Kembali

Girl's Life

Jaga Kesehatan Mental, Yuk! Ini Cara Melatih Mental pada Masa Puber

Jaga Kesehatan Mental, Yuk! Ini Cara Melatih Mental pada Masa Puber


Selama masa puber, remaja nggak cuma mengalami perkembangan dari segi fisik, tapi juga emosional. Tak jarang, remaja jadi kelihatan labil karena mereka sebetulnya masih berusaha memahami emosinya sendiri dan butuh bantuan dalam menghadapi masalah.

Remaja biasanya juga jadi rentan stres, sensitif, serta gampang marah. Mereka yang menghadapi masalahnya sendirian bahkan bisa mengalami masalah kesehatan mental, seperti kecemasan berlebih, depresi, hingga gangguan kepribadian.

Inilah mengapa remaja dalam masa puber perlu tahu gimana cara melatih mental yang tepat untuk mereka. Nah, kamu udah tahu belum, nih? Kalau belum, kita pelajari sama-sama lewat artikel ini, yuk!

Hal-hal yang biasanya bikin remaja stres dan minder

Siapa pun bisa mengalami stres, termasuk remaja. Sayangnya, masalah remaja sering kali dianggap remeh karena terkesan nggak seberat masalah orang dewasa. Padahal, stres yang dibiarkan lama-kelamaan bisa mengganggu kesehatan mental.

Sebelum mencari tahu gimana cara membuat mental jadi kuat, kita harus tahu dulu apa yang biasanya bikin remaja jadi stres dan minder. Berikut ini ada beberapa contohnya, kira-kira kamu pernah ngalamin yang mana, nih?

  • Tugas sekolah yang banyak banget, PR, dan ujian.
  • Harapan atau bahkan tekanan dari orang tua untuk mendapat nilai yang bagus.
  • Kegiatan di luar sekolah, seperti ekskul atau pekerjaan part-time.
  • Masalah dengan teman atau pasangan.
  • Kurang tidur.
  • Kewalahan dengan tugas, kegiatan, maupun hal lainnya sampai satu hari pun terasa nggak cukup untuk menyelesaikannya.

Stres sesekali itu wajar. Namun, kalau kamu sampai susah tidur, jadi emosional, sering capek, atau selalu merasa berat menjalani hari, ini mungkin tanda kalau kamu sedang stres berat. Nah, kamu bisa menguranginya sedikit dengan cara melatih mental.

Pentingnya melatih mental dengan cara yang tepat

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), 1 dari 7 anak dan remaja berusia 10 sampai 19 tahun mengalami gangguan mental. Banyak remaja mengalami depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan kepribadian yang bisa berdampak pada kesehatan fisiknya.

Semua ini nggak terlepas dari pubertas yang dialami remaja. Masa remaja merupakan masa penting saat kemampuan sosial dan emosional seorang anak berkembang. Inilah saat ketika kamu sering-seringnya mencari teman dan bahkan mencicipi percintaan.

Melatih mental dengan cara yang tepat semasa remaja itu penting banget. Di sinilah kamu akan mendapat tekanan dari orang tua, teman sebaya, dan lingkungan. Hal-hal yang terjadi dalam hidupmu akan bikin kamu tambah tangguh atau justru sebaliknya.

Beberapa remaja bahkan jadi lebih berisiko mengalami masalah mental karena kondisi keluarganya, stigma masyarakat, kurangnya support system, dan masih banyak lagi. Dengan melatih mental jadi lebih kuat, setidaknya kamu akan punya pertahanan diri untuk menghadapi masa remaja yang rumit dan berat.

Cara memiliki mental yang kuat

Mental yang kuat berawal dari cara berpikir kita, Charm Girls. Nggak perlu menunggu hingga dewasa untuk mengubah pola pikir. Kamu bisa mulai dari sekarang dengan cara di bawah ini.

1. Jangan takut dengan perubahan

Mesipun kadang terasa menakutkan, perubahan itu baik selama dampaknya positif bagi banyak orang. Jadi, nggak perlu takut. Biarkan perubahan datang, lalu cobalah untuk beradaptasi sedikit demi sedikit. Ini akan bikin mentalmu jadi sekuat baja.

2. Positive thinking!

Positive thinking bukan berarti selalu bilang “semuanya baik-baik aja”, padahal kamu lagi sedih. Emosi negatif itu wajar. Namun, dengan positive thinking, kamu bisa fokus kepada hal-hal baik di sekitarmu dan nggak melulu tenggelam dalam emosi negatif.

3. Jangan takut salah atau gagal

Cara yang satu ini memang dikenal ampuh melatih mental. Semua orang pasti pernah merasa takut salah atau gagal, tapi kamu bisa kok mengubahnya pelan-pelan. Cepat atau lambat, tanpa sadar kamu akan jadi orang yang lebih berani, deh!

4. Coba rutinitas yang baru

Kalau rutinitas yang kamu lakukan saat ini nggak memberikan manfaat atau hal baru, coba deh rutinitas yang lain. Contohnya, kalau saat ini kamu sering bangun kesiangan, coba bangun lebih pagi dan lakukan hal yang selama ini belum pernah kamu coba.

5. Jangan bandingan dirimu dengan orang lain

Kalau ada yang lebih pintar, lebih jago gambar, atau bisa melakukan apa yang kamu nggak bisa, no problem! Setiap orang punya keunikan dan keunggulan tersendiri, begitu pun kamu. Yang penting, jangan pernah berhenti mencari tahu apa yang kamu sukai.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memiliki mental yang kuat. Tenang, semuanya butuh proses, jadi nggak perlu buru-buru. Asalkan kamu tetap konsisten dan nggak takut menghadapi hal baru, mentalmu lama-lama pasti akan tambah kuat.

Tetap semangat, Charm Girls!

Baca Juga Disini:

Pahami Kesehatan Mental Penyebab Sedih Tanpa Sebab

Mempersiapkan Mental dan Diri Sendiri

Menghadapi Perubahan Fisik dan Emosional

cara melatih mental
Cara membuat mental kuat
Cara memiliki mental yang kuat
Cara agar memperkuat mental
Komentar (405)
A

An
Anonymous
Bagus infonya
6 months ago
Balas
An
Anonymous
yes
5 months ago
An
Anonymous
yes
5 months ago
An
Anonymous
ya
5 months ago
An
Anonymous
Y
5 months ago
An
Anonymous
Tanpa disadari kita memang tidak membandingkan diri kita dengan orang lain, akan tetapi kerabat kita yg sering membandingkan. Dibandingkan dengan orang lain lama kelamaan membuat kita mikir dan down, tapi tidak semua orang. Ada juga yg tidak peduli, tergantung diri kita menyikapinya
6 months ago
Balas
An
Anonymous
betul
5 months ago
An
Anonymous
good
5 months ago
An
Anonymous
Yes
5 months ago
Avatar Profile Image
Ade Tina Sri Rahayu
Betull
5 months ago
An
Anonymous
Kebanyakan stress juga dari orang terdekat
6 months ago
Balas
An
Anonymous
hahahaa
5 months ago
An
Anonymous
mungkin banyak hutang jadi stres
5 months ago
floating-icon