Kembali

Girl's Life

Aduh! 5 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid

Aduh! 5 Cara Mengatasi Kram Perut Saat Haid


Cara mengatasi kram perut saat haid penting banget untuk kamu ketahui, Charm Girls. Apalagi kalau sakitnya sudah mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Duh, bahaya deh!

Apalagi gejala menstruasi bisa berlangsung cukup lama. Memangnya gejala pms berapa hari sebelum haid, sih? Bisa beragam untuk setiap orangnya. Namun umumnya sih sudah terasa sejak pra-menstrual syndrome (PMS) sampai beberapa hari setelah menstruasi dimulai. 

Biasanya, gejala haid yang dialami wanita bisa beragam. Mulai dari nyeri di bagian payudara, perubahan mood yang tidak menentu, hingga yang paling umum adalah kram pada perut di bagian bawah.

Kenapa bisa terjadi kram perut

Proses terjadinya menstruasi menyebabkan kram perut yang bikin gak nyaman sepanjang hari. Selama menstruasi, otot-otot rahim wanita akan berkontraksi untuk membantu melepaskan lapisan pembuluh darah yang menumpuk. 

Nah, sebagai tanda otot rahim sedang bekerja, maka kita akan merasakan rasa tidak nyaman pada bagian perut dan terkadang sampai ke punggung juga.

Bagi beberapa wanita, kram perut ya, hanya nyeri pada bagian sekitar perut. Tapi bagi beberapa lainnya, ada yang juga disertai rasa mual, muntah, sakit kepala, bahkan diare.

Jika gejala tersebut disertai keluarnya darah menstruasi yang banyak, kamu nggak perlu khawatir. Itu normal kok, Charm Girls.

Kalau lagi banyak-banyaknya, pastikan untuk memakai pembalut yang bisa menyerap extra sehingga kamu nggak khawatir bocor saat sedang beraktivitas. Salah satunya adalah pembalut Charm Extra Comfort.

Tersedia pilihan wing dan non-wing, 23 cm dan 26 cm, dengan ketebalan yang pas, pori serap extra yang bisa menyerap cairan lebih sempurna, cepat, dan nggak akan bocor meski lagi banyak-banyaknya.

Cara mengatasi kram perut

Lantas, gimana ya, cara mengatasi kram perut saat haid? Tenang aja, ada beberapa cara yang bisa kamu coba, Charm Girls. Semua ini mudah dilakukan untuk membantu meredakan sakit saat haid.

1. Kompres panas

Pertolongan pertama untuk mengatasi perut kram saat haid dengan melakukan kompres panas ke perut dan punggung bawah. Ini bisa jadi cara mengatasi nyeri haid tanpa obat yang paling praktis dan efektif.

Penelitian menyebutkan bahwa wanita yang menggunakan heat patch pada suhu 40 derajat celsius sama efektifnya dengan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri.

Kamu bisa membuat bantal pemanas sendiri menggunakan botol air panas. Jika terlalu repot, kamu juga bisa membeli bantal kompres yang sudah tersedia di toko. Ada pula beberapa merek heat patch yang tinggal kamu tempelkan saja. Praktis banget.

2. Konsumsi herbal

Beberapa tanaman herbal juga punya khasiat anti-inflamasi dan anti-spasmodik. Nah, senyawa ini dipercaya bisa membantu mengurangi kontraksi otot dan pembengkakan akibat menstruasi.

Beberapa herbal yang bisa kamu coba konsumsi adalah biji adas, kayu manis, jahe, ekstrak kulit pinus atau pycnogenol, serta daun dill atau adas sowa. 

Konsumsi kunyit juga diyakini bisa jadi cara mengurangi kram perut saat haid. Coba konsumsi 2 kapsul kurkumin selama 7 hari sebelum menstruasi dan 3 hari setelahnya. Penelitian menyebutkan, wanita yang melakukan itu bisa meredakan gejala PMS mereka secara signifikan, loh.

3. Minum banyak air

Minum banyak air! Charm Girls mungkin sering lupa minum air nih, kalau lagi sibuk-sibuknya. Ternyata, minum air hangat dan panas bisa jadi cara mengatasi sakit perut saat haid hari pertama yang sangat ampuh, loh. 

Cairan panas bisa meningkatkan aliran darah ke kulit dan mengendurkan otot yang kram. Selain itu, air juga bisa mengatasi rasa kembung selama menstruasi. Alternatifnya, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya air seperti selada, seledri, timun, semangka, dan buah beri.

4. Pilih makanan

Ternyata, makanan juga sangat berpengaruh untuk bisa mengurangi sakit haid hari pertama. Sebaiknya kamu hindari dulu makanan yang menyebabkan kembung dan retensi air seperti makanan berlemak, alkohol, soda, kafein, dan makanan asin.

Sebagai gantinya, coba deh minum teh jahe atau mint yang menenangkan. Air panas yang diberi perasan air lemon juga bisa membantu.

Yang penting, tetap jaga pola makan yang sehat. Sebaiknya konsumsi makanan bukan olahan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan dan sayuran hijau. Ikan, ayam, kacang kenari, dan minyak zaitun juga sangat baik untuk meredakan gangguan menstruasi.

Beberapa alternatif lainnya, adalah makanan yang mengandung mineral boron tinggi seperti alpukat, plum, buncis, dan pisang. Juga makanan tinggi kalsium seperti susu, biji wijen, kacang almond, dan sayuran berdaun hijau.

5. Minum obat

Terakhir, kamu bisa mencoba mengatasi perut kram saat haid dengan mengonsumsi obat nyeri haid paling ampuh yang dijual bebas. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) merupakan obat pereda nyeri yang sangat direkomendasikan untuk nyeri haid.

Obat pereda nyeri haid yang termasuk NSAID di antaranya adalah ibuprofen (Advil) dan naproxen (Aleve). Ada beberapa merek yang mudah didapatkan di apotek terdekat.

Ke dokter jika sudah terlalu parah

Sebenarnya, sakit perut saat haid itu normal dan tidak berbahaya. Namun, bagi beberapa wanita seringkali cara-cara di atas sama sekali nnggak mempan. 

Bahkan, sakit perutnya justru bertambah parah dan lama. Misalnya, bisa berlangsung sampai 5 hari selama periode menstruasi sampai bikin kamu hanya bisa terbaring lemas di atas tempat tidur. Wah, itu sih sudah bahaya.

Jika sudah begitu dan terus berlangsung selama 3 bulan berturut-turut, ada baiknya kalau kamu langsung konsultasi ke dokter, deh.

Nyeri menstruasi yang parah bisa jadi tanda penyakit lain yang lebih berbahaya. Misalnya, endometriosis (lapisan endometrium yang tumbuh di luar rahim), uterine fibroids (pertumbuhan non-kanker di dinding rahim), peradangan panggul, adenomyosis, hingga adanya kista.

cara mengatasi kram perut saat haid
Cara mengurangi kram perut saat haid
mengatasi kram perut saat haid
mengatasi perut kram saat haid
Komentar (537)
A

An
Anonymous
OK
5 months ago
Balas
An
Anonymous
Ya
4 months ago
An
Anonymous
Ya
4 months ago
An
Anonymous
Ok
4 months ago
An
Anonymous
Siip
4 months ago
Avatar Profile Image
tubagus manyu
bisa aja
4 months ago
Avatar Profile Image
amma samsuri
bisa aja
4 months ago
An
Anonymous
Ok
5 months ago
Balas
Avatar Profile Image
tubagus manyu
ok doang gak jelas
4 months ago
Avatar Profile Image
amma samsuri
ia
4 months ago
An
Anonymous
Nice
5 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Ade Tina Sri Rahayu
Yess
5 months ago
Ma
Maeni
Setuju
5 months ago
Avatar Profile Image
tubagus manyu
spam anjirt
4 months ago
Avatar Profile Image
amma samsuri
okay
4 months ago
floating-icon