Kembali

Girl's Life

12 Resep Jus Pereda Nyeri Haid Wajib Charm Girls Coba!

12 Resep Jus Pereda Nyeri Haid Wajib Charm Girls Coba!


Menstruasi adalah proses biologis yang dialami setiap wanita, dan kadang menimbulkan efek samping seperti nyeri haid. Nyeri haid adalah gangguan yang terkadang muncul saat perempuan haid. Siklus haid atau dalam keseharian sering disebut “datang bulan” terkadang menjadi masa-masa berat bagi sebagian wanita, nyeri haid tadi juga termasuk ke dalam salah satu gejala gangguannya.

Berbagai gangguan itu cukup umum dialami oleh wanita saat Premenstrual Syndrome (PMS). Beberapa gangguan haid yang umum terjadi diantaranya pendarahan, kram atau nyeri haid, diare, sakit kepala, hingga berbagai kecemasan yang mempengaruhi suasana hati (mood) jadi tak menentu.

Para wanita yang tidak tahan dengan rasa sakit dan nyeri, akan mencari obat yang dijual bebas di pasaran hingga berkonsultasi ke dokter. Untuk menghilangkan nyeri haid, banyak juga yang mencari sumber makanan atau minuman dari bahan alami. Yup, untuk mengurangi rasa nyeri haid bisa diatasi dengan jus buah-buahan. Selain alami dan menyehatkan, beberapa buah yang diolah menjadi minuman jus terbukti berkhasiat meredakan rasa nyeri yang muncul saat menstruasi. 

Buah apa saja yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan nyeri saat menstruasi?

Baca Juga: 7 cara menghilangkan nyeri haid pada perut

Berikut 12 jus pereda nyeri haid bisa Charm Girls coba! 

1. Jus wortel sumber antioksidan

Wortel dikenal luas mengandung zat baik dan mudah didapatkan. Wortel termasuk sumber antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti karoten, asam fenolat, vitamin A, vitamin C dan antosianin, yang mampu melawan efek radikal bebas berlebih dalam tubuh

Serat dan air dalam wortel dapat memperlancar proses pencernaan serta baik mengatasi konstipasi. Tak hanya itu, wortel juga memiliki efek prebiotic yang menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus.

Kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan pada wortel dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih kuat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. 

Konsumsi wortel secara rutin sebelum dan sesudah menstruasi selama 3 bulan untuk manfaat dan perubahan ketika masa haid. Wortel baik membantu kelancaran peredaran darah, meredakan nyeri haid, dan memulihkan energi agar tidak terlalu lelah selama hari-hari yang menyakitkan itu. Jus wortel tentu hanyalah minuman penunjang untuk mengatasi nyeri haid. Pola hidup sehat seperti tidur yang cukup, kurangi stres, dan rutin olahraga akan menambah daya tahan tubuh sehingga bisa mengurangi gejala kurang nyaman pada periode haid.

12 Resep Jus Pereda Nyeri Haid Wajib Charm Girls Coba!
Jus Wortel Pereda Nyeri Haid

2. Jus dari Buah Nanas

Nanas buah segar perpaduan rasa manis dan asam ini kaya akan mineral mangan. Menurut penelitian, mangan merupakan salah satu mineral alami yang dapat membantu mengurangi gejala kram perut dan rasa nyeri saat haid.

Nanas mengandung jumlah bromelain yakni enzim yang berguna meredakan kram atau ketegangan otot. Nanas juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang mengikat racun dan mengurangi peradangan akut. Konsumsi jus nanas beberapa waktu mendekati atau saat haid untuk mengurangi rasa nyeri yang muncul.

3. Jus Pisang baik untuk atasi nyeri datang bulan loh! 

Buah ini mudah ditemui karena tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Pisang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik. Buah sumber vitamin B ini juga dapat membantu melawan PMS dan nyeri haid.

Kandungan nutrisi pisang meliputi karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium. Kandungan kalium di dalam pisang membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Pisang merupakan sumber prebiotic yang bagus untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna. Sebagai antasida alami bisa menetralkan asam lambung dan mangatasi nyeri maag, yang jika muncul tentu semakin menambah nyeri haid.

Baca Juga: Cara atasi nyeri haid dengan kunyit asam

4. Jus Pepaya 

Buah pereda nyeri haid selanjutnya adalah pepaya. Pepaya dikenal dapat melancarkan proses pencernaan dan ternyata juga  berguna meredakan nyeri haid. 

Daging buah pepaya kaya serat, antioksidan, dan vitamin C yang dapat mencegah proses pembentukan kadar kolesterol dalam darah. Ekstrak pepaya juga ampuh mengurangi lipid dan trigliserida terkait kasus diabetes.

Bukan hanya buahnya, Daun Pepaya ternyata juga berkhasiat istimewa untuk mengurangi rasa nyeri haid. Yup, selain baik untuk kesehatan saluran pencernaan, hipertensi dan penyakit kardiovaskular, Daun Pepaya juga mengandung vitamin A, B, C, D dan E. Di balik rasanya yang pahit, Daun Pepaya bisa menaikkan hormon, mengurangi nyeri haid sekaligus siklus menstruasi secara lebih teratur.

Jika gejala PMS cukup menyiksa setiap bulan, maka ambilah satu daun pepaya dan berikan sedikit garam dan asam, lalu masak hingga mendidih dengan segelas air putih. Minum ramuan rebusan daun pepaya secara rutin sebelum masa menstruasi tiba.

12 Resep Jus Pereda Nyeri Haid Wajib Charm Girls Coba!
Jus Pepaya untuk Nyeri Haid

5. Jus Cokelat 

Nah, siapa nih dari Charm Girls yang suka makan cokelat? Kabar baik, Cokelat bisa dijadikan jus yang baik diminum saat haid. Kandungan kafein dan gula dalam cokelat ternyata sangat aman untuk dikonsumsi ketika siklus haid datang. Zat kalsium dalam cokelat dapat membantu menyembuhkan kram di perut. Selain itu, cokelat cocok sebagai cara tepat untuk memperbaiki mood atau suasana hati di kala haid.

Jus Pereda Nyeri Menstruasi dengan Kombinasi 2 Buah

1. Jus kombinasi buah Persik & Lemon

Kombinasi dua buah ini bisa menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh, mengurangi retensi air dan rasa kembung saat menstruasi. Jus buah persik ditambah lemon juga bisa meringankan gangguan pencernaan dan sembelit. Khasiat lainnya adalah efek relaksasi yang baik untuk menurunkan kecemasan saat haid.

2. Jus Apel + Jeruk

Kombinasi jus apel dan jeruk ini dapat mengurangi nyeri haid, mengobati kembung, memperlancar pencernaan, berenergi dan mencegah depresi. Perpaduan jus apel dan jeruk juga dapat mencegah munculnya jerawat yang kadang muncul saat menstruasi.

3. Jus Bluberi + Semangka

Bluberi kaya akan antioksidan dan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Sifat antioksidannya mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan membuang semua racun. Serat yang terkandung pada bluberi dan semangka juga  berkhasiat mengurangi retensi air dan menghilangkan cairan berlebih dari tubuh. Dengan kandungan tersebut, jus dengan kombinasi ini cocok sebagai pereda nyeri haid.

4. Buah Bit +  Jeruk / Alpukat

Bit diketahui kaya akan zat besi bermanfaat sebagai pengganti mineral yang hilang saat menstruasi, mineral dalam tubuh jika tercukupi akan membantu meredakan nyeri haid. Perpaduan buah Bit dengan Jeruk dapat memperbaiki konstipasi dan gangguan pencernaan seiring periode menstruasi. Jus ini juga dapat mengobati kembung, meningkatkan energi yang selama haid berlangsung.

Selain dengan jeruk, buah Bit juga bisa di-mix dengan alpukat. Buah hijau berdaging tebal dan legit ini juga berkhasiat menjaga keseimbangan hormon.
Alpukat mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mencegah nyeri haid, menambah energi dan memberi efek yang menenangkan. 

Cara penyajian:
Siapkan 1 buah bit ukuran sedang, setengah buah alpukat tambahkan perasan lemon dan 1 sendok madu. Campurkan semua bahan ke dalam blender, tambahkan air sedikit atau  jika suka bisa menambahkan sedikit susu rendah lemak.

Baca Juga: Ini penyebab nyeri haid tidak tertahankan

5. Jus Pisang + Bayam

Pisang mengandung vitamin B6 dan kalium sementara Bayam merupakan sumber antioksidan, hal ini berguna untuk membantu meredakan nyeri haid. Kombinasi sayur dan buah ini juga sangat baik menjaga metabolisme tubuh.

Jus Pisang + Bayam dapat mengurangi kondisi perut yang kembung sehingga membuat tubuh lebih nyaman.

Cara penyajian:

4 gelas kecil bayam mentah, 1 buah pisang ukuran sedang lalu campur dengan 150 ml yogurt. Blender semua bahan  tambahkan sedikit air dan sajikan dengan es batu agar lebih nikmat.  

Jus Pereda Nyeri Haid dengan Buah Combo

Lemon + Tomat + Semangka

Jus kombinasi dari tiga buah ini ampuh mencegah kram dan kejang otot. Selain mengurangi retensi air dan kembung, jus tomat semangka dan lemon mengurangi peradangan penyebab kram saat haid. Kombinasi jus tiga buah ini juga dapat meringankan kecemasan, stres, kelemahan otot, dan kelelahan.

Buah Bit + Apel + Seledri dan Mentimun

Rasa nyeri pada saat haid membuat tubuh terasa tidak segar sehingga segala aktivitas terganggu dan   berat. Kombinasi jus buah Bit dengan apel, seledri dan mentimun dapat meningkatkan energi. Selain melancarkan pencernaan dan menyegarkan, jus ini juga mengurangi rasa nyeri perut saat haid.

Itulah, Charm Girls, buah-buahan yang bisa diolah menjadi jus pereda nyeri haid. Di samping menjadi solusi di saat haid, mengkonsumsi buah-buahan secara rutin juga lebih menjaga kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh.

nyeri haid
jus pereda nyeri haid
jus yang baik diminum saat haid
menstruasi
haid
nyeri menstruasi
konsumsi saat nyeri haid
konsumsi saat nyeri menstruasi
Komentar (9)
A

IN
Indri Nur Afdiyanti
Wah bisa dicoba nih! Thankyou charm infonyaa!
a month ago
Balas
NW
Novi Wulandari
Thank you infonya charm!! Boleh dicoba nih😊
a month ago
Balas
St
Stevany
berkhasiat banget kak jusnya, makasih
6 days ago
Balas