Kembali

Girl's Life

Benarkah Payudara Gatal Pertanda Haid atau Hamil

Benarkah Payudara Gatal Pertanda Haid atau Hamil


Ada banyak sekali tanda tanda menstruasi yang bisa dialami seseorang. Saking banyaknya, tak jarang gejala-gejala tersebut juga terjadi pada orang yang sedang dalam masa PMS sehingga sulit dibedakan.

Salah satu gejala yang sering dikaitkan dengan masa menstruasi atau kehamilan adalah payudara gatal. Pernahkah Charm Girls mengalaminya?

Payudara gatal memang cukup umum terjadi, sebabnya ada banyak. Bahkan sebenarnya, tidak selalu payudara gatal pertanda haid atau hamil, lho. Hal itu bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk juga hormon yang ada pada wanita yang sedang haid atau hamil.

Penyebab Payudara Gatal

Tentunya jika dialami terus menerus kondisi ini bisa sangat mengganggu kegiatan sehari-hari, ya. Sebelum tahu cara menanganinya, kamu harus tahu dulu pertanda apa jika payudara terasa gatal. Berikut beberapa penyebab payudara gatal yang umum terjadi.

1. Hormon haid

Tak cukup hanya mengalami menstruasi tiap bulan, tapi kita juga harus mengalami berbagai gejala lainnya. Nah, payudara gatal ini salah satunya.

Puting gatal bisa terjadi karena adanya perubahan hormon menjelang atau selama haid. Perubahan hormon itulah yang menyebabkan kulit kita jadi lebih sensitif dan cenderung mudah gatal. Jadi, payudara enggak hanya jadi sakit saja, tapi juga ekstra gatal!

Biasanya, rasa gatal pada puting payudara cenderung sering dialami seminggu menjelang hingga saat menstruasi. 

2. Kehamilan

Mungkin kamu sering bertanya-tanya, jika payudara terasa gatal apakah tanda hamil? Ternyata, itu bisa jadi jawabannya, Charm Girls. Ini jadi salah satu tanda-tanda hamil yang jarang diketahui, loh.

Pada masa kehamilan, hormon di dalam tubuh wanita meningkat. Peningkatan hormon ini bisa menyebabkan berbagai hal, salah satunya adalah bertambahnya ukuran payudara. 

Karena payudara bertambah besar, kulitnya pun meregang. Peregangan kulit ini menyebabkan munculnya stretch mark yang kemudian membuat kulit jadi gatal dan tak jarang juga jadi kering serta mengelupas. 

3. Menyusui

Biasanya, orang cenderung menebak payudara gatal pertanda hamil atau haid saja. Namun, penyebabnya tidak terbatas pada dua hal itu saja, loh. Ternyata, setelah melahirkan pun kita masih bisa mengalami payudara gatal. Jangan khawatir, payudara terasa gatal pada ibu menyusui itu sangat normal, kok.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat puting gatal saat menyusui. Misalnya, masalah perlekatan bayi, sisa ASI yang menyisa pada puting dan tidak dibersihkan, sumbatan saluran ASI, dan juga mastitis.

4. Kulit kering

Sama seperti kulit tubuh pada bagian lain, kulit pada payudara juga bisa mengalami kulit kering. Jika kulit sudah kering, maka akan terasa gatal. Waspada jika cuaca sedang kering dan dingin karena bisa menyebabkan kulit kering dan kekurangan cairan. Alhasil, payudara pun jadi gatal.

5. Gesekan pada pakaian

Masih bingung pertanda apa jika payudara terasa gatal? Mungkin hal itu disebabkan oleh gesekan pada pakaian. Biasanya, hal ini terjadi karena pakaian atau bra yang dipakai terlalu ketat atau bahannya terlalu kasar. Kain pada pakaian memang diketahui bisa menyebabkan reaksi alergi (contact dermatitis).

Makanya, penting juga agar kamu mengenakan jenis dan ukuran bra yang tepat, nih. Bra yang terlalu ketat, tidak menopang payudara dengan baik, atau bahannya kurang baik, sangat bisa menyebabkan iritasi.

6. Reaksi alergi

Selain itu, jika deterjen yang digunakan tidak cocok atau tidak bersih dicuci dan masih menyisa pada baju, itu juga bisa jadi penyebab puting gatal, Charm Girls. Itu semua bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit payudaramu.

7. Stress

Ternyata, stress berlebihan juga bisa menyebabkan munculnya rasa gatal pada payudara bagi sebagian orang, lho. Apalagi jika kita secara tak sadar akan menggaruk bagian kulit yang gatal tersebut, alhasil malah menyebabkan iritasi yang berlebihan. Makin bahaya, deh!

8. Kanker payudara

Nah, ini sih memang agak menakutkan. Kanker payudara adalah salah satu penyakit berbahaya. Ada banyak gejala yang bisa terjadi, salah satunya ya rasa gatal dan nyeri pada payudara. Namun, hal itu tidak selalu jadi penyebabnya ya.

Lantas, bagaimana dengan nyeri payudara? Apakah nyeri payudara tanda hamil atau haid juga?

Yap, benar sekali. Bisa jadi puting sakit tanda hamil atau haid, Charm Girls. Biasanya, payudara akan terasa sakit sekitar 1 minggu sebelum haid, dan rasa sakitnya pun tidak sesakit ketika kita hamil. Semuanya sama-sama disebabkan perubahan hormon yang terjadi ketika akan haid dan juga hamil.

Cara Mengatasi Rasa Gatal pada Payudara

Mengatasi rasa gatal pada puting payudara tergantung dari penyebabnya. Jika gatal disebabkan iritasi, maka sebisa mungkin hindari penyebab iritasi tersebut. Misalnya, ganti baju dengan bahan yang lebih enak, pastikan deterjen sudah dicuci bersih, atau kulit tidak kering lagi.

Kamu bisa juga menggunakan petroleum jelly dan mengoleskannya pada kulit payudara untuk mencegah iritasi berlanjut akibat gesekan dengan pakaian.

Bagi ibu hamil juga bisa menggunakan pelembab lain seperti nipple cream untuk menjaga kulit tidak kering. Hal ini juga bisa dilakukan oleh kamu yang mengalami gejala ini menjelang atau saat menstruasi. Gunakan pelembab bebas alkohol atau pun bahan kimia lain di area payudara.

Selain itu, ibu hamil juga bisa menggunakan deterjen khusus yang lembut, serta memastikan ukuran bra sudah sesuai. Gunakan bra yang lebih besar dari biasanya agar tetap nyaman. Lakukan hal ini untuk mengatasi gejala puting gatal tanda hamil atau haid.

Memang payudara gatal pertanda haid atau hamil. Namun, tidak selalu keduanya. Jadi, ketahui dulu apa masalahnya, baru deh kamu bisa mengatasinya. Jika rasa gatal dirasa sudah terlalu parah, lebih baik kunjungi dokter ya untuk diperiksa lebih lanjut agar tidak bingung lagi payudara gatal pertanda apakah. 

Selain mengatasi gejalanya, sebagai cewek aktif, tentunya Charm Girls juga harus siap mengatasi masalah menstruasi lainnya. Kamu bisa coba menggunakan produk Charm Sleep Protect+ Panties, pembalut celana dari Charm khusus untuk malam hari.

Menjadikan pembalut dan celana jadi satu, semakin cegah bocor di malam hari. Kita sudah dibuat bete seharian dengan payudara yang gatal dan sakit akibat menstruasi, masa di malam hari kita enggak bisa tidur nyenyak juga?

Enggak perlu khawatir bangun tengah malam untuk ganti pembalut. Dengan pembalut celana yang sama sekali enggak tebal ini, bisa cegah bocor dengan perlindungan penuh dari segala sisi. Bahannya lentur mengikuti lekuk tubuh dan selembut kain, enggak bikin iritasi!

Baca Juga Disini:

Alat Reproduksi Wanita Yuk Kenali Apa Fungsi Endometrium

Peran Penting Tuba Fallopi Bagi Perempuan Apa sih Fungsinya 

Begini Proses Fertilasasi Tempat Terjadinya Pembuahan

payudara gatal pertanda haid atau hamil
Puting sakit tanda hamil atau haid
Nyeri payudara tanda hamil atau haid
Komentar (68)
A

Su
Suci
Makasih ilmunya
6 months ago
Balas
Su
Suci
Thx
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Keren banget
6 months ago
Balas
floating-icon