Kembali

Girl's Life

Bye Bau Tidak Sedap! Ini Manfaat Daun Sirih untuk Vagina

Bye Bau Tidak Sedap! Ini Manfaat Daun Sirih untuk Vagina


Kesehatan alat reproduksi turut menentukan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Meski masih remaja, kamu juga bisa kok, belajar menjaga kesehatan organ reproduksi. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan miss v alias vagina.

Ini penting karena vagina adalah bagian tubuh yang gampang terserang infeksi jamur dan bakteri. Permukaan kulitnya yang sensitif juga bikin vagina lebih mudah mengalami iritasi ketimbang bagian tubuh yang lain.

Selain lewat kebiasaan sehari-hari, satu lagi cara andalan buat membersihkan vagina yaitu memakai bahan alami seperti daun sirih. Lho, memang apa aja sih, manfaat daun sirih untuk vagina? Simak uraian berikut ini untuk tahu lebih jelasnya, ya!

Hal-hal kecil untuk menjaga kesehatan vagina

Kamu nggak harus menunggu hingga dewasa untuk mulai menjaga kesehatan vagina, Charm Girls! Justru dengan memulainya dari masa puber, kamu bisa mencegah masalah kesehatan pada alat-alat reproduksi di masa yang akan datang.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dari sekarang.

  • Membasuh vagina dengan air. Hindari pemakaian sabun atau produk pembersih karena bisa mengganggu keseimbangan populasi bakteri baik di dalam vagina
  • Membersihkan vagina dari arah depan ke belakang. Jangan terbaik ya, Charm Girls, sebab ini bisa memindahkan bakteri dari anus ke vagina.
  • Makan makanan kaya vitamin, mineral, protein, dan probiotik.
  • Boleh bercukur, tapi jangan terlalu sering. Pastikan pisau cukur yang kamu pakai tajam dan bersih.
  • Mengganti celana dalam secara rutin. Hindari celana dalam yang ketat agar kulit miss v bisa “bernapas”.
  • Mengganti pembalut tiap 2–3 jam, tergantung banyaknya darah haid yang keluar.
  • Cermat kalau-kalau ada yang berubah pada vagina, baik dari penampilan, bau, maupun hal lainnya.

Selain lewat cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan produk mengandung daun sirih yang punya banyak manfaat untuk kesehatan vagina. Tentunya, produk yang kamu pilih juga nggak boleh asal, ya.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan vagina dan risikonya

Daun sirih sejak dulu sering dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membersihkan vagina. Orang-orang dulu biasanya merebus air dengan daun sirih, lalu menggunakan airnya untuk membasuh area organ intim.

Ini karena daun sirih diyakini bisa menghilangkan bau tak sedap dari vagina, mencegah gatal, serta mengurangi keputihan. Bahkan, beberapa orang percaya kalau membasuh miss v dengan air rebusan daun sirih bisa bikin miss v jadi lebih kencang.

Beberapa kegunaan daun sirih untuk miss v sebetulnya memang terbukti secara ilmiah. dr. Farchan Djoened, SpOG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi di RS Mayapada Bogor, menyatakan kalau tanaman ini sangat berpotensi untuk mengatasi keputihan.

Kalau kondisi dan penggunaannya tepat, daun sirih bisa membantu membasmi jamur, bakteri, virus, dan bahkan parasit yang menyebabkan keputihan. Meski begitu, beliau tetap mengingatkan supaya kita nggak menggunakan daun sirih secara berlebihan.

Terlalu sering menggunakan daun sirih justru bisa mengganggu keseimbangan bakteri di dalam vagina. Bakteri baik yang melindungi vagina dari bakteri jahat bisa-bisa ikut mati. Akibatnya, bakteri jahat tumbuh secara nggak terkendali dan terjadilah infeksi.

Nah, terus gimana cara menggunakan daun sirih supaya kamu bisa tetap mendapatkan manfaat tanaman ini untuk kesehatan vagina tanpa harus membunuh bakteri baik? Ada satu hal yang bisa kamu coba, yaitu menggunakan produk mengandung daun sirih.

Produk mengandung daun sirih untuk kesehatan vagina

Mengingat pentingnya kesehatan reproduksi pada masa remaja, CHARM berkomitmen memberikan yang terbaik untuk semua remaja perempuan di Indonesia melalui produk pembalut Charm Herbal Ansept+.

Pembalut Charm Herbal Ansept+ mengandung ekstrak daun sirih serta bahan-bahan alami lainnya seperti manjakani, kunyi, jahe, dan lidah buaya. Daun sirih khususnya, adalah antiseptik alami yang memberikan manfaat utama berupa perlindungan higienis untuk vagina.

Selain membantu melawan jamur dan bakteri penyebab infeksi vagina, daun sirih juga memberikan wangi alami sehingga miss v bebas dari bau nggak sedap. Jadi, kamu bisa bebas beraktivitas dan nggak perlu takut lagi sama bau haid yang selama ini bikin nggak pede.

Pembalut Charm Herbal Ansept+ juga nyaman dan aman digunakan oleh siapa saja, termasuk remaja pada masa puber. Materialnya lembut dan bebas gas klorin sehingga bersahabat dengan kulit miss v yang supersensitif.

Pembalut Charm Herbal Ansept+ tersedia dalam varian wing 23 cm, wing 26 cm, dan non-wing 23 cm yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa dapatkan produk ini di toko terdekat dan tentunya dengan harga yang terjangkau!

manfaat daun sirih untuk vagina
daun sirih untuk vagina
kegunaan daun sirih untuk miss v
manfaat daun sirih untuk kewanitaan
Komentar (190)
A

An
Anonymous
Nice info
10 days ago
Balas
An
Anonymous
ok
12 hours ago
An
Anonymous
ok
9 days ago
Balas
Avatar Profile Image
Sofia Sofia
Siappp
9 days ago
Balas
An
Anonymous
ok kak
12 hours ago
floating-icon