Kembali

Tentang Menstruasi

Ketahui Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya!

Ketahui Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya!


Nyeri yang dirasakan Charm Girls saat menstruasi, memang kadang sukses bikin kamu merintih. Biasanya Charm Girls akan mengalami nyeri di bagian perut dan pinggang atau di perut bagian bawah. Namun sebenarnya, apa sih penyebab nyeri haid? Apakah hal tersebut normal terjadi?

Baca juga: Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan

Dilansir dari laman Health Partners, menurut sebuah penelitian dan ahli, rasa nyeri yang muncul pada saat haid, merupakan sebuah hal normal loh. Jadi, bila kamu suka merasakan rasa tidak nyaman pada tubuh atau nyeri-nyeri, enggak perlu cemas ya.

Meskipun normal terjadi, rasa nyeri tersebut nyatanya ada penyebabnya loh. Penyebabnya pun bermacam-macam.

Ketahui Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya!
Nyeri haid saat menstruasi memiliki beberapa penyebab

Penyebab Nyeri Pada Saat Menstruasi

Penyebab nyeri haid berlebih itu memang berbeda-beda. Ada yang mengalami nyeri berlebihan hingga sampai mual, diare, muntah dan sakit kepala. Namun, ada juga yang tidak merasakan apa-apa. Meskipun begitu, kamu perlu waspada bila nyeri haid yang muncul tak bisa tertahankan dan tidak menghilang sama sekali. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi sebuah tanda adanya penyakit atau gangguan tertentu. 

Ketahui Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya!
Sakit kepala menjadi salah satu penyebab nyeri haid berlebihan

Dilansir dari Health Partners, rasa nyeri itu datang sebelum hingga sampai beberapa hari saat menstruasi. Nyeri menstruasi yang umum dirasakan para wanita yaitu di bagian sekitaran perut dan pinggang. Kenapa begitu? Karena, selama masa menstruasi otot-otot kamu bakalan berkontraksi buat membantu melepaskan pembuluh darah yang menumpuk. Makanya, terkadang wanita suka mengalami kram perut, yang berarti otot rahim sedang bekerja.

Meskipun begitu, ada berbagai cara untuk mengatasi nyeri yang kamu rasakan saat sedang haid loh

Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

Berurusan dengan nyeri haid setiap bulan bisa membuat frustasi sekaligus menyakitkan. Untungnya, ada banyak solusi yang dapat membantu kita untuk meredakan nyeri haid.

Penting untuk diingat nih, bahwa cara mengatasi nyeri saat haid ini tidak akan selalu berhasil, terutama untuk kondisi kronis. Namun, cara ini dapat meredakan nyeri haid ringan hingga sedang.

1. Minum lebih banyak air

Kembung dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bisa memperburuk nyeri haid. Dengan minum air mineral, kamu dapat mengurangi kembung selama menstruasi dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya.

Walaupun banyak yang mengira jika minum air mineral terlalu banyak bisa semakin kembung, namun ternyata tidak juga loh. Dilansir dari laman Alodokter, pada dasarnya minum air mineral tidak menimbulkan kembung. Tetapi agar tidak semakin kembung saat minum air mineral, kamu sebaiknya jangan terlalu cepat ketika menyeruput cairan penguras dahaga itu ya. Minumlah secara perlahan.

Tak hanya itu, kamu juga jangan terlalu banyak minum saat sedang makan. Pasalnya, usus yang penuh dengan makanan akan susah mengembang ketika kembali diisi dengan air. Sehingga disarankan untuk kamu lebih sering minum saat sedang tidak makan.

Oh iya, minum air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan melemaskan otot-otot kamu loh. Ini dapat mengurangi nyeri yang disebabkan oleh kontraksi rahim.

Baca juga: Cara mengatasi nyeri haid dengan 5 gerakan simpel

2. Mengkonsumsi teh herbal

Teh herbal memiliki sifat anti-inflamasi dan senyawa antispasmodik, yang dapat mengurangi kejang otot di rahim. Minum teh chamomile, adas atau jahe adalah cara alami yang mudah untuk meredakan kram menstruasi. Plus, teh herbal dapat memiliki manfaat lain seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia loh.

Ketahui Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya!
Teh herbal untuk nyeri haid

3. Mengkonsumsi makanan anti-inflamasi

Penyebab nyeri haid sangat beragam namun bisa diatasi salah satunya dengan mengkonsumsi beberapa makanan ini. Makanan anti-inflamasi dapat membantu meningkatkan aliran darah dan melemaskan otot rahim kamu. Charm Girls bisa memakan buah beri, tomat, nanas, dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, atau bawang putih.

Tak hanya itu, sayuran berdaun hijau, almond, walnut, dan ikan berlemak, seperti salmon, juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Ketahui Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya!
Konsumsi makanan sehat untuk mengurangi nyeri haid

4. Gunakan kopi tanpa kafein

Kafein pada kopi dapat menyebabkan pembuluh darah kamu menyempit. Ini dapat menyempitkan rahim kamu, dan membuat rasa nyeri lebih menyakitkan. Jika kamu membutuhkan kopi, beralihlah ke kopi tanpa kafein selama masa menstruasi ya. 

5. Kurangi stres

Stres juga dapat memperburuk nyeri haid loh. Gunakan teknik penghilang stres seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau cara favorit kamu sendiri untuk menghilangkannya.

6. Coba terapi pijat

Untuk mengatasi kram menstruasi secara efektif, terapi pijat harus fokus pada area perut. Tetapi, pijat seluruh tubuh juga dapat mengurangi stres secara keseluruhan dan membantu meredakan kram menstruasi.

Itulah penyebab dan cara mengatasi rasa nyeri yang Charm Girls rasakan saat menstruasi. Kalau kamu sendiri, biasanya melakukan apa nih untuk mengurangi rasa nyeri? Share yuk!

charm
pembalut charm
penyebab nyeri haid
penyebab nyeri haid berlebih
Komentar (11)
A

DR
Devi Riyana
Alhamdulillah membantu sekali informasinya, jadi aku kalau haid sering sakit. Setelah baca jadi artikel ini ga perlu takut lagi deh :) terima kasih
14 days ago
Balas
Ri
Risma
asli bulan lalu sakit banget sih :( ternyata harus ngurangin stress yaa huhu
13 days ago
Balas
vi
viola
membantu sekali buat aku yng sering sakit sewaktu haid. terimakasih buat infonya
13 days ago
Balas