Kembali

Girl's Life

Haid Deras Butuh Pawang? Kompres Perut Saat Haid Biar Tenang

Haid Deras Butuh Pawang? Kompres Perut Saat Haid Biar Tenang


Menjelang menstruasi, ada saja gejala yang kamu rasakan pada tubuh. Mulai dari pegal-pegal, sakit di bagian payudara, mood swing, hingga kram di area perut khususnya bagian bawah.

Nggak heran, kalau terkadang wanita mencari cara untuk setidaknya meminimalisir rasa nyeri di daerah perut bagian bawah ketika sebelum atau sedang menstruasi. Kompres di bagian perut merupakan salah satu cara meredakan nyeri haid.

Nyatanya ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas kompres perut saat haid loh. Apa saja sih manfaatnya dan bagaimana cara mengkompres area perut dengan benar? Simak yuk penjelasan lengkapnya di bawah ini, seperti yang dilansir dari berbagai sumber!

Manfaat Kompres Air Hangat 

Adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan kompres air hangat adalah sebagai berikut, seperti dilansir dari situs Alodokter:

1. Bantu lancarkan peredaran darah 

Air hangat diketahui mampu melebarkan pembuluh darah yang ada di tubuh. Sehingga, aliran darah pun akan lebih lancar.

Akibatnya, sel dan jaringan pun dapat memperoleh pasokan nutrisi yang cukup. Tak hanya itu, kamu pun bisa terhindar dari risiko penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah.

2. Merelaksasi otot

Kompres air hangat juga bisa merelaksasikan otot pada tubuh, khususnya di bagian perut bawah ketika sebelum atau sedang menstruasi. Hal ini dikarenakan air hangat bisa melemaskan otot-otot yang tegang, sehingga rasa sakit pun akan berkurang.

3. Meningkatkan kualitas tidur 

Manfaat lain yang bisa kamu temukan ketika melakukan kompres air hangat adalah untuk meningkatkan kualitas tidurmu, khususnya ketika sedang menstruasi.

Pasalnya, setelah melakukan kompres air hangat, suhu tubuhmu akan menurun lebih lambat, sehingga membuatmu menjadi lebih rileks. Nah, tubuh yang rileks tentunya memudahkanmu untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

Dari banyaknya manfaat kompres air hangat di atas, tentunya membuat cara ini menjadi salah satu yang efektif untuk meminimalisir rasa nyeri di bagian perut ketika sebelum dan sedang menstruasi.

Meskipun begitu, kamu harus mengetahui cara melakukan kompres air hangat secara benar dan tepat agar bisa merasakan manfaatnya.

Cara Kompres Perut dengan Air Hangat 

Sebenarnya, nggak susah kok dalam melakukan kompres air hangat pada perut ketika sebelum dan sedang menstruasi. Namun tetap saja, kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Lalu, bagaimana sih cara kompres perut dengan air hangat secara benar dan tepat? Simak yuk step-by-step nya di bawah ini.

1. Masak air hingga hangat (suam-suam kuku) 

Kamu bisa memasak terlebih dahulu air hingga mencapai suhu hangat atau suam-suam kuku. Namun, kamu juga bisa menggunakan air panas di dispenser, lalu ditambah dengan air biasa hingga mencapai suhu suam-suam kuku.

2. Masukkan air hangat ke wadah yang gampang untuk digunakan 

Jika sudah mendapatkan air hangat, kamu bisa langsung tuangkan cairan tersebut ke wadah yang gampang untuk digunakan. Kamu pun bisa menuangkannya ke dalam botol.

3. Gulung botol menggunakan handuk tipis 

Jika sudah menuangkan air hangat ke dalam botol, kamu bisa menggulung wadahnya menggunakan handuk tipis. Hal ini dilakukan agar botol yang berisi air hangat itu tidak langsung menyentuh kulit kamu. 

Pasalnya, jika tidak digulung menggunakan handuk tipis, kulitmu pun bisa saja memerah karena air hangat di dalam botolnya.

4. Letakkan botol yang sudah digulung handuk tipis ke area perut 

Jika sudah digulung handuk tipis, kamu pun bisa langsung meletakkannya ke area perut yang terasa nyeri. Air hangat yang ada di dalam botol pun akan meredakan rasa sakit akibat siklus menstruasi ini.

Itulah penjelasan mengenai manfaat hingga cara menggunakan kompres air hangat untuk meminimalisir rasa nyeri di bagian perut akibat menstruasi. Selain kompres air hangat untuk menenangkan nyeri haid, Charm Girls juga harus mempersiapkan pembalut yang nyaman dipakai tidur, yaitu Charm Safe Night. Tidur nyenyak sampai pagi tanpa harus kebangun buat ganti pembalut lagi!

Baca Juga Disini :

Bagaimana Menstruasi Bekerja

Darah Menstruasi Warna Hitam Normal atau Tidak Ya

3 Cara Mengatasi Menstruasi Terlambat

kompres perut saat haid
Komentar (17)
A

Avatar Profile Image
Ulpa maya
Sangat membantu
a month ago
Balas
NT
Neni Triana
Sangat membantu
a month ago
Balas
An
Anonymous
Thans infonya
a month ago
Balas