Kembali

Breast Cancer

Yuk Mulai SADARI Mengenai Kanker Payudara
Yuk Mulai SADARI Mengenai Kanker Payudara


Di bulan Oktober ini, Charm sebagai pembalut wanita yang memiliki line product Charm  Extra Maxi ingin mengajak Charm Girls bebas gerak dan memiliki pola hidup yang baik untuk mencegah kanker payudara. Tapi sebelumnya, kenalan dulu yuk apa itu kanker payudara!

Apa itu kanker payudara?

Kanker payudara adalah suatu penyakit yang perlu diwaspadai oleh perempuan karena dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini terjadi saat ada sel ganas di jaringan payudara dan bisa tumbuh jika ada pertumbuhan abnormal dari sel yang ada di payudara, kemudian membelah diri lebih cepat dari sel normal, nantinya bakal membentuk benjolan.

Penyebab dan gejala kanker payudara

Penyebab utama kanker payudara adalah perubahan (mutase) genetic dari sel, namun belum diketahui secara rinci apa penyebab dari sel kanker tumbuh di payudara, banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa berisiko mengalami penyakit ini, mulai dari riwayat penyakit kanker dalam, merokok, pernah terpapar radiasi atau zat kimia, mengalami obesitas, dan masih banyak lagi.

Ada sejumlah gejala yang menunjukkan seseorang mengalami kanker payudara, hal ini bisa dideteksi dengan melakukan SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI).

Munculnya benjolan menjadi ciri umum adanya kanker payudara, namun banyak gejala lainnya yang perlu diantisipasi. Gejala yang lain adalah munculnya nyeri di salah satu bagian tubuh, gangguan pencernaan seperti buang air besar, batuk, memar atau pendarahan secara spontan. penurunan berat badan secara drastis, pengelupasan kulit di sekitar puting payudara, perubahan bentuk, ukuran dan tampilan payudara.

Maka dari itu, Charm Girls bisa melakukan SADARI dengan 3D. Dilihat, cek di depan cermin apakah ada benjolan atau perubahan bentuk dan ukuran pada payudara. Diraba, rabalah payudara kiri dengan tiga jari tangan kanan yang dirapatkan dengan gerakan memutar, begitu pula sebaliknya. Dipencet, pencet pelan-pelan daerah di sekitar puting kedua payudara dan amatilah apakah keluar cairan yang tidak normal. Jika ada benjolan, cairan atau hal yang tidak normal, kamu bisa langsung menghubungi dokter ya, Charm Girls!

Terdapat sejumlah jenis kanker payudara yang menjadi dua tipe yakni invasif dan non-invasif. Kanker payudara invasif terjadi saat sel kanker sudah menyebar ke bagian lain di payudara sedangkan non-invasif sel kankernya belum menyebar dari jaringan aslinya. Jika mengetahui jenis kanker dapat membantu menentukan pengobatan dan perawatan penyakit ini.

Stadium-stadium kanker payudara

Melansir dari situs Healthline, kanker payudara terbagi menjadi beberapa tingkatan loh Charm Girls!

  • Stadium 0

Pada masa ini, sulit untuk mengetahui tanda penyakit karena sel abnormal belum menyerang dan menyebar.

  • Stadium 1

Stadium 1 terdiri dari A dan B

Pada stadium 1A, tumor sudah berukuran kurang lebih 2 sentimeter dan belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Sedangkan pada stadium 1B ukuran tumor di bawah 2 sentimeter atau belum terdapat tumor, namun kanker ditemukan di kelenjar getah bening.

  • Stadium 2

Stadium 2 juga dibagi menjadi dua bagian yakni A dan B.

Stadium 2A cirinya tak ada tumor namun sudah menyebar ke satu sampai tiga kelenjar getah bening di sekitarnya, atau juga ada tumor berukuran 2-5 sentimeter, namun belum menyerang kelenjar getah bening.

Saat stadium 2B, cirinya tumor berukuran 2-5 sentimeter dan sudah menyebar ke kelenjar getah bening di bawah ketiak, atau juga tumor berukuran lebih dari 5 sentimeter, namun belum menyerang kelenjar getah bening.

Yuk Mulai SADARI Mengenai Kanker Payudara
Stadium 1 dan Stadium 2 Kanker Payudara
  • Stadium 3

Stadium 3 dibagi ke tiga bagian A, B, dan C. Stadium 3A menandakan kanker sudah menyebar ke empat hingga sembilan kelenjar getah bening, dengan atau tanpa tumor, ada juga situasi lain saat tumor berukuran lebih dari lima sentimeter dan menyebar ke satu hingga tiga kelenjar getah aksila atau kelenjar tulang dada.

Stadium 3B artinya kondisi tumor sudah mencapai dinding dada dan ditambah menyebar atau ke kulit dada.

Stadium 3C cirinya mungkin tidak ada tumor di payudara, namun jika ada mungkin sudah 

mencapai dinding dada atau kulit payudara, serta ditemukan di lebih dari 10 kelenjar getah bening aksila, kelenjar getah bening dekat tulang selangka, atau kelenjar getah bening di bawah lengan dan di dekat tulang dada.

  • Stadium 4

Stadium ini dianggap kanker payudara lanjut, yang artinya sudah menyebar ke bagian tubuh yang ada di sekitar dada atau organ di sekitarnya. Sejumlah organ yang sering terserang kanker payudara antara lain hati, paru-paru, tulang, hingga otak.

Yuk Mulai SADARI Mengenai Kanker Payudara
Stadium 3 dan Stadium 4 Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang terjadi di Indonesia. Namun, ternyata tingkat kesembuhan kanker payudara mencapai 90%, apabila terdeteksi sejak dini. Dari semangat ini Charm bersama Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerja sama mendukung aktivitas pemeriksaan dini SADARI (PerikSA payuDAra sendiRI). Charm juga mengajak Charm Girls untuk turut serta mendukung aktivitas ini dengan peluncuran produk Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition karena sebagian dari penjualannya akan didonasikan untuk YKPI. Yuk, Peduli Kanker Payudara Bersama CHARM.

Yuk Mulai SADARI Mengenai Kanker Payudara
Charm Extra Maxi Pink Ribbon Special Edition
breast cancer
kanker payudara
oktober
stadium kanker payudara
tanda kanker payudara
sadari
charm extra maxi
charm
pink month
Komentar (0)
A