Kembali

Girl's Life

Bahaya Bau Badan Pada Usia Remaja, Ternyata Disebabkan Oleh

Bahaya Bau Badan Pada Usia Remaja, Ternyata Disebabkan Oleh


Mengapa remaja mengalami masalah bau badan? Hal ini ternyata masih berkaitan dengan masa pubertas yang dialami remaja.

Ciri ciri pubertas pada remaja perempuan dan laki-laki memang ada banyak, bau badan salah satunya. Apakah kamu juga termasuk yang mengalami masalah bau badan ini, Charm Girls?

Tenang aja, bau badan pada remaja atau bromhidrosis ini sangat normal, kok. Namun, kamu enggak bisa membiarkannya begitu saja ya jika mengalaminya. 

Walaupun terkesan sepele, tapi bisa sangat mengganggu keseharian kita. Jadi, cukup penting nih untuk tahu bau badan pada usia remaja disebabkan oleh apa.

Belum lagi kalau teman-teman sekolah sudah mulai menyadari kalau kita bau badan. Duh, mimpi buruk banget, deh! Jangan sampai kita di-bully gara-gara ini!

Penyebab bau badan

Ada banyak sekali penyebab bau badan pada anak. Untuk bisa mengatasinya, kamu harus tahu dulu nih, apa penyebabnya sehingga penanganan yang dilakukan juga tepat.

1. Perubahan hormon

Nggak jauh-jauh, bau badan remaja juga masih berkaitan sama masa pubertas yang sedang kita alami. Sekarang pertanyaannya, kenapa banyak perubahan dalam tubuh kita setelah masa pubertas? Ya tentu saja karena adanya perubahan hormon.

Yap, perubahan hormon yang terjadi pada tubuh remaja bisa menyebabkan kelenjar keringat jadi lebih aktif. Jika sudah begitu, area tubuh seperti ketiak dan kulit kepala cenderung menghasilkan keringat yang berlemak.

Keringat berminyak inilah yang jadi biang keroknya, dengan menarik bakteri untuk berkembang biak di area-area tertentu tubuh kita. Bakteri ini yang kemudian membuat bau tubuh remaja jadi tidak sedap.

2. Badan yang kotor

Ngaku deh, pasti kamu sering merasa malas untuk mandi setelah beraktivitas. Kadang-kadang, kalau bisa hanya mandi sekali sehari, ya mandi sekali sehari aja deh. Belum lagi kalau pulang ke rumah, capek, dan malas ganti baju lalu langsung tidur. Duh, itu sarang bakteri banget!

Bau badan selama masa pubertas disebabkan oleh keringat dan badan yang tidak higienis, Charm Girls. Jadi, sebaiknya lebih rajin mandi dari sebelumnya, ya. Usahakan untuk mandi setiap pulang dari luar.

Selanjutnya, usahakan juga untuk mengganti pakaian dengan sewajarnya. Pakaian yang sudah dipakai seharian pasti penuh dengan keringat kita dan jadi sarang bakteri. 

Jangan kenakan pakaian itu lagi karena bisa membuat bau badan jadi makin menyengat. Lagipula, mengenakan pakaian bersih pastinya lebih nyaman, kan?

3. Masalah kesehatan

Selain kedua sebab di atas, ada juga kemungkinan kalau kamu mengalami beberapa masalah kesehatan, nih. Ada beberapa masalah kesehatan pada remaja yang bisa menyebabkan bau tidak sedap pada tubuhnya. Misalnya, gangguan ginjal, jantung, hati, dan bahkan penyakit diabetes. 

Jika jumlah keringat berlebih sudah melewati batas wajar atau hyperhidrosis, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter, ya!

Cara mengatasi bau badan

Sudah tahu penyebabnya? Lantas, apa yang harus dilakukan remaja untuk mengatasi masalah bau badan? Cara menghilangkan bau badan secara alami cukup mudah dilakukan, kok. Simak beberapa cara menghilangkan bau badan remaja berikut ini ya, Charm Girls!

1. Jaga ketiak tetap bersih

Coba gunakan sabun antibakteri untuk bau badan, fungsinya adalah untuk mencegah keringat berlebih. Bersihkan tubuh dan area lipatan kulit secara seksama dengan sabun antibakteri tersebut. Pastikan juga sabun itu cocok untuk jenis kulitmu.

2. Gunakan deodoran

Cara paling mudah mengatasi bau badan pada anak adalah dengan menggunakan deodoran. Gunakan deodoran yang memiliki kandungan antiperspiran setiap habis mandi untuk mencegah keringat berlebih. Gunakan secara merata di kedua ketiak, ya.

3. Rajin mandi 

Selain menggunakan deodoran, pastikan juga kalau kamu rajin mandi! Beneran deh, menjaga kebersihan badan yang paling dasar ya dengan rajin mandi sehari 2 kali. 

Kamu juga bisa mandi lagi setelah melakukan aktivitas berat yang mengeluarkan banyak keringat, misalnya setelah ekskul olahraga. Rajin mandi bisa membasuh keringat berlebih dan mengurangi bakteri pada kulit. 

Setelah mandi, pastikan juga untuk mengeringkan badan sampai benar-benar kering, ya. Pastikan area kulit yang rawan berkeringat sudah kering dengan sempurna sebelum mengenakan deodoran dan pakaian. Pasalnya, bakteri cenderung lebih mudah berkembang di kulit yang basah.

4. Pakaian menyerap keringat

Keringat adalah biang kerok bau badan. Makanya, penting buat kamu untuk mengenakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Gunakan pakaian yang terbuat dari serat alami, misalnya katun, agar bisa lebih baik dalam menyerap keringat.

5. Hindari makanan penyebab bau badan

Makanan juga bisa jadi penyebab bau badan, lho. Beberapa makanan penyebab bau badan adalah makanan pedas dan berminyak karena bisa menyebabkan suhu tubuh meningkat, dan lebih mudah berkeringat.

Perlu kah ke dokter?

Nah, seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika keringat tubuhmu dirasa sudah melewati batas wajar, ada baiknya kamu langsung berkonsultasi ke dokter untuk memastikan tak ada masalah kesehatan yang lebih serius. 

Apalagi jika kamu sudah melakukan semua cara menghilangkan bau ketiak permanen di atas, tapi masalahmu masih belum teratasi juga.

Perhatikan juga ketika keringat mendadak jadi lebih banyak dibanding biasanya dan mulai mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Lalu, di malam hari pun kamu tetap berkeringat tapi enggak tahu apa sebabnya. 

Sekarang sudah tahu kan, bau badan pada usia remaja disebabkan oleh apa? Langsung lakukan cara-cara di atas untuk mengatasi bau badan selama masa pubertas disebabkan oleh keringat dan faktor lainnya biar enggak mengganggu kehidupan sehari-hari kita lagi.

Sebagai remaja yang padat aktivitasnya, enggak hanya keringat berlebih aja yang perlu dikhawatirkan. Namun juga memilih pembalut yang enggak hanya bisa menyerap banyak saat masa menstruasi, tapi juga nyaman digunakan.

Kamu mungkin bisa mencoba pembalut Charm Cooling Fresh dengan ekstrak daun mint yang segar dan bisa mengurangi gerah serta lembab. Tenang aja, pori serap extra-nya juga bisa mencegah bocor meski sedang banyak-banyaknya. 

Tebalnya juga pas banget, jadi enggak akan terasa mengganjal. Dengan sensasi dingin menyegarkan, kamu bisa tetap percaya diri jalani harimu yang padat akan aktivitas, Charm Girls. Tetap segar meski berkeringat!

bau badan pada usia remaja disebabkan oleh
Mengapa Remaja mengalami masalah bau badan
Bau badan selama masa pubertas disebabkan oleh keringat dan
bau badan pada anak
Komentar (79)
A

Su
Suci
Makasih
6 months ago
Balas
Su
Suci
Makasih
6 months ago
Balas
Su
Suci
Makasih
6 months ago
Balas
floating-icon