Kembali

Tentang Menstruasi

Jangan Minum Obat! Ini Cara Menghilangkan Nyeri Haid Alami!

Jangan Minum Obat! Ini Cara Menghilangkan Nyeri Haid Alami!


Minum obat pereda nyeri kerap jadi cara pertama yang dipilih beberapa orang buat menghilangkan nyeri haid. Memang sih, nyeri bakal hilang dalam sekejap, tapi ternyata hal ini nggak boleh dijadikan kebiasaan, lho, Charm Girls.

Jangan Minum Obat! Ini Cara Menghilangkan Nyeri Haid Alami!
Konsumsi obat pereda nyeri tidak boleh dijadikan kebiasaan

Beberapa jenis obat pereda nyeri, terutama ibuprofen, punya efek samping buat tubuh kalau dikonsumsi berlebihan. Terus, apa aja sih, cara alami buat menghilangkan gejala menstruasi yang satu ini?

Menghilangkan nyeri dengan obat bukan pilihan tepat

Sahil Khanna, MBBS, dokter spesialis pencernaan di Mayo Clinic, menyebutkan kalau konsumsi obat pereda nyeri yang berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan, khususnya penyakit radang lambung (gastritis) dan tukak lambung.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Nyeri Haid di Rmah Aja

Ibuprofen adalah obat yang termasuk dalam kelompok nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID). Obat ini menghilangkan nyeri haid dengan cara mengurangi produksi hormon prostaglandin. Hormon ini nih, yang biasanya bikin perut sakit selama haid.

Namun, prostaglandin juga punya peran penting, yakni membentuk lapisan lendir buat melindungi dinding lambung dari cairan asam. Kalau produksi hormon ini menurun, lapisan lendir lambung tentu juga makin menipis.

Dinding lambung yang nggak terlindungi lendir lebih mudah terkikis oleh cairan asam. Lama-lama, terjadilah radang dan luka yang bisa berujung menjadi lubang di dinding lambung. Gejalanya antara lain sakit perut, perut kembung, mual, dan muntah.

Cara menghilangkan nyeri haid secara alami

Jangan Minum Obat! Ini Cara Menghilangkan Nyeri Haid Alami!
Nyeri haid membuat badan tidak nyaman

Nyeri haid nggak cuma bikin badan terasa nggak nyaman, tapi juga bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Nah, berikut beberapa tips menghilangkan nyeri haid secara alami yang udah terbukti secara ilmiah.

1. Kompres hangat

Menempelkan kompres hangat pada perut terbukti bisa mengurangi nyeri ketika haid. Untuk membuat kompres hangat, kamu cuma perlu menyiapkan botol berisi air panas, lalu bungkus dengan handuk atau kain yang agak tebal.

Penelitian menunjukkan kalau cara ini bisa menghilangkan nyeri haid seampuh minum obat NSAID. Keuntungannya, kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama tanpa perlu menghadapi risiko masalah pencernaan.

2. Pijat perut dengan minyak esensial

Pijatan di sekitar perut dan punggung bisa membuat otot-otot di area ini menjadi lebih rileks. Nggak perlu lama-lama, cukup pijat titik-titik ini secara merata selama 20 menit sampai rasa nyeri berangsur hilang.

Efek pijat bahkan bisa lebih terasa lagi kalau kamu memakai minyak pijat mengandung minyak esensial dari lavender, peppermint, dan sejenisnya. Efek aromaterapinya bakal bikin pikiran kamu lebih tenang sehingga nyeri pelan-pelan berkurang.

Baca Juga: 5 cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat

3. Minum teh herbal

Cara lainnya untuk menghilangkan nyeri haid adalah minum teh herbal seperti jahe dan chamomile. Nyeri haid muncul karena otot rahim berkontraksi lebih kuat dari biasanya. Nah, minum teh chamomile dua kali sehari bisa meredakan kontraksi ini.

Sementara itu, jahe punya kandungan salisilat yang bisa menghambat produksi hormon prostaglandin. Bahan herbal penghilang nyeri ini juga ampuh mengurangi kembung dan rasa nggak nyaman pada perut yang sering muncul saat haid.

4. Olahraga ringan

Rasa nyeri dan badan yang nggak nyaman ketika haid memang bikin kita malas gerak. Padahal, olahraga ringan sesimpel berjalan kaki selama 30 menit ternyata efektif buat mengurangi nyeri saat menstruasi.

Ini karena olahraga merangsang produksi endorfin, yaitu hormon yang bisa mengurangi nyeri tubuh secara alamiah. Selain itu, aktivitas fisik juga melancarkan aliran darah ke rahim. Kalau aliran darah lancar, kontraksi rahim akan jadi normal kembali.

ChaCha bersama Charm Girls pernah melakukan olahraga bareng nih di instagram! Namanya 7 Days Challenge Charm, kamu bisa cek keseruannya di sini!

5. Pola makan juga harus sehat

Jangan Minum Obat! Ini Cara Menghilangkan Nyeri Haid Alami!
Konsumsi makanan sehat untuk mengurangi nyeri haid

Kalau kamu mencari makanan penghilang nyeri haid, coba perbanyak makan pisang, jeruk, dan semangka. Buah-buahan ini mengandung magnesium yang bisa mengurangi nyeri dan kaya akan serat yang bantu melancarkan pencernaan.

Perbanyak juga asupan sumber omega-3 dari minyak ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan biji-bijian. Omega-3 membantu mengurangi radang dalam tubuh, termasuk pada rahim yang menjadi penyebab nyeri haid.

Nyeri haid memang jadi mimpi buruk banyak perempuan, apalagi kalau nyerinya nggak tertahankan atau mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, sebisa mungkin jangan langsung mengandalkan obat pereda nyeri, ya, Charm Girls!

Ada banyak pilihan cara alami yang bisa membantu kamu menghilangkan nyeri haid, mulai dari sesimpel bikin kompres hangat hingga berolahraga. Yuk, lakukan secara rutin dan konsisten supaya rasa nyeri nggak muncul lagi!

Charm
Pembalut Charm
cara menghilangkan nyeri haid
menghilangkan nyeri haid
penghilang nyeri haid
Komentar (8)
A

AM
Anjali Milenia
makasih masukannya min
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Terimakasih juga ya Charm Girls! :)
a month ago
ES
Evi Sofianti
thanks sarannya min
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Terimakasih juga ya Charm Girls! :)
a month ago
GN
Ghefira Nur Fadillah
makasih min tipsnya
a month ago
Balas
Avatar Profile Image
Charm Girls Talk
Terimakasih juga ya Charm Girls! :)
a month ago