Kembali

Girl's Life

Makanan Tidak Sehat Hambat Pertumbuhan, Mengapa Begitu?

Makanan Tidak Sehat Hambat Pertumbuhan, Mengapa Begitu?


Makan sekantong snack saat malam hari sembari ditemani drama korea favorit jadi combo yang menyenangkan ya Charm Girls, tak sadar baru separuh episode keripik kentang di tangan sudah kkamus, setelah itu di tangan sudah ada segelas besar minuman bersoda dan atau semangkuk es krim vanilla beserta krim kocok yang makin menggugah selera.

Kebiasaan makanan tidak sehat sering kita temui di kehidupan sehari-hari, contohnya saja dengan kebutuhan minum kopi kekinian agar pekerjaan dan aktivitas sehari-hari bisa berjalan dengan segar, lupa minum air putih dan sering makan junk food, sebenarnya kita sedang menabung hal-hal buruk loh Charm Girls di dalam tubuh. Mengapa makanan yang tidak sehat dapat menghambat pertumbuhan dan bisa jadi efek jangka panjang di kehidupan? Makanan sehat nyatanya bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang, rambut, dan kulit. 

Mengonsumsi makanan tidak sehat atau junk food dapat menyebabkan sejumlah masalah seperti diabetes dan obesitas, tetapi junk food juga dapat menghambat pertumbuhan. Junk food tidak memiliki nutrisi yang tepat yang dibutuhkan anak-anak untuk berkembang sepenuhnya.

Dalam kebanyakan kasus kekurangan protein dan seng dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan pertumbuhan. 

Kenapa manusia harus menghindari makanan tidak bergizi 

Guna penuhi nutrisi kamu seringkan mendengar kata-kata 4 sehat 5 Sempurna, sebenarnya apa sih itu? Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin di dalamnya, ini adalah salah satu bentuk dari gaya hidup sehat.

Gabungan 4 sehat dan 5 sempurna bisa juga disebut dengan nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh. Faktanya, ada enam kategori nutrisi tertentu, yang semuanya diperlukan untuk menopang kehidupan, yaitu karbohidrat, lemak, mineral, protein, vitamin, air

Mengapa ya kita harus hindari makanan yang tidak bergizi? Nutrisi penting untuk kesehatan dan perkembangan yang tepat. Berikut ini adalah berbagai alasan utama mengapa nutrisi dalam makanan kamu Charm Girls. 

Memberikan Energi

Karbohidrat, lemak, dan protein menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh kamu untuk melakukan semua reaksi biokimia yang terjadi sepanjang hari bahkan hingga malam. 

Struktur Tubuh

Mengapa makanan tidak sehat dapat menghambat pertumbuhan, pasalnya lemak, protein, dan mineral digunakan sebagai bahan mentah untuk membangun dan memelihara jaringan, organ, dan struktur lain seperti tulang dan gigi. 

Karbohidrat tidak ada dalam daftar ini, tetapi tubuh kamu dapat mengambil karbohidrat ekstra dan mengubahnya menjadi lemak, yang dapat disimpan dalam jaringan adiposa.

Mengatur fungsi tubuh

Nutrisi atau makanan 4 sehat 5 sempurna bisa membantu mengatur fungsi tubuh. Semua enam nutrisi yang terlibat dalam mengatur berbagai fungsi tubuh seperti berkeringat, suhu, metabolisme, tekanan darah, fungsi tiroid, dan banyak lainnya. 

Biasakan Makan 4 Sehat 5 Sempurna  

Hayo Charm Girls coba jujur berapa kali memutuskan untuk mulai makan sehat dengan kandungan 4 sehat 5 sempurna yang adalah kebutuhan.

Nah tahukah Charm Girls apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ketika kita makan sehat setiap hari dan mengapa mulai dari sekarang kita harus mempertimbangkan untuk mengubah pola pikir dari selalu berusaha menurunkan berat badan menjadi selalu ingin menjalani hidup yang bahagia dan memuaskan. 

Makanan 4 sehat 5 sempurna bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi kamu, apalagi selama menjalani masa remaja. Namun, kalau kamu mau lebih keren dan update lagi, sebetulnya ada anjuran baru oleh Kemenkes RI yang disebut Pedoman Gizi Seimbang.

Pedoman Gizi Seimbang menganjurkan konsumsi makanan sehat dan bergizi, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan pemantauan berat badan secara teratur. Lalu, dibuatlah tumpeng gizi seimbang sebagai penyempurna anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna.

Penasaran? Kapan-kapan kita bahas lebih lanjut yuk, Charm Girls! Sekarang, coba dulu buat pilah-pilih makanan yang lebih sehat buat dikonsumsi sehari-hari, ya!

Nah Charm Girls makanan 4 sehat 5 sempurna dapat membantu kamu buat memenuhi kebutuhan gizi kamu, apalagi selama menjalani masa remaja.

Bedanya tubuh saat makan bergizi dengan tidak 

Ketika Charm Girls fokus untuk makan makanan sehat dan seimbang secara teratur, tubuh mulai mendambakan makanan sehat yang kita konsumsi, tubuh bekerja secara optimal ketika diisi dengan makanan dan nutrisi yang menambah kesehatan.

Sebaliknya, jika tubuh dapat dilatih untuk mendambakan makanan yang lebih sehat, tubuh juga dapat dilatih untuk tidak terlalu menginginkan makanan yang tidak sehat seperti ayam goreng atau burger. Makan yang sehat juga akan membuat penampilan tubuh lebih baik, bukan hanya di dalam tetapi juga di luar.

Manfaat lainnya yang bisa didapat dari makan makanan yang sehat adalah energi yang stabil hingga kualitas tidur yang lebih baik. Memulai makan 4 Sehat 5 sempurna adalah cara terbaik jaga tubuh dan membantu pertumbuhan kita Charm Girls, ini juga jadi bentuk rasa cinta pada diri sendiri loh.

Baca Juga Disini:

Haid Gak Lancar Inilah Makanan Agar Haid Cepat Keluar

Buat Remaja Jangan Asal Diet Ini Jadwal Makan Untuk Kamu

5 Makanan Saat Haid Ini Baik untuk Menyeimbangkan Hormon

Mengapa Makanan Yang Tidak Sehat Dapat Menghambat Pertumbuhan
mengapa makanan tidak sehat dapat menghambat pertumbuhan
akibat dari pola makan yang salah adalah
akibat makan makanan tidak salah
Komentar (124)
A

Su
Suci
Thx
2 years ago
Balas
Su
Suci
Thx ilmunya
2 years ago
Balas
An
Anonymous
WOW
2 years ago
Balas
An
Anonymous
yess
2 years ago
An
Anonymous
okokok
2 years ago
An
Anonymous
sippp
2 years ago
floating-icon