Kembali

Tentang Menstruasi

Setelah Menstruasi Pertama, Ini Cara Cepat Haid di Bulan Berikutnya!

Setelah Menstruasi Pertama, Ini Cara Cepat Haid di Bulan Berikutnya!


Anak perempuan yang sudah mengalami pubertas atau tumbuh dewasa, maka akan mengalami menstruasi pertama. Menstruasi memang menjadi salah satu tanda yang jelas kalau Charm Girls sudah memasuki usia dewasa.

Dilansir dari laman Hello Sehat yang mengutip University of Wisconsin Health, menstruasi pertama adalah tanda bahwa anak perempuan sudah berada di masa remaja menuju dewasa. Menstruasi pertama sendiri normalnya terjadi pada usia 10 sampai 14 tahun loh

Selain itu, ada banyak hal yang perlu kamu ketahui mengenai menstruasi pertama ini nih. Penasaran? Simak saja yuk!

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Menstruasi Pertama

Dilansir dari laman Hello Sehat, nyatanya ada beberapa hal yang perlu kamu pahami dan ketahui mengenai menstruasi pertama. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kram saat menstruasi

Gejala kram pada perut saat menstruasi, memang dialami oleh kebanyakan wanita ketika menstruasi. Remaja yang baru saja mengalami menstruasi pertama mereka, bisa juga merasakan gejala ini loh.

Baca Juga: ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang

2. Sirkulasi darah yang keluar

Wajar banget kalau kamu kaget ketika melihat darah yang keluar saat mengalami menstruasi pertama. Meskipun begitu, volume darah yang terlihat banyak itu sangat normal terjadi. Sehingga, kamu enggak bakal kekurangan atau bahkan kehabisan darah.

3. Rentang waktu menstruasi

Pada periode pertama Charm Girls, biasanya menstruasi bakal terjadi secara tidak teratur. Menstruasi yang terjadi di tahun-tahun awal juga biasanya bakal lebih lama dalam satu kali periodenya dan lebih banyak.

Selain itu, karena baru awal-awal menstruasi, biasanya siklus tiap bulannya pun belum teratur.

Meskipun begitu, kamu jangan khawatir ya. Pasalnya hal tersebut normal terjadi pada Charm Girls yang baru memasuki periode pertama menstruasi. Walaupun begitu, kamu bisa banget menggunakan cara-cara di bawah ini untuk mempercepat menstruasi.

Cara Mempercepat Haid Yang Aman Untuk Remaja

Nyatanya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat siklus menstruasi-mu itu loh Charm Girls. Penasaran? Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Konsumsi vitamin C

Setelah Menstruasi Pertama, Ini Cara Cepat Haid di Bulan Berikutnya!
Konsumsi vitamin c untuk meningkatkan kadar hormon yang mempercepat menstruasi

Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron di tubuh. Hal ini kemudian akan membuat uterus atau rahim berkontraksi, dan dinding rahim pun akan luruh, sehingga terjadi menstruasi.

Meski begitu, belum ada nih penelitian yang bisa menjamin cara ini dapat mempercepat haid. Sehingga, kamu perlu lebih berhati-hati nih saat melakukannya. Jangan konsumsi suplemen vitamin C berlebihan, karena dapat berbahaya untuk kesehatan. Tak ada salahnya juga, untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini ya.

2. Olahraga dengan teratur

Olahraga ringan dapat membantu otot-otot menjadi lebih rilek, sehingga dapat membantu haid kamu datang lebih cepat. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan cara ini dapat mempercepat siklus haid kamu.

3. Diet dan menjaga berat badan

Perubahan yang terjadi pada berat badan dapat mempengaruhi siklus menstruasi nih Charm Girls. Berat badan yang terlalu rendah, bisa berisiko menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau justru sama sekali berhenti. Pasalnya, tubuh memerlukan lemak untuk memproduksi hormon yang terkait dengan menstruasi.

Memiliki berat badan berlebih juga bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur. Sehingga, kamu harus memperhatikan asupan gizi untuk menjaga berat badan agar tetap pada batas ideal.

Baca juga: Apakah Keputihan Tanda Menstruasi Pertama

4. Kompres hangat di area perut

Kompres hangat atau berendam di air hangat, juga dapat membantu otot agar lebih rileks dan meredakan stres emosional. Selain itu, energi panas yang diterima tubuh, juga dapat melancarkan aliran darah ke rahim. Hal ini yang membuat metode tersebut dilihat sebagai salah satu cara mempercepat haid.

5. Konsumsi jahe

Manfaat jahe memang beragam, salah satunya berhubungan dengan menstruasi. Jahe dipercaya dapat memicu kontraksi rahim. Sehingga, tumbuhan yang satu ini disebut berpotensi membantu mempercepat datangnya haid. Meski begitu, belum ada nih  penelitian yang dapat memastikan metode ini.

6. Konsumsi kunyit

Setelah Menstruasi Pertama, Ini Cara Cepat Haid di Bulan Berikutnya!
Kunyit untuk mempercepat masa menstruasi

Kunyit disebut dapat mempengaruhi kadar estrogen dan progesteron di tubuh. Dengan menurunkan kadar progesteron, kunyit juga dipercaya dapat mempercepat datangnya haid loh

7. Konsumsi nanas

Nanas kaya akan kandungan bromelain, yaitu enzim yang dapat mempengaruhi estrogen dan hormon lainnya. Enzim ini dipercaya dapat membantu meredakan inflamasi atau peradangan. Sehingga, nanas dapat membantu kondisi menstruasi yang tidak teratur akibat inflamasi.

8. Gunakan rempah-rempah

Beberapa rempah-rempah dipercaya bisa memicu naiknya aliran arah ke rahim. Rempah tersebut di antaranya adalah kayu manis, daun parsley, daun sage, oregano, dan rosemary.

Meski cara mempercepat haid yang disebutkan di atas aman, tapi kamu tetap perlu berhati-hati jika terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Apabila kamu ingin mengonsumsi vitamin, pastikan memilih yang sudah memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ya Charm Girls. Tak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini ya.

Charm
Pembalut Charm
menstruasi pertama
cara mempercepat haid
cara cepat haid
Komentar (4)
A

DJ
Dela Julian Anggraeni K.
makasih udah sharing charm
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Yeayyy terimakasih juga ya Chram Girls, semoga informasi nya bermanfaat! :)
a month ago
AN
Annis Nia Friyanti
thanks tipsnya charm
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Terimakasih juga ya Charm Girls! :)
a month ago