Kembali

Tentang Menstruasi

Haid Gak Lancar? Inilah Makanan Agar Haid Cepat Keluar

Haid Gak Lancar? Inilah Makanan Agar Haid Cepat Keluar


Seorang perempuan biasanya akan haid kembali sekitar 21–35 hari setelah haid yang terakhir selesai. Kadang-kadang, haid memang datang terlambat sehingga bikin banyak remaja takut ada masalah pada tubuhnya. Namun, haid yang nggak lancar sebetulnya masih tergolong wajar dan nggak perlu kamu khawatirkan, kok.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti perubahan hormon, stres, dan pola makan. Nah, kira-kira kamu tahu nggak nih, kalau ada beberapa makanan agar haid cepat keluar. Simak Yuk!

Berbagai makanan agar haid cepat keluar

Haid yang nggak lancar bisa menghalangi kamu dari momen-momen khusus, misalnya berlibur atau melakukan kegiatan ibadah. Melakukan aktivitas tentu jadi nggak nyaman karena rasa nyeri atau kekhawatiran yang kamu rasakan.

Ternyata, ada beberapa makanan yang diyakini bisa merangsang hormon-hormon haid seperti estrogen dan progesteron. Dengan begitu, momen khusus yang kamu nantikan nggak akan terganggu.

Tapi, perlu diingat, Charm Girls, berbagai makanan ini hanya membantu mempercepat haidmu, bukan mendatangkannya secara langsung.

1. Sumber vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C diduga bisa mempercepat datangnya haid. Ini lantaran vitamin C dapat merangsang produksi estrogen, hormon seksual perempuan yang membantu menebalkan dinding rahim menjelang menstruasi.

Kamu bisa temukan vitamin C dalam buah-buahan, seperti mangga, jeruk, lemon, dan kiwi. Kalau kamu nggak suka mengonsumsi buah-buahan secara langsung, kamu pun bisa mengolahnya menjadi jus, smoothie, atau bentuk lainnya.

2. Nanas 

Buah nanas kaya akan enzim yang disebut bromelain. Enzim tersebut dipercaya bisa meningkatkan produksi estrogen dan hormon lain dalam tubuh. Jadi, haid yang tadinya nggak lancar bisa segera teratasi.

Selain itu, buah nanas juga mempunyai sifat uterotonik yang akan membuat otot rahim berkontraksi setelah kamu mengonsumsinya. Berkat efek uterotonik ini, dinding rahim akan luruh dan datanglah menstruasi.

3. Jahe

Dengan mengonsumsi jahe secara rutin, produksi hormon estrogen di dalam tubuhmu akan seimbang dan aliran darah menjadi teratur. Inilah kenapa banyak banget orang mengonsumsi makanan herbal yang satu ini agar haid cepat keluar.

Jahe telah digunakan sejak dulu karena khasiatnya untuk tubuh. Biasanya, orang akan mengolah jahe menjadi jamu atau minuman lain. Nah, kamu juga bisa mencobanya dengan menambahkan madu jika ingin.

4. Kunyit

Sama seperti jahe, khasiat kunyit juga sudah diakui sejak dulu. Kunyit bisa membantu perempuan yang ingin mempercepat haid mereka. Hal ini karena senyawa bioaktif pada kunyit bisa memperlancar aliran darah di sekitar rahim.

Cara mengonsumsinya juga gampang, lo, Charm Girls! Cukup rebus kunyit bersama air panas, lalu minum. Kamu juga bisa menambahkan susu jika ingin. Lakukan secara rutin supaya haidmu jadi kembali lancar.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan andalan banyak orang agar haid lebih cepat keluar. Pasalnya, kandungan serat dan protein pada kacang-kacangan yang biasa kita konsumsi dipercaya bisa merangsang proses terjadinya menstruasi.

Beberapa contoh kacang yang paling baik buat dikonsumsi yaitu almon, kenari, dan kacang hijau. Selain membantu mempercepat haid, kacang hijau juga dipercaya bisa mengurangi nyeri haid. Bahan ini bisa diolah jadi beragam makanan, seperti bubur.

6. Gula merah

Ternyata, makanan yang satu ini juga bisa membantu agar haidmu cepat keluar, lo. Hal ini berkat kandungan 11 miligram zat besi dalam gula merah. Zat besi akan membantu menghindarkan kamu dari anemia alias kurang darah.

Ketika aliran darah dalam tubuh berjalan dengan baik, haid pun akan lebih cepat keluar. Namun, jangan mengonsumsi gula merah secara berlebihan, ya! Tetap imbangi dengan bahan makanan lainnya yang kaya serat, protein, dan lemak sehat.

7. Peterseli

Peterseli adalah tanaman herbal berwarna hijau yang kaya akan zat besi. Di dalam peterseli, banyak terkandung vitamin C dan senyawa apiol. Kedua bahan tersebut bisa merangsang otot rahim agar berkontraksi sehingga lebih cepat luruh.

Tanaman herbal ini juga bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat haid. Namun, konsumsi peterseli secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Maka dari itu, cukup jadikan peterseli bahan tambahan dalam masakanmu.

Jika kamu memiliki permasalahan haid nggak lancar, cobalah berbagai makanan di atas sebagai salah satu cara cepat haid. Makanan-makanan tersebut mengandung zat gizi dan senyawa aktif yang bisa membantu memperlancar siklus menstruasi yang kurang teratur.

Baca Juga Disini:

Proses Menstruasi Tidak Teratur Akibat PCOS Apakah Masih Bisa Hamil

Boleh Minum Es Kopi Ketika Masa Menstruasi

5 Makanan Saat Haid Ini Baik untuk Menyeimbangkan Hormon

makanan agar cepat haid
makanan agar cepat mens
makanan agar cepat menstruasi
makanan agar cepat haid keluar
makanan agar menstruasi cepat keluar
Komentar (290)
A

Avatar Profile Image
Linar Linarsyah Anggareini
yang sering didengar sih nanas
7 months ago
Balas
er
errsatya
Oj
7 months ago
Balas
An
Anonymous
Okey Cha, aku akan coba berbagai makanan yg disebutkan di artikel tadi, supaya haid nya gak sering telat. 👌🏻😁
7 months ago
Balas
floating-icon