Kembali

Girl's Life

5 Makanan Saat Haid Ini Baik Untuk Menyeimbangkan Hormon

5 Makanan Saat Haid Ini Baik Untuk Menyeimbangkan Hormon


Charm Girls, menstruasi adalah saat terjadi saat lapisan dinding rahim atau endometrium dan sel telur yang tak dibuahi meluruh keluar dari vagina. Siklus ini biasanya berulang tiap bulan dan dibarengi dengan rasa nyeri.

Setiap perempuan akan mengalami masa menstruasi yang berbeda, ada yang lebih cepat atau lambat. Menstruasi bakal terus berlangsung bagi seorang perempuan hingga masuk ke masa menopause atau tidak lagi mengalami menstruasi. Jumlah darah yang keluar saat haid mencapai 20 sampai dengan 60 mililiter.

Rasa nyeri bisa dilawan dengan makanan  yang baik saat haid. Ada banyak makanan yang juga sebaiknya dihindari saat haid karena bakal memperparah rasa nyeri kamu? Simak yuk apa saja makanan saat haid yang dianjurkan!

Ada sejumlah makanan yang bisa bantu seimbangkan hormon yakni brokoli, teh hijau, minyak zaitun, alpukat, chia seeds, kacang-kacangan, hingga delima. Terus ada juga kedelai Organik, quinoa, minyak kelapa, kuning telur, asam lemak omega dari minyak ikan, anggur, coklat hitam, air putih dan juga apel organik.

1. Brokoli 

Si hijau ini punya kemampuan untuk meringankan rasa nyeri saat haid karena mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin A, C B6, dan E, lalu ada kalsium, kalium dan magnesium.

Sayuran brokoli juga punya sumber serat yang baik loh, bisa menjaga kadar estrogen di dalam tubuh dan membuat stabil sistem pencernaan. Menstruasi terkadang berpengaruh ke pencernaan.

2. Salmon 

Ikan salmon punya kandungan kalsium yang sama seperti brokoli. Ikan ini bisa redakan nyeri haid karena mengandung vitamin D yang penuhi kebutuhan harian tubuh yakni 100 IU. Salmon juga kaya dengan vitamin B6 yang mengurangi iritabilitas dan nyeri pada payudara. Pilihan lainnya adalah makarel atau sarden. Olah sesuai keinginan kamu, makanan yang lezat juga bisa bangkitkan mood yang turun saat nyeri haid menyerang.

3.  Yogurt rendah lemak 

Charm Girls bisa mengkonsumsi yogurt yang kaya dengan kalsium mampu penuhi 25 persen kebutuhan harian. Ambil secangkir yogurt dan campur dengan buah kesukaan kamu atau oatmeal pasti lezat.

4. Telur 

Telur ternyata pendukung nutrisi yang paling baik loh Charm Girls, coba tambahkan kuning telur pada sepiring nasi hangat atau roti bakar di pagi hari. Kandungan vitamin D, B6 dan E bisa bantu lawan reaksi PMS yang bikin kamu tidak nyaman. Tiga vitamin itu juga bisa kendalikan kimia pada otak yang memicu terjadinya rasa nyeri.

5. Pisang

Pisang punya kandungan vitamin B6 di dalamnya dan bisa meringankan rasa kembung perut. Kandungan potasium yang terlalu sedikit bisa memicu adanya kram otot loh Charm Girls. Satu buah pisang bisa gantikan kalium yang pergi saat olahraga. Tapi kalau kamu tidak suka pisang bisa menggantinya dengan jeruk.

Jadikan pisang sebagai teman sarapan, bisa dicampurkan dengan yogurt rendah lemak atau roti bakar kesukaan kamu. 

Pilihlah makanan yang baik untuk tubuh supaya saat menstruasi kamu tidak mengalami nyeri yang justru dapat mengganggu mood dan aktivitas harian. 

Itu adalah beberapa makanan yang bisa kurangi rasa nyeri saat haid yang terjadi tiap bulan. Jangan lupa untuk rajin olahraga, ganti pembalut tiap tiga jam, banyak minum air putih dan hindari minuman beralkohol, bersoda bahkan fast food ya Charm Girls.

Bila memang nyeri haid dirasa sudah tidak bisa ditoleransi atau terasa tidak biasa segera temui dokter untuk melakukan konsultasi.

Baca Juga Disini :

Hindari Makanan Ini Agar Miss V Tidak Berbau Saat Menstruasi

Jangan Minum Obat Ini Cara Menghilangkan Nyeri Haid Alami

Yuk Kenali Bahan Herbal Penghilang Bau Menstruasi

makanan saat haid
Komentar (4)
A

Avatar Profile Image
Zaynah Zaynaa
Pas banget telur makanan kesukaan aku Cha, ternyata kandungan vitamin dalam telur bisa mengendalikan kimia pada otak yang memicu terjadinya rasa nyeri.
19 days ago
Balas
DS
Denisa Saputri
setuju banget
4 days ago
Balas
KW
Kusma Wati
bener cha
4 days ago
Balas