku yakni jika flek keluar pada masa haid, hukumnya adalah haid. Sama halnya jika flek kecoklatan muncul bersambung dengan darah haid dan disertai beberapa ciri darah haid, itu sudah termasuk haid. Jadi shalat pun haram.

Jika flek keluar di selain masa haid, maka itu bukan haid. Kamu bisa tetap shalat. Sama halnya jika flek kecoklatan yang muncul di luar siklus menstruasi serta tidak ada rasa ngilu pada perut. Itu bukan haid, jadi kamu wajib shalat. 

Hal yang sama juga berlaku jika darah yang keluar terputus-putus atau bergumpal dan tidak berlanjut seperti darah haid. Itu bukanlah darah haid, jadi kamu bisa shalat.

Flek secara Ilmiah

Seperti yang tadi disebutkan, flek tidak serta merta berkaitan dengan darah haid ya. Flek adalah perdarahan ringan pada vagina yang terjadi di luar periode siklus menstruasi.

Secara ilmiah, flek coklat selain saat menstruasi bisa dianggap sebagai pendarahan vagina yang tidak normal atau pendarahan intermenstruasi. Ada banyak sebabnya, misalnya akibat konsumsi pil KB, KB suntik, dan implan hormonal.

Flek juga bisa terjadi karena ovulasi, kebanyakan antara 11 hari dan 21 hari setelah hari pertama haid terakhir. Flek karena ovulasi bisa berwarna merah muda, merah terang, atau merah pekat dan berlangsung sekitar 1-2 hari di tengah siklus.

Implantasi juga bisa jadi sebab terjadinya flek. Ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan dalam rahim. Walaupun begitu, tak semua orang mengalami pendarahan implantasi saat hamil, ya.

Terakhir, flek bisa juga terjadi pada wanita hamil. Fleknya akan terasa ringan, warnanya merah muda, merah, atau coklat. Itu sangat normal ya.

Kalau kamu cukup terganggu, cara menghentikan flek coklat setelah haid cukup mudah kok. Kamu cukup menerapkan pola hidup sehat seperti minum air putih yang cukup, istirahat yang cukup, konsumsi makanan bergizi, tidak merokok, dan olahraga secara teratur.

Dengan berbagai penjelasan di atas, Charm Girls sekarang enggak perlu kebingungan  ketika terjadi flek coklat setelah haid apakah boleh shalat atau tidak?

Biar nggak kesal celana dalam kotor gara-gara flek coklat di luar masa haid, kamu bisa gunakan beberapa produk pantyliner dari Charm nih. Ada Charm Pantyliner Cooling Fresh varian Slim atau Long and Wide yang nyaman sekaligus memberikan sensasi dingin yang menyegarkan.

Baca Juga Disini:

Warna Darah Menstruasi Kecoklatan Kenapa Ya

Darah Menstruasi Hitam Ada Gumpalan Kok Bisa

Macam Macam Darah Haid Dan Aromanya

flek coklat setelah haid apakah boleh shalat
sudah mandi wajib tapi keluar flek coklat
Komentar (312)
A

An
Anonymous
Ilmu baru thanks chacha
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Terimakasih ilmunya
6 months ago
Balas
Sm
Silfa meylani putri
Baru tau
6 months ago
Balas
floating-icon