Kembali

Girl's Life

Hidung Berdarah Saat Haid, Perlukah Cemas?

Hidung Berdarah Saat Haid, Perlukah Cemas?


Cuaca panas di tengah hari membuat badan berkeringat, kepala pusing dan mood jadi tak karuan. Masih ingat gak Charm Girls, momen saat upacara hari Senin kerap jadi pengalaman mengerikan karena tak jarang ada teman yang mendadak hidungnya berdarah atau mimisan kemudian pingsan. 

Kenapa ya kok hidung berdarah? Nah secara medis, mimisan bisa terjadi karena masalah salah satu pembuluh darah di lapisan hidung pecah. 

Bahasa medisnya mimisan adalah epistaksis dan bisa terjadi pada siapa saja baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Nah durasi dan penyebabnya juga berbeda-beda ya Charm Girls.

Pada beberapa perempuan ternyata mimisan juga bisa terjadi saat masa-masa pra-menstruasi, sehingga bisa dijadikan satu tanda Premenstrual Syndrome atau PMS lho Charm Girls. 

Perbedaan Mimisan Biasa dan Mimisan Saat Haid 

Menstruasi adalah proses meluruhnya dinding rahim pada perempuan dan perubahan fisiologis dalam tubuh yang terjadi secara berkala atau setiap bulan serta dipengaruhi oleh hormon reproduksi. 

Haid jadi suatu hal yang penting dalam reproduksi. Haid pada perempuan adalah suatu perdarahan rahim yang sifatnya fisiologik (normal), sebagai akibat perubahan hormonal yaitu estrogen dan progesteron.

Pada beberapa perempuan, mimisan juga bisa terjadi pada masa pra-menstruasi, makanya kerap dianggap sebagai salah satu tanda PMS.

Penyebab mimisan paling umum adalah kondisi udara yang kering dan kebiasaan mengorek hidung. Kemudian hal ini dapat menyebabkan pembuluh darah halus di dalam hidung pecah, sehingga terjadi perdarahan.

Bila mimisan terjadi berulang perlu diwaspadai karena dapat menjadi gejala dari suatu penyakit, seperti hipertensi, gangguan pembekuan darah, atau sinusitis.

Sedangkan jika terjadi saat haid bisa jadi mimisan dikarenakan seorang perempuan mengidap vicarious menstruation atau mengalami perdarahan bulanan tidak hanya dari rahim, tetapi juga keluar dari bagian tubuh lainnya. 

Banyak perempuan melaporkan mengeluarkan darah dari hidung, lengan, paru, payudara, saluran pencernaan, mulut, kandung kemih, mata dan mulut setiap bulannya mengikuti siklus haid mereka, dan akan mereda setelah beberapa hari. Siklus menstruasi yang tidak tetap juga bisa menyebabkan mimisan bagi sebagian perempuan.

Kenapa Hidung Berdarah Saat Haid 

Hidung berdarah saat haid atau mimisan bisa disebabkan karena perubahan kadar hormon, atau lebih spesifiknya, perubahan keseimbangan hormon.

Estrogen menyebabkan pembuluh darah rileks dan melebar. Ini membuat mereka lebih fleksibel. Semakin fleksibel pembuluh darah di hidung, semakin kecil kemungkinannya pecah dan menyebabkan mimisan

Tingkat estrogen seorang perempuan berada pada titik terendah dalam siklus menstruasi tepat sebelum menstruasi. Ada alasan untuk ini. Tingkat estrogen yang rendah memungkinkan lapisan rahim terkelupas sehingga siklus baru dapat dimulai. Efek yang sama terjadi di hidung, dan terlihat di hidung sebelum menstruasi. Alasannya adalah karena pembuluh darah di hidung lebih banyak terpapar faktor lingkungan, seperti kulit di sekitarnya menjadi kering, benjolan dan luka serta memar, dan reaksi alergi. Namun, proses yang terjadi di pembuluh darah di lapisan rahim kurang lebih sama dengan proses yang terjadi di pembuluh darah di lapisan hidung.

Setelah seorang perempuan mengalami menstruasi, kadar estrogen nya mulai meningkat lagi. Hal ini memungkinkan pertumbuhan jaringan baru di lapisan rahim. Nah Charm Girls hal ini juga yang akan kekuatan pada pertumbuhan jaringan vaskular pelindung baru di hidung. Sama seperti pendarahan berhenti dari rahim, itu juga berhenti dari hidung.

Tahukah kamu Charm Girls, Di Inggris lebih banyak wanita dirawat di rumah sakit dengan mimisan parah terkait dengan menstruasi daripada pria pada usia yang sama dengan mimisan parah terkait cedera, padahal di Inggris budaya petinju paling terkenal. Dari menarche hingga menopause, perempuan ternyata lebih berisiko mimisan daripada laki-laki.

Nah apakah mimisan saat haid berbahaya?

Jika mimisan disebut sebagai gejala PMS juga ternyata belum tentu, karena bisa saja kamu sedang mengalami kelelahan, stres, atau hal-hal lainnya. Jangan lupa istirahat dan sayangi diri kamu ya Charm Girls.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa saat ada di bawah tekanan atau stres, sirkulasi darah otomatis bakal naik dan tekanan darah juga ikut melonjak serta pembuluh darah jadi rentan pada gangguan. Apalagi pembuluh darah di hidung adalah salah satu yang paling rentan pada kenaikan tekanan darah.

Penanganan Hidung Berdarah Saat Haid 

Jika ingin lebih pasti, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter ya Charm Girls. Namun perlu kamu ketahui penting untuk tidak mengupil, bersin terlalu keras, atau membenturkan hidung sepanjang waktu, tetapi terutama ketika mengalami PMS atau atau saat haid.

Nah jika mimisan menjadi masalah setiap bulan, maka pelembab udara mungkin humidifier perlu kamu investasikan.

Kemudian ada bahan kimia tanaman tertentu yang membantu pembuluh darah membangun kolagen, terutama anthocyanidins. Ini adalah pigmen merah-ungu dan biru yang ditemukan dalam blackberry, blueberry, dan bilberry.

Charm Girls juga mungkin perlu minum antihistamin sesaat sebelum menstruasi untuk menghentikan mimisan. Terpenting adalah segera temui dokter jika mengalami pendarahan yang tidak biasa dalam bentuk apa pun, termasuk mimisan.

Baca Juga Disini :

Haid Deras Butuh Pawang Kompres Perut Saat haid Biar Tenang

Ramuan PMS Anti Nyeri Minum Air Kelapa Saat Haid

Bye Nyeri Haid Jamu Pelancar Haid Paling Ampuh 

Hidung Berdarah
Hidung berdarah sedikit
kenapa hidung berdarah
penyebab hidung berdarah
Komentar (298)
A

An
Anonymous
Konsultasi solusi nya
10 days ago
Balas
pe
permadi
ok
14 hours ago
An
Anonymous
ok
10 hours ago
An
Anonymous
nice info
10 days ago
Balas
DL
Desy Liyani
Iya yah
8 days ago
An
Anonymous
good
10 hours ago
pa
pangs
ohh seperti itu
10 days ago
Balas
pe
permadi
good
14 hours ago
An
Anonymous
ok
10 hours ago
floating-icon