Kembali

Produk

Kebersihan Vagina Harus Dijaga! Cek Alasannya!

Kebersihan Vagina Harus Dijaga! Cek Alasannya!


Menjaga kebersihan vagina pada wanita memang menjadi salah satu hal yang sangat penting nih, Charm Girls. Pasalnya, kamu bisa mengundang berbagai penyakit jika kebersihan vagina tidak dijaga sama sekali.

Meskipun begitu, di vagina sendiri ada bakteri baik yang tentunya membantu menjaga kebersihan area intim kamu dari hal-hal tak diinginkan. Bakteri baik yang bernama Lactobacillus ini memiliki fungsi untuk membatasi pertumbuhan bakteri dengan cara menjaga pH normal alias tingkat keasaman di vagina. Saking baiknya, bakteri ini mendominasi jumlah bakteri yang ada di dalam vagina, kurang lebih sekitar 95 persen.

Walaupun ada bakteri baik, bukan berarti kamu tak perlu menjaga kebersihan vagina ya. Pasalnya, bakteri baik itu pun perlu bantuan kamu untuk menjaga vagina dari bakteri jahat yang bisa mengundang berbagai penyakit.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Vagina

Nyatanya, ada berbagai masalah yang bisa kamu temui jika enggak menjaga kebersihan vagina dengan baik loh. Apa saja sih masalah yang bisa kamu temui itu? Simak saja yuk penjelasannya di bawah ini, seperti yang dilansir dari berbagai sumber!

1. Timbulnya gatal-gatal di area vagina

Kalau kamu jarang membersihkan vagina dengan baik, tak mengherankan kalau dirimu akan merasakan gatal di area tersebut. Pasalnya, penumpukan bakteri yang ada di area miss V bisa menyebabkan rasa gatal hebat.

Namun, jika gatal yang dialami dibarengi dengan volume keputihan tak terhenti, bisa jadi itu adalah tanda infeksi jamur atau bakteri vaginosis.

2. Keputihan

Kondisi yang satu ini sebenarnya sangat wajar untuk terjadi loh Charm Girls. Namun sayangnya, keputihan yang tidak normal bisa saja terjadi jika kamu tidak menjaga kebersihan vagina.

Biasanya, keputihan tidak normal ini ditandai dengan cairan yang keluar sangat kental dan cenderung berbau. Padahal, keputihan yang normal adalah cairannya sama sekali tak berbau. Selain itu, warna dari cairan keputihan juga harus kamu perhatikan, karena keputihan yang normal seharusnya tidak berwarna. Datangnya keputihan juga bisa mengidentifikasi keputihan tersebut normal atau tidak, jika datang sebelum atau setelah menstruasi, itu bisa dikatakan keputihan normal.

3. Munculnya aroma tak sedap

Yups, munculnya aroma tak sedap sebenarnya menjadi peringatan bahwa area vagina kamu kini sedang berada di tingkat tidak sehat. Pasalnya, aroma menyengat yang muncul dari organ ini bisa jadi berasal dari penumpukan bakteri atau jamur.

4. Infeksi dan Luka

Kulit di sekitar vagina kamu bisa saja terluka. Entah itu karena kecelakaan atau sebagainya. Jika area luka tersebut tidak rutin dicuci dengan air, maka bisa menyebabkan infeksi. Tentunya, hal itu akan mengundang penyakit lain. Jika terdapat luka dan mengganggu, kamu sebaiknya periksakan ke Obgyn ya, Charm Girls.

5. Kanker Vagina

Salah satu penyakit yang bisa muncul jika kamu tidak sering menjaga kebersihan miss V adalah kanker vagina. Jenis kanker ini memang jarang terjadi. Namun, tentunya kamu harus tetap berhati-hati.

6. Menggunakan sabun pembersih atau cairan antiseptik secara berlebihan

Siapa yang menyangka jika sabun pembersih atau cairan antiseptik khusus vagina malah bisa mengundang penyakit? Yups, nyatanya, pemakaian sabun pembersih atau cairan antiseptik khusus vagina secara berlebihan tidak bagus juga untuk kesehatan Miss V.

Pasalnya, penggunaan tersebut bisa menghilangkan bakteri baik yang ada di vagina. Sehingga, bakteri jahat pun akan dengan bebas berkembang biak di area tersebut.

Meskipun begitu, kamu nyatanya bisa juga menggunakan antiseptik alami untuk vagina loh. Antiseptik alami apakah itu?

Penggunaan Antiseptik Alami untuk Vagina

Yups, penggunaan antiseptik alami yang sangat bagus untuk digunakan saat membersihkan vagina adalah dengan air. Kamu hanya cukup menggunakan air biasa untuk membersihkan vaginamu. Air biasa itu pun tak bakal membasmi bakteri baik dan juga akan menjauhkan berbagai penyakit dari area vagina kamu.

Enggak cuma itu, kamu juga bisa menggunakan pembalut Charm Herbal Ansept+ sebagai salah satu cara untuk menjaga vagina tetap sehat ketika menstruasi. Pasalnya, produk Charm ini memiliki segudang bahan alami, seperti Jahe, Lidah Buaya, Kunyit, Daun Sirih, dan manjakani, yang bisa menjaga vagina kamu dan meminimalisir bau tak sedap ketika menstruasi.

Dengan pembalut Charm Herbal Ansept+, kamu pun enggak perlu takut lagi atas kesehatan vagina milikmu, terutama dari bau tak sedap saat menstruasi ya.

charm
pembalut charm
antiseptik vagina
vagina sehat
miss v terjaga kebersihannya
bau menstruasi
Komentar (93)
A

An
Anonymous
Wahh makasii infonya
2 months ago
Balas
FI
Fatiah Izzatul
Gimana caranya menjaga vagina agar selalu tetap bersih dan tidak bau ya?
2 months ago
Balas
Su
Sulistiyawati
makasih banyak kak infonya, aku jadi tau kalo ada ciri" seperti yang dijelaskan di artikel jadi bisa melakukan pencegahan
2 months ago
Balas
floating-icon