Kembali

My Growing Up Body

Cara membersihkan Miss V kamu
Cara membersihkan Miss V kamu


Halo, selamat datang di masa pubertas, Charm Girls! Di periode ini kamu akan mengalami banyak banget perubahan, lho. Nggak cuma sifatmu yang akan semakin dewasa, namun tubuhmu juga akan tumbuh dan berkembang.


Pada masa pubertas, perempuan dan laki-laki akan merasakan perubahan dalam tubuhnya yang disebabkan oleh hormon. Namun, sudah pasti perbedaan fisik laki-laki dan perempuan dapat dilihat dengan mata kok.

Baca Juga : Memilih pakaian dalam yang nyaman saat menstruasi - Charm Girl's Talk

Cara membersihkan Miss V kamu
Perbedaan Fisik Laki-laki dan Perempuan

Pubertas bagi anak laki-laki akan mempengaruhi tubuh mereka seperti suara mereka yang akan bertambah berat, dada membidang, rambut-rambut halus mulai tumbuh dan mengalami mimpi basah. Sedangkan untuk anak perempuan seperti Charm Girls, kamu pasti akan mengalami menstruasi pertama, payudara yang mulai terisi, dan mulai keputihan.

Apa itu menstruasi pertama?
Menstruasi pertama atau menarche adalah sebuah proses keluarnya darah dari vagina yang disebabkan peluruhan dinding rahim berbarengan dengan sel telur yang tidak dibuahi untuk pertama kali dalam seumur hidup seorang perempuan, Charm Girls. Nantinya, kamu akan mengalami masa menstruasi kurang lebih 25-38 hari sekali, lho!

Lalu, apa itu keputihan?
Nah, sedangkan keputihan sendiri adalah sebuah cairan lengket yang bening atau berwarna putih yang keluar dari vagina. Tenang saja, Charm Girls. Keputihan itu normal kok, bahkan baik! Karena fungsinya yang membantu organ kewanitaan tetap bersih dan lembab.


Sekarang, apakah kamu menyadari bahwa tubuh bagian bawahmu itu butuh perhatian spesial? Jawabannya sudah pasti dong! Pubertas akan menambah list tanggung jawabmu, nih. Salah satunya menjaga kesehatan organ bagian bawahmu, apalagi di masa menstruasi.


Tahukah kamu bahwa organ bawah tubuhmu itu sangatlah sensitif. Ia akan mudah sekali merespon apapun yang terjadi padanya. Misal nih, apabila terjadi banyak gesekan, Ia akan mudah lecet dan menyebabkan iritasi. Atau ketika kamu tidak membersihkannya dengan baik, aroma tubuh bagian bawahmu itu akan menjadi tidak sedap dan jadi tempat berkembang bakteri jahat! Hiyuh, serem! Bahkan bisa menjadi awal mula sumber penyakit.

Cara membersihkan Miss V kamu
Aroma Tubuh Bagian Bawah

Ini alasanya kenapa kamu harus menjaga organ intim dengan baik. Mari belajar sama-sama bagaimana cara membersihkan organ intim kamu! Yuk~

  1. Bersihkan bagian vulva

Charm Girls, please simak bagian ini ya! Nah, kamu harus tahu bagian organ intim yang perlu dibersihkan hanya bagian vulva, termasuk labia mayora dan labia minora (bibir vagina luar dan dalam, yang besar maupun yang kecil). Loh, terus bagaimana dengan bagian yang lain? Tubuh perempuan memang ajaib banget, Charm Girls. Ternyata bagian-bagian dalam organ intim bisa membersihkan dirinya sendiri!

Cara membersihkan Miss V kamu
Vulva

Untuk mencucinya, kamu bisa menggunakan air yang mengalir, ya! Nggak perlu membasuhnya dengan sabun ataupun bahan kimia lainnya. Lakukan gerakan lembut secara perlahan untuk menghindari gesekan yang bisa menyebabkan iritasi.


Gerakannya harus dimulai dari depan hingga ke arah belakang (bagian bokong). Setelah bersih, gunakan handuk atau tisu bersih untuk mengeringkan area kewanitaan agar tidak lembab ya, Charm Girls!


Pastikan juga tidak ada residu tisu yang tertinggal ya di bagian kewanitaanmu.

  1. Waktu-waktu yang baik untuk membersihkan Miss V

Sebenarnya kamu dapat menyesuaikan sendiri kapan waktu yang tepat untuk membersihkan organ intim, tidak usah sering-sering juga kok. Misal saat kamu merasa mulai tidak nyaman atau lembab di bagian bawah sana, Charm Girls. Tapi, yang jadi waktu wajib untuk membersihkan adalah 3 waktu, yaitu:

  • Setelah beraktivitas padat di luar rumah
    Bagian bawah sana pasti berkeringat yang mungkin saja menjadi sangat lembab dan berpotensi menjadi tempat bakteri lho, Charm Girls. Jadi, segera bersihkan atau mungkin bisa juga kamu mandi seluruh tubuh agar tubuhmu jadi bersih dan segar!
Cara membersihkan Miss V kamu
Aktivitas di Luar Rumah
  • Setelah mengganti pembalut
    Pada masa menstruasi, organ intim kamu akan menjadi lebih sensitif lagi, lho! Darah menstruasi akan membuat bagian bawah jadi lembab dan sama seperti sebelumnya…. Berpotensi banget jadi rumah bakteri jahat. You don’t want that happens, right?
  • Setelah buang air kecil dan air besar
    Membasuh dan membersihkan organ intim ini penting banget, Charm Girls! Kamu nggak pernah tahu bakteri apa saja yang mungkin bisa menempel pada bagian organ intim setelah buang air bukan? Pastikan kamu juga mengeringkannya dengan baik, okay!
  1. Hindari penggunaan produk-produk kebersihan dengan bahan kimia

Memakai sabun-sabun tertentu untuk bagian organ intim itu masih jadi perdebatan sih, Charm Girls. Karena sifat sabun sebagai bahan kimia yang basa atau memiliki pH antara 7-8, berarti kamu sudah merusak pH normal vagina yang berada di 3,5-4,5, lho. Apalagi, jika sabun tersebut memiliki parfum atau wewangian yang ada zat kimianya, karena Ia bisa membunuh bakteri baik juga. Duh, bisa berbahaya untuk dirimu sendiri tuh!
PH Normal

Cara membersihkan Miss V kamu
PH Normal Vagina

Jadi, please banget pertimbangkan kembali untuk penggunaan produk kebersihan ini, yah. Kalau kamu nggak perlu-perlu amat, air mengalir aja udah cukup banget kok, Charm Girls!

  1. Keringkan dengan benar

Untuk mengeringkan bagian organ intimmu, kamu dapat menggunakan handuk kecil yang bersih berbahan katun atau microfiber. Mirip dengan membasuh, tak perlu digosok-gosok dengan kasar, Charm Girls. Cukup ditepuk-tepuk dengan lembut hingga benar-benar kering. Nggak enak juga kan, menggunakan pakaian dalam jika organ bagian bawahmu itu basah?


Oh ya, kalau tidak ada handuk, kamu bisa menggunakan tisu toilet kok! Asal tetap menepuknya dengan pelan-pelan dan pastikan residu tisu atau bulu handuk yang kamu gunakan nggak tertinggal di area kewanitaanmu ya!

Cara membersihkan Miss V kamu
Handuk Kecil Bersih Berbahan Katun
  1. Rutin mengganti pakaian dalam

Pssst, pakaian dalam tuh gampang banget kotor karena dipakai di area kulit yang mengandung bakteri Escherichia Coli! Yes, salah satu bakteri yang ada di organ intim kamu, lho! Meski bakteri ini tidak memberikan efek buruk secara langsung, kamu perlu sering-sering menggantinya dalam sehari, Charm Girls.

Cara membersihkan Miss V kamu
Celana Dalam

Eh, ada baiknya juga kamu menghindari pakaian dalam yang ketat karena bagian bawahmu itu juga perlu bernapas dan butuh sirkulasi yang baik.

Komentar (0)
A