Kembali

Girl's Life

Begini Cara Mengobati Miss V yang Lecet dan Perih!

Begini Cara Mengobati Miss V yang Lecet dan Perih!


Lecet di area bagian Miss V memang sangat mengganggu aktivitas. Apalagi jika rasa perih yang timbul akibat bagian lecet di daerah Miss V. Tentunya, hal tersebut membuat kamu semakin enggak nyaman ketika melakukan aktivitas sibukmu sehari-hari.

Meskipun sebenarnya seperti hal yang sepele, nyatanya lecet bisa menjadi tanda kalau kamu mempunyai penyakit loh. Lalu, apa saja sih penyebab vagina wanita bisa mengalami luka lecet dan perih di daerah tersebut? Bagaimana cara mengobati miss v yang lecet dan perih?

Penyebab Luka Lecet dan Perih di Area Vagina Wanita

Nyatanya, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kamu mengalami luka lecet dan perih di area Miss V loh. Berikut penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Vagina gatal atau infeksi jamur

Kamu mungkin pernah merasakan gatal di area Miss V. Sehingga, banyak yang nggak sadar ketika menggaruk di area Miss V demi menghilangkan rasa gatal tersebut.

Sayangnya, menggaruk sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan, khususnya di daerah Miss V. Pasalnya, aktivitas tersebut bisa menyebabkan luka lecet dan perih di area itu.

Rasa gatal yang kamu rasakan biasanya terjadi karena adanya infeksi jamur atau bakteri. Kondisi ini biasanya terjadi jika kamu kurang menjaga kebersihan organ intim milikmu dengan baik.

Selain itu, gatal juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit lain. Mulai dari dermatitis, psoriasis, dan lain-lain.

2. Menopause

Ketika kamu sudah memasuki masa menopause, hormon estrogen dalam tubuhmu pun akan sudah mulai berkurang. Sehingga, cairan vagina yang keluar pun akan ikut berkurang. Dinding vagina yang kering, bisa saja menimbulkan luka lecet dan perih.

3. Gejala penyakit menular seksual

Luka lecet dan rasa perih yang kamu rasakan di sekitar area Miss V, bisa menjadi salah satu gejala penyakit menular seksual loh. Mulai dari penyakit seksual seperti Herpes Genital hingga Sifilis.

4. Iritasi akibat penggunaan sabun berbahan kimia keras

Sabun untuk membasuh vagina memang ada dengan segala manfaatnya. Sayangnya, nggak semua sabun pembasuh itu baik untuk digunakan pada area intim kamu loh. Khususnya sabun pembasuh vagina yang berbahan kimia keras.

Lebih baik, kamu membasuh Miss V milikmu dengan air jernih yang mengalir. Hal itu sudah cukup untuk menjaga kesehatan organ intim milikmu.

5. Menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat

Memilih dan menggunakan pakaian dalam yang salah juga bisa menjadi penyebab area Miss V kamu mengalami luka lecet dan perih loh. Pasalnya, menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat membuat dirimu tidak bebas melakukan gerakan. Belum lagi pakaian dalam tersebut terus mengalami gesekan terhadap kulitmu yang bisa menghasilkan lecet.

Maka dari itu, menggunakan pakaian dalam yang longgar dan nyaman sangat baik untuk area Miss V milikmu.

Meskipun begitu, sebenarnya ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati luka lecet dan rasa perih ini loh sehingga tidak terjadi infeksi vagina.  Bagaimana sih caranya?

Cara Mengobati Luka Lecet dan Perih pada Vagina

Sebenarnya ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati luka lecet dan perih pada vagina. Mulai dari cukup membersihkan vagina hingga konsultasi ke dokter.

1. Merawat vagina dengan membersihkannya dengan benar

Cara membersihkan vagina dengan benar sebenarnya tidak sulit. Kamu cukup membasuhnya dengan air bersih, lalu keringkan dengan tisu dari arah vagina menuju anus.

Kamu pun nggak perlu menggunakan sabun atau pembersih kewanitaan lainnya karena bisa menyebabkan iritasi atau pun alergi.

2. Jangan menggaruk area vagina

Hilangkan aktivitas menggaruk pada vagina ketika mengalami rasa gatal. Pasalnya, aktivitas tersebut bisa membuat rongga vagina milikmu malah akan semakin terasa perih.

3. Kompres dengan es

Kamu bisa melakukan kompres dengan es untuk meredakan pembengkakan dan peradangan, khususnya area yang lecet pada Miss V. Kamu bisa mengompresnya menggunakan handuk basah atau es yang sudah dibungkus dengan handuk selama 10 hingga 15 menit.

4. Pakailah pakaian dalam yang menyerap keringat

Selain penggunaan pakaian dalam yang longgar, pemakaian bahan menyerap keringat juga sangat dianjurkan loh. Hal ini pun tentunya dilakukan agar luka lecetmu tidak bertambah parah.

5. Periksa ke dokter

Jika luka lecet dan rasa perih yang kamu rasakan sudah berada di batas tidak wajar, segeralah periksakan dirimu ke dokter ya. Kamu pun tentunya akan menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat atas masalahmu ini.

Itulah penyebab dan cara mengobati luka lecet dan rasa perih yang kamu rasakan di area Miss V. Yuk, jaga terus kesehatan organ intim kamu ya.

Baca Juga Disini:

Konsumsi yang Alami untuk Menjaga Kesehatan Miss V

Cara Membersihkan Miss V Kamu

Kebersihan Vagina Harus Dijaga Cek Alasannya

 

miss v lecet setelah haid
miss v iritasi
miss v lembab
miss v perih kenapa
miss v perih dan gatal
Komentar (30)
A

Avatar Profile Image
Elina cornelia
Sangat bermanfaat artikel nya
a month ago
Balas
AD
Aditya Dwi Nugraha
Sangat membantu
a month ago
Balas
Pu
Putri
Mantep artikelnya sangat membantu
a month ago
Balas