Kembali

Girl's Life

Mengatasi Menstruasi Deras, Cara Agar Menstruasi Teratur

Mengatasi Menstruasi Deras, Cara Agar Menstruasi Teratur


Siklus menstruasi pada perempuan bisa bervariasi untuk setiap orang. Normalnya sih, siklus menstruasi datang 1 kali setiap bulannya. Namun, enggak jarang ada perempuan yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur.

Jika dibiarkan, haid yang tidak teratur bisa membuat badan terasa kurang enak, lho. Maka dari itu, penting buat kita untuk tahu apa cara agar menstruasi teratur.

Waktu Normal Menstruasi

Siklus haid yang teratur seperti apa, sih? Pada umumnya, siklus menstruasi datang setiap 21-35 hari sekali. Rata-rata perempuan akan mengalami pendarahan selama 2-7 hari. Sementara gejala PMS dimulai sekitar 5-11 hari sebelum masa menstruasi dimulai.

Bukan hanya wanita dewasa saja yang bisa mengalami haid tidak teratur, tapi remaja juga bisa, lho. Remaja juga bisa mengalami siklus menstruasi yang tidak rutin datang setiap bulannya. Bisa juga aliran darah yang keluar kurang normal, seperti terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Lantas, apa penyebab menstruasi tidak teratur pada remaja? Penyebabnya ada banyak, mulai dari masalah diet, olahraga, dan stres bisa mempengaruhi hormon pada tubuh remaja. Jika hormon sudah bermasalah, siklus haid pun akan bermasalah.

Cara agar Menstruasi Lancar

Bagaimana cara agar haid teratur? Ada berbagai hal yang bisa dilakukan, mulai dari yang mudah dengan perubahan gaya hidup, sampai menggunakan obat-obatan dari dokter. Berikut beberapa cara mengatasi haid tidak teratur pada remaja.

1. Diet sehat

Diet sehat bukan cuma soal makanan apa yang kamu konsumsi, tapi bagaimana pola makanmu. Jangan makan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Ini bisa jadi cara cepat haid juga karena mudah dilakukan.

Makan terlalu sedikit atau tanpa nutrisi yang tepat bisa membuat hipotalamus, hipofisis, dan kelenjar adrenal stres. Padahal, kelenjar inilah yang mengatur keseimbangn hormon dalam tubuh yang mempengaruhi siklus menstruasimu.

2. Makan makanan yang memperlancar haid

Beberapa makanan yang melancarkan haid yang bisa kamu coba di antaranya adalah ikan, cokelat hitam, dan yoghurt.

Buah-buahan dan sayur-sayuran juga sama pentingnya, lho. Buah-buahan kaya air seperti semangka dan mentimun sangat bagus untuk menjagamu tetap terhidrasi. Buah nanas juga diketahui bagus karena mengandung bromelain, enzim yang bisa melunakkan lapisan rahim.

Sementara sayuran hijau seperti kangkung dan bayam bisa meningkatkan zat besi. Nah, kamu bisa mengolahnya jadi jus untuk melancarkan haid yang tak hanya alami, tapi juga aman buat tubuh.

3. Jaga berat badan

Kelebihan berat badan dan perubahan berat badan secara drastis bisa menimbulkan masalah kesuburan dan juga mengganggu siklus haid.Coba deh, lakukan diet yang sehat agar turunnya berat badan tetap normal. Jangan juga terlalu terobsesi jadi kurus. 

Jika dirasa berat badanmu sudah terlalu berlebihan, mulai juga lakukan diet sehat dan olahraga rutin untuk menjaga berat badanmu tetap seimbang sebagai salah satu cara agar haid bisa teratur.

4. Olahraga teratur

Tak hanya untuk menjaga berat badan, tapi olahraga teratur juga bisa untuk mengurangi gejala PMS dan nyeri haid. Tak perlu lama-lama, cukup 30 menit saja setiap harinya. Kamu bisa coba beberapa olahraga kardio seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. 

Kamu juga bisa coba melakukan yoga rutin. Penelitian menyebutkan bahwa rutinitas tersebut bisa menyeimbangkan hormon sehingga bisa jadi cara agar menstruasi teratur secara alami.

5. Pola tidur yang sehat

Kebiasaan tidur yang buruk memang jadi salah satu pintu ke banyak sekali penyakit, termasuk juga siklus haid dan bahkan bisa memperburuk gejala PMS. 

Coba deh, kurangi kebiasaan begadang hingga larut malam, hindari konsumsi kafein berlebih, dan tidak membaca atau nonton TV di tempat tidur yang bisa membuat kamu kesulitan tidur. Usahakan juga pergi dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari agar tubuhmu terbiasa.

6. Kurangi stres

Kelenjar adrenal diketahui memproduksi kortisol dan progesteron sebagai respon terhadap stres. Padahal, progesteron adalah salah satu penyebab siklus menstruasi tidak teratur.

Sumber stres mungkin tidak bisa dihindari, seperti pekerjaan atau sekolah, tapi kamu bisa mengelolanya. Coba lakukan meditasi, pernapasan dalam, atau yoga untuk membantu kamu merasa lebih baik.

7. Konsumsi vitamin

Satu lagi cara agar mens teratur, yakni konsumsi vitamin D. Vitamin ini terdapat pada kuning telur, susu, dan minyak ikan. Selain itu, kamu juga bisa berjemur di bawah matahari pagi antara jam 07.00 - 08.00 selama sekitar 15 menit. 

Kapan Harus ke Dokter

Charm Girls sudah melakukan cara agar haid teratur secara alami di atas tapi masih belum berhasil juga? Mungkin sudah waktunya kamu berkonsultasi ke dokter.

Perhatikan gejala yang kamu alami. Jika gangguan siklus menstruasi semakin sering terjadi atau bertahan dalam waktu yang lama, ini bisa jadi tanda dari gangguan kesehatan yang lebih parah.

Bisa saja kamu mengalami fibroid uterus atau alias miom, sindrom ovarium polikistik (PCOS), atau endometriosis yang menyebabkan gangguan hormon dan mengganggu siklus menstruasimu. 

Langsung konsultasikan ke dokter ahli kandungan dan kebidanan untuk mengetahui apa penyebab pastinya agar bisa ditangani sesuai dengan penyebabnya, ya.

Buat Charm Girls yang mengalami gangguan siklus haid, mungkin sering merasa sebal karena jadi nggak bisa menebak kapan menstruasi bakal dimulai. Enggak jarang siklus dimulai ketika kamu lagi di sekolah dan nggak bawa pembalut sama sekali.

Untuk mencegah kecolongan, kamu bisa banget menggunakan pantyliner Charm Double Fresh untuk pertolongan pertama. Pantyliner yang tipis, menyerap sempurna, dan sesuai dengan kontur tubuh. Bisa menyerap cairan atau pun flek yang menandakan dimulainya haid.

Tenang aja, pantyliner ini tipis banget sehingga mengikuti bentuk tubuh. Jadi nggak kerasa kalau kamu menggunakannya. Pantyliner Charm Double Fresh juga terdiri dari 2 lembar, sehingga bisa dilepas dengan mudah untuk menggantinya ke lembar baru. Lebih praktis mengganti pantyliner!

Baca Juga Disini :

Darah Haid Ada Aromanya Kenali Ciri-Cirinya 

Jangan Minum Obat Ini Cara Menghilangkan Nyeri Haid Alami

Darah Haid Mengalir Deras Bikin Takut Bau Menstruasi

cara agar menstruasi teratur
Bagaimana cara agar haid teratur
Cara agar mens teratur
agar menstruasi teratur
Komentar (489)
A

An
Anonymous
OK
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Bima Husna
ok doank
a month ago
An
Anonymous
Hahahaha
a month ago
An
Anonymous
Hai
23 days ago
na
napik
o
a month ago
Balas
An
Anonymous
okk
a month ago
An
Anonymous
taa
a month ago
An
Anonymous
yess
a month ago
An
Anonymous
guud
a month ago
Avatar Profile Image
Bima Husna
jajan sembarangan
a month ago
An
Anonymous
Bima cowok kok ikutan
a month ago
An
Anonymous
Awokwokw
a month ago
An
Anonymous
okay
22 days ago
An
Anonymous
ok
a month ago
Balas
An
Anonymous
ya
a month ago
An
Anonymous
yees
a month ago
An
Anonymous
jokk
a month ago
An
Anonymous
okok
a month ago
Ma
Maeni
Oke
a month ago
Avatar Profile Image
Bima Husna
asal aja
a month ago
An
Anonymous
Diem lo Bima cowok ga diajak
a month ago
An
Anonymous
rame bgttt
22 days ago
floating-icon