Kembali

Girl's Life

Mendesak! Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Agar Kesehatan Terjaga!

Mendesak! Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Agar Kesehatan Terjaga!


Mempunyai kesadaran untuk menjaga kesehatan tubuh pastinya membawa banyak manfaat karena nggak mungkin tubuh kita terus dibiarkan bekerja tanpa diperhatikan kesehatannya. Kesehatan tubuh menjadi kunci utama agar kita bisa beraktivitas dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit.

Kamu bisa memiliki tubuh yang sehat dengan cara menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari zat yang membahayakan tubuh. Ketika tubuh dapat bekerja normal secara optimal dan sempurna, maka bisa dikatakan kalau tubuhmu sehat. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kesehatan tubuh, salah satunya mencukupi kebutuhan gizi. Nah, asupan gizi tersebut bisa diperoleh dengan mengikuti anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna.

Baca Juga: 3 Cara Gaya Hidup Perempuan Biar Kesehatan Makin Terjaga

Apa itu makanan 4 sehat 5 sempurna?

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin di dalamnya. Slogan ini sudah diterapkan sejak dulu karena diyakini sebagai salah satu bentuk dari gaya hidup sehat.

Kamu sudah tahu belum, makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari apa saja? Kalau belum, yuk, simak di sini.

1. Makanan pokok

Makanan pokok adalah makanan mengandung karbohidrat yang biasa kamu konsumsi sehari-hari, contohnya nasi. Kalau kurang suka nasi, kamu juga bisa makan makanan pokok lain kayak kentang, singkong, ubi, atau lainnya tergantung seleramu.

2. Lauk-pauk

Lauk-pauk adalah makanan pendamping makanan pokok dengan kandungan protein baik hewani mapupun nabati yang tinggi. Kandungan protein tersebut bermanfaat untuk membentuk energi, membangun jaringan, dan menjaga daya tahan tubuh.

Protein nabati bisa kamu temukan dalam tempe, tahu, kacang-kacangan, dan kedelai. Sementara itu, protein hewani banyak terkandung dalam ayam, daging merah, telur, dan ikan. 

3. Sayuran

Dalam makanan 4 sehat 5 sempurna, sayuran berperan sebagai penyumbang vitamin dan serat. Vitamin berfungsi menjaga sistem imun tubuh, sedangkan serat membantu memperlancar proses pencernaan. Sebelum memasak sayuran, jangan lupa cuci dulu sampai bersih, ya!

4. Buah-buahan

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga menyumbangkan serat dan beragam jenis vitamin untuk menjaga tubuh tetap sehat. Cara mengonsumsi buah-buahan segar ini nggak hanya dimakan langsung, loh. Kamu bisa mengolahnya juga menjadi jus, salad, dan lain-lain.

5. Susu

Susu adalah pelengkap komponen makanan 4 sehat 5 sempurna, tapi nggak wajib. Bahan pangan yang satu ini kaya akan kalsium yang bagus buat pertumbuhan tulang, juga lemak baik yang membantu pembentukan hormon dan penyerapan vitamin.

Baca Juga: Agar Menstruasi Tetap Sehat, Ini 5 Rekomendasi Olahraga di Rumah

Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna udah dikampanyekan sejak dulu. Jadi, sebetulnya udah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya mengonsumsi makanan bergizi buat kesehatan tubuh. 

Kamu nggak usah pusing mengukur porsi dan penyajiannya karena menu 4 sehat bisa dikombinasikan dengan banyak bahan makanan. Berikut beberapa olahan sederhana yang bisa melengkapi menu makanan 4 sehat 5 sempurna kamu.

1. Sayur bening

Mengolah sayuran menjadi sayur bening cukup gampang dan nggak ribet. Kamu bisa memasukkan bayam, wortel, jagung, dan aneka bahan lain. Sayur kuah yang sudah diolah ini pastinya mengandung zat besi, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh.

2. Tempe goreng dan tahu tumis

Ada banyak olahan untuk tempe dan tahu. Kamu bisa menggoreng tempe atau membuat olahan tahu tumis yang kemudian disajikan bersama nasi, serta tambahan makanan lain jika ingin. Sangat simpel, tapi tubuhmu tetap mendapatkan protein.

3. Jus buah dan salad buah

Buah-buahan adalah sumber vitamin yang beraneka ragam. Kalau bosan dengan buah segar dan jus, kamu bisa memotong beberapa jenis buah dan campurkan dalam satu wadah. Setelah itu, tambahkan yoghurt dan jadilah salad buah yang siap dikonsumsi.

4. Susu

Ngomongin makanan 4 sehat 5 sempurna tentu nggak lengkap tanpa susu. Kalau nasi, lauk, sayur, dan buah udah ada di atas meja, sekarang lengkapi dengan susu. Buat remaja yang lagi dalam masa pertumbuhan, sebaiknya pilih susu full cream, ya!

Makanan 4 sehat 5 sempurna bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi kamu, apalagi selama menjalani masa remaja. Namun, kalau kamu mau lebih keren dan update lagi, sebetulnya ada anjuran baru oleh Kemenkes RI yang disebut Pedoman Gizi Seimbang.

Pedoman Gizi Seimbang menganjurkan konsumsi makanan sehat dan bergizi, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan pemantauan berat badan secara teratur. Lalu, dibuatlah tumpeng gizi seimbang sebagai penyempurna anjuran makanan 4 sehat 5 sempurna.

Penasaran? Kapan-kapan kita bahas lebih lanjut yuk, Charm Girls! Sekarang, coba dulu buat pilah-pilih makanan yang lebih sehat buat dikonsumsi sehari-hari, ya!

charm
makanan 4 sehat 5 sempurna
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Okey Cha 👌🏻😁, Makasih usah dingatkan. Bener tuh makanan sehat emang penting untuk tubuh kita.
8 days ago
Balas