Kembali

Girl's Life

Mengenal Alat-Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Mengenal Alat-Alat Reproduksi Wanita dan Fungsinya


Charm Girls, masih ingat sama pelajaran sistem reproduksi waktu kelas 5 SD? Sistem reproduksi wanita punya peran yang penting banget bagi manusia. Di dalam sistem ini, ada berbagai alat reproduksi wanita dengan fungsinya tersendiri.

Alat-alat reproduksi wanita terdiri atas dua bagian, yakni bagian eksternal (luar) dan internal (dalam). Yuk, kita pelajari lagi satu demi satu!

Baca juga: 7 TIps Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Masa Puber

Alat-alat reproduksi wanita bagian luar 

Organ reproduksi wanita yang ada di bagian luar disebut vulva. Nah, yang selama ini kita sebut sebagai “vagina” sebetulnya adalah vulva. Kalau kamu lagi bersih-bersih setelah buang air kecil, bagian luar inilah yang kamu bersihkan.

Sistem reproduksi wanita bagian luar terdiri dari struktur-struktur berikut.

1. Labia mayora 

Labia adalah lipatan kulit yang menutup dan melindungi organ-organ reproduksi wanita. Bibir vagina yang lebih besar disebut labia mayora. Ketika kamu mengalami pubertas, rambut-rambut halus akan tumbuh pada kulit labia mayora.

2. Labia minora 

Labia minora merupakan lipatan bibir vagina yang lebih kecil dengan fungsi melindungi alat reproduksi internal wanita. Kulit labia minora itu tipis banget, jadi jauh lebih mudah mengalami bengkak dan iritasi.

3. Klitoris 

Pertemuan antara kedua labia minora membentuk benjolan kecil yang disebut klitoris. Uniknya, klitoris ini bisa dibilang mirip sama penis pada laki-laki. Klitoris juga memiliki banyak banget saraf dan bisa menegang ketika saraf-sarafnya menerima rangsangan.

4. Kelenjar Bartholin 

Ada sepasang kelenjar Bartholin yang letaknya di dekat bukaan vagina. Fungsi kelenjar Bartholin yaitu menghasilkan lendir buat melumasi vagina ketika terdapat rangsangan.

Baca juga: Tenang! Menstruasi pada Perempuan Menandakan Organ Reproduksi Berfungsi

Alat-alat reproduksi wanita bagian dalam 

Proses terjadinya menstruasi lebih banyak melibatkan organ reproduksi wanita bagian dalam. Inilah organ-organ tersebut dengan urutan dari yang paling luar hingga paling dalam.

1. Vagina 

Vagina adalah saluran yang memanjang dari bukaan vagina sampai ke rahim. Saluran ini menjadi tempat masuknya penis ketika terjadi hubungan seksual, keluarnya darah menstruasi, dan keluarnya bayi ketika perempuan mengalami persalinan.

Pada bukaan vagina, ada selaput tipis yang disebut hymen atau selaput dara. Kondisi hymen setiap perempuan berbeda-beda dan nggak bisa disamain: ada yang tebal, tipis, lentur, berlubang, dan bahkan ada juga yang nggak punya hymen sejak lahir.

2. Uterus (rahim) 

Vagina akan mentok di serviks alias leher rahim. Rahim sendiri adalah alat reproduksi wanita yang berbentuk seperti buah pir. Menjelang haid, dinding rahim menebal supaya bisa mendukung pertumbuhan sel telur yang udah dibuahi sperma.

Rahim ini keren banget karena ia bisa membesar sampai berkali-kali lipat buat menjadi “rumah” bagi janin. Namun, kalau nggak terjadi pembuahan, dinding rahim yang tadinya tebal akan luruh dan akhirnya keluar melalui vagina. 

3. Ovarium (indung telur) 

Ovarium merupakan dua kelenjar berbentuk oval yang terletak di kanan dan kiri rahim. Organ ini punya dua fungsi utama, yaitu menghasilkan sel telur (ovum) dan berbagai hormon penting dalam siklus menstruasi (estrogen dan progesteron).

Indung telur akan mematangkan sel telur, lalu melepaskan sel telur yang udah matang melalui proses ovulasi. Kalau terjadi gangguan sama proses ovulasi, sel telur mungkin nggak akan keluar sehingga haid jadi nggak teratur atau terhenti sementara.

4. Tuba falopi 

Tuba falopi merupakan alat reproduksi wanita berbentuk saluran yang menghubungkan kedua ovarium. Setelah terjadi ovulasi, sel telur akan bergerak menuju tuba falopi. Di dalam saluran inilah sel telur bertemu dengan sperma.

Sistem reproduksi wanita merupakan sistem yang rumit, tapi juga keren. Agar alat-alat reproduksi bekerja dengan baik, kamu bisa ikut berperan dengan menjaga kesehatan reproduksi dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Baca juga: Kebersihan Vagina Harus Dijaga! Cek Alasannya!

alat reproduksi wanita
Komentar (11)
A

An
Anonymous
Jadi ingat sama pelajaran sistem reproduksi waktu kelas 5 SD setelah baca artikel ini 😄
3 months ago
Balas
FF
Florencia Fora Santoso
Samaaa
4 days ago
An
Anonymous
ohh
5 days ago
Balas
An
Anonymous
Iya
4 days ago
An
Anonymous
Iya benerrr
4 days ago
An
Anonymous
Terimakasih banyak atas informasinya Cha
5 days ago
Balas
floating-icon