Kembali

Girl's Life

6 Tips Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Menyikapi Masa Pubertas

6 Tips Menjaga Kebersihan Tubuh Saat Menyikapi Masa Pubertas


Pubertas merupakan masa ketika seorang anak mengalami perkembangan yang pesat, baik secara fisik maupun emosional. Secara fisik, perempuan biasanya mengalami haid yang diikuti dengan melebarnya pinggul, membesarnya payudara, dan ciri-ciri lainnya.

Pada masa pubertas, penting banget bagi para remaja buat mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas. Soalnya, sistem reproduksi yang sehat turut berperan menjaga kesehatan tubuhmu dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Nah, salah satu cara menjaga kesehatan reproduksi yaitu dengan menjaga kebersihan tubuh. Yuk, CHARM jelaskan cara menjaga kebersihan tubuh saat menyikapi masa pubertas dan apa aja yang perlu kamu lakukan!

Berbagai perubahan yang terjadi pada masa puber

Selama pubertas, kamu akan mengalami banyak perubahan dari segi fisik. Salah satu perubahan yang paling kelihatan yaitu badanmu bertambah besar dan kamu semakin tinggi. Pada remaja perempuan, ini biasanya juga diikuti dengan tanda-tanda berikut.

  • Ukuran organ intim jadi lebih besar daripada sebelumnya.
  • Pinggul perempuan akan bertambah lebar dan semakin berbentuk.
  • Payudara semakin besar dan kencang.
  • Rambut-rambut halus tumbuh di bawah ketiak dan di sekitar miss v.
  • Keluar cairan bening atau putih dari vagina (keputihan).
  • Mulai muncul gejala PMS seperti sakit perut.
  • Muncul lebih banyak jerawat dari biasanya.
  • Menstruasi pertama yang mungkin belum teratur.

Selain berbagai perubahan fisik di atas, kamu juga akan mengalami perubahan secara emosional. Kamu akan mulai tertarik dengan orang jenis, mengalami perubahan mood dan energi, serta jadi lebih peka dengan penampilan.

Pentingnya menjaga kesehatan reproduksi selama pubertas

Selama masa puber, berbagai hormon di dalam tubuh akan meningkat dan berdampak sama beberapa bagian tubuh. Contohnya, hormon adrenalin bisa bikin kelenjar keringat jadi lebih aktif sehingga kamu lebih sering berkeringat dibandingkan sebelumnya.

Keringat sebetulnya nggak memiliki bau lho, Charm Girls. Namun, kalau kita nggak tahu cara menjaga kebersihan tubuh saat pubertas, bakteri bisa tumbuh secara berlebihan dan bercampur dengan keringat. Inilah penyebab utama bau badan pada remaja.

Sementara itu, vagina adalah salah satu bagian tubuh yang paling mudah kena infeksi, baik oleh bakteri, jamur, sampai jenis parasit tertentu. Kalau kita nggak rajin menjaga kebersihan vagina, kita tentu jadi lebih berisiko terkena infeksi pada alat reproduksi.

Namun, membersihkan miss v juga nggak boleh sembarangan. Miss v sebetulnya bisa membersihkan diri sendiri dengan menghasilkan lendir. Sayangnya, pemakaian produk pembersih yang mengandung banyak bahan kimia bisa mengganggu mekanismenya.

Sabun dalam produk pembersih kewanitaan bisa mengganggu keseimbangan populasi bakteri dan jamur dalam vagina. Akibatnya, bakteri baik kalah oleh bakteri jahat. Jamur juga tumbuh secara nggak terkendali sehingga terjadilah infeksi jamur. Salah satu ciri khasnya adalah keputihan yang terasa gatal.

Bagaimana cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas?

Setelah paham pentingnya kesehatan reproduksi masa puber, sekarang tinggal gimana cara yang tepat untuk menjaganya. Nah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kebersihan tubuh, Charm Girls. Kedengarannya gampang, tetapi manfaatnya ternyata besar, lho!

Selain bikin kamu lebih sehat, tubuh yang bersih dan wangi juga bikin kamu lebih pede. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih nyaman dengan tubuh sendiri maupun ketika ketemu dengan orang lain.

Yuk, merapat! CHARM akan jelaskan bagaimana cara menjaga kebersihan tubuh saat menyikapi masa pubertas.

1. Jangan mager buat mandi

Kulit dan rambut jadi lebih berminyak saat puber. Remaja, apalagi yang sedang banyak kegiatan, perlu rajin mandi untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel di kulit. Jadi, paling tidak, jangan mager buat mandi dua kali sehari ya, Charm Girls!

2. Pakai deodoran

Deodoran memang nggak mengurangi produksi keringat di ketiak, tapi produk ini dapat mencegah timbulnya bau badan akibat bercampurnya bakteri dengan keringat. Jangan lupa pakai deodoran setelah mandi agar kamu tetap fresh sepanjang hari.

3. Jaga mulut dan gigi tetap bersih

Sikatlah gigi dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan sebelum tidur. Setelah itu, bersihkan lidah dengan pembersih khusus lidah dan gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan celah gigi dari sisa makanan yang mungkin terselip.

4. Perlu bercukur nggak, ya?

Rambut halus yang tumbuh di sekitar miss v dan ketiak bermanfaat untuk menghalau  bakteri dan mengurangi gesekan antar kulit yang bisa memicu iritasi. Kamu nggak harus mencukurnya, kok. Yang penting bersihkan dengan air ketika mandi, ya!

5. Bersihkan miss v dengan benar

Cukup basuh miss v dengan air dari arah depan ke belakang setiap mandi dan sehabis buang air kecil. Sebaiknya, hindari penggunaan produk pembersih kewanitaan dengan kandungan sabun yang kuat karena bisa mengganggu keseimbangan pH vagina.

6. Ganti pembalut secara berkala

Pembalut bisa menjadi sarang bakteri kalau didiamkan terlalu lama. Makanya, jangan lupa ganti pembalut tiap 3–4 jam sekali untuk menjaga area miss v tetap bersih, bebas bau, dan jauh dari bakteri jahat.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kebersihan tubuh saat pubertas. Yuk, mulai lakukan dari sekarang untuk menjaga kesehatan alat reproduksi sekaligus kesehatan tubuhmu secara menyeluruh!

Baca Juga Disini:

Charm Girls Ini 5 Tips Menjaga Kebersihan Vagina Saat Masa Menstruasi 

Kebersihan Vagina Harus Dijaga Cek Alasannya

Apa Sih yang Menyebabkan Infeksi Jamur Pada Dinding Vagina

jelaskan cara menjaga kebersihan tubuh saat menyikapi masa pubertas
Cara menjaga kebersihan tubuh saat pubertas
bagaimana cara menjaga kebersihan tubuh pada masa pubertas
Bagaimana cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas
Komentar (293)
A

An
Anonymous
Bagus informasi nya
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Iya
5 months ago
Avatar Profile Image
muhammad el
biasa aja
4 months ago
An
Anonymous
Mager mandi masih susah dihindari
6 months ago
Balas
Avatar Profile Image
muhammad el
coment hemat
4 months ago
Ya
Yani
Bagus
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Iya lah
5 months ago
Avatar Profile Image
muhammad el
parah
4 months ago
floating-icon