Kembali

Girl's Life

Peran Penting Tuba Fallopi Bagi Perempuan. Apa sih Fungsinya?

Peran Penting Tuba Fallopi Bagi Perempuan. Apa sih Fungsinya?


Tuba Fallopi adalah saluran dengan panjangan sekitar 10 sampai 13 cm dan berdiameter sekitar 1 cm yang menghubungkan antara indung telur (ovarium) dan rahim pada tubuh wanita. 

Organ ini juga menjadi salah satu alat reproduksi wanita yang punya peran penting terhadap proses menstruasi dan pembuahan nih, Charm Girls. Pasalnya, Tuba Fallopi memiliki fungsi utama sebagai tempat berjalannya sel telur dari ovarium menuju rahim saat sedang ovulasi. Tak hanya itu, saluran ini juga sebagai tempat pertemuan antara sel telur dengan sperma saat proses pembuahan.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai apa fungsi Tuba Fallopi, bisa lihat di bawah ini Charm Girls!

Fungsi Tuba Fallopi

Dilansir dari laman HaiBunda, fungsi utama Tuba Fallopi sebenarnya adalah untuk menyalurkan sel telur dari ovarium ke rahim. Namun, fungsi Tuba Fallopi bukan hanya sekedar itu loh.

1. Menjadi alat transportasi ovum

Hal ini dikarenakan sel telur diambil oleh fiambre dan kemudian bakal diarahkan ke arah rahim. Gerakan ini diarahkan dengan baik oleh gerakan silia dan peristaltik, yang merupakan sebuah kontraksi ritmik otot-otot tuba.

2. Juga jadi alat transportasi sperma

Bukan hanya menjadi alat transportasi ovum, tetapi Tuba Fallopi juga memberikan jalan untuk sperma melakukan perjalanan keluar dari rahim ke dalam tabung. Hal ini dilakukan tentunya agar sperma bisa bertemu dengan sel telur untuk dibuahi.

3. Menjaga sperma

Sel sperma memang sangat mudah mati jika berada di luar rahim. Namun, dengan adanya Tuba Fallopi, sel sperma pun akan bertahan selama tiga hingga lima hari.

4. Tempat untuk melakukan proses pembuahan

Bagian ampula pada Tuba Fallopi menjadi tempat bertemunya sel sperma dan sel telur. Sehingga, memungkinkan untuk terjadinya pembuahan atau fertilisasi di tempat tersebut.

5. Transportasi embrio

Sel telur yang sudah dibuahi akan bergerak menuju rahim. Kemudian, sel tersebut pun akan tertanam dalam rahim, dan bakal terus berkembang.

Nah, dari penjelasan di atas bisa diketahui jika fungsi Tuba Fallopi memang sangat kompleks pada sistem reproduksi wanita ya. Untuk bisa memahami fungsi dari saluran ini, kamu juga harus tahu bagian-bagian dari Tuba Fallopi ya.

Bagian-bagian dari Tuba Fallopi

Peran Penting Tuba Fallopi Bagi Perempuan. Apa sih Fungsinya?
Bagian-bagian dari Tuba Fallopi

Tuba Fallopi sendiri memiliki setidaknya empat bagian utama, yang bisa kamu ketahui dengan melihat penjelasan di bawah ini.

1. Fimbriae

Adalah bagian Tuba Fallopi yang memiliki struktur seperti jari bersilia. Bagian ini punya fungsi untuk menangkap sel telur dari ovarium

2. Infundibulum

Ini adalah bagian untuk melekatnya fimbriae di saluran Tuba Fallopi. Kamu bisa menemukan Fimbriae di bagian ini ya.

3. Ampula

Bagian paling terluar yang bisa kamu lihat dari Tuba Fallopi. Ini juga merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat fertilisasi, di mana sel sperma bertemu dengan sel telur.

4. Isthmus

Ini juga menjadi salah satu bagian dari Tuba Fallopi. Isthmus sendiri Merupakan saluran sempit yang menghubungkan antara ampula dengan rongga rahim atau uterus.

Namun sebenarnya, di mana sih letak Tuba Fallopi di dalam tubuh wanita? Apakah letaknya di area perut bagian bawah yang dekat dengan rahim?

Dimana Letak Tuba Fallopi?

Kamu bisa menemukan Tuba Fallopi di sekitaran area perut bagian bawah atau panggul. Saluran ini sebenarnya terletak di batas atas ligamen lebar, lalu memanjang ke lateral dari rahim, membuka ke rongga perut, dan sangat dekat dengan ovarium.

Tuba Fallopi sendiri memiliki dua sisi. Satu sisi memanjang dari dekat bagian atas rahim menuju lateral. Kemudian melengkung di atas dan sekitar ovarium. Sehingga, bentuk Tuba Fallopi pun mirip dengan huruf ‘J’ yang di perpanjang ke bawah.

Nah, dari penjelasan di atas, kamu kini sudah bisa memahami mulai dari fungsi, bagian, hingga letak dari Tuba Fallopi ya. Siapa yang menyangka, jika saluran ini punya peran yang sangat penting untuk proses menstruasi dan pembuahan.

Baca Juga Disini : 

Inilah Penyebab dan Gejala Kista Ovarium yang Harus Kamu Tau

Yuk Mulai Sadari Mengenai Kanker Payudara

Begini Proses Fertilisasi Tempat Terjadinya Pembuahan

fungsi tuba fallopi
bagian tuba fallopi
letak tuba fallopi
tuba fallopi berfungsi
bagian tuba falopi sebagai
Komentar (97)
A

Avatar Profile Image
Serli Nurbaiti
❤️ jadi tambah ilmu nih terima kasih
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Elina cornelia
❤️
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Retno W
😍😍😍
7 months ago
Balas
floating-icon