Kembali

Girl's Life

Alat Reproduksi Wanita: Yuk Kenali Apa Fungsi Endometrium

Alat Reproduksi Wanita: Yuk Kenali Apa Fungsi Endometrium


Charm Girls struktur dan organ reproduksi wanita itu punya peran penting dalam proses reproduksi antara lain adalah meliputi fungsi menstruasi, proses pembuahan sel telur oleh sperma atau konsepsi, kehamilan hingga melahirkan atau persalinan. 

Salah satu fungsi yang penting adalah fungsi endometrium, namun sebelum membahasnya perlu kamu ketahui Charm Girls bahwa organ reproduksi wanita dibagi jadi dua, yakni yang ada dibagian dalam dan di luar tubuh.

Alat Reproduksi Wanita: Yuk Kenali Apa Fungsi Endometrium
Alat Reproduksi Wanita: Kenali Apa Fungsi Dari Endometrium

Organ reproduksi wanita bagian luar disebut vulva atau yang biasa dikenal bahkan disebut dengan vagina, namun penyebutan yang tepat adalah vulva. Bagian luar inilah yang kamu bersihkan usai buang air kecil. 

Sistemnya juga terdiri dari sejumlah struktur mulai dari Labia mayora yakni lipatan kulit yang menutup dan melindungi organ-organ reproduksi wanita. Labia mayora adalah bagian bibir vagina yang lebih besar. Selain itu ada labia minora yang merupakan lipatan bibir vagina kecil, fungsinya melindungi alat reproduksi internal. Kulit labia minora sangatlah tipis dan rentan iritasi.

Selanjutnya adalah klitoris yakni pertemuan kedua labia minora yang membentuk benjolan kecil dan mirip seperti penis laki-laki namun berukuran kecil, punya banyak saraf yang bisa tegang saat terima rangsangan. Kemudian ada juga kelenjar bartholin yang ada di bukaan vagina, fungsinya adalah penghasil lendir guna melumasi vagina saat ada rangsangan.

Sedangkan bagian dalam organ reproduksi wanita banyak punya peran saat menstruasi lebih banyak melibatkan organ reproduksi wanita bagian dalam. Pertama adalah vagina yang merupakan saluran panjang dari bukaan vagina hingga rahim, di dalamnya ada selaput tipis yang disebut hymen atau selaput dara.  Kemudian ada uterus atau rahim yakni alat reproduksi wanita yang berbentuk seperti buah pir, jelang menstruasi fungsi dinding rahim menebal jika terjadi pembuahan, dinding rahim yang tadinya tebal akan luruh dan akhirnya keluar darah. 

Kemudian ada ovarium (indung telur) yakni dua kelenjar berbentuk oval yang terletak di kanan dan kiri rahim, fungsinya menghasilkan sel telur (ovum) dan berbagai hormon penting dalam siklus menstruasi (estrogen dan progesteron). Terakhir adalah tuba falopi yang berbentuk saluran yang menghubungkan kedua ovarium. 

Apa yang dimaksud dengan endometrium 

Nah ternyata ada hal yang perlu juga diketahui dari alat reproduksi wanita, yakni endometrium yang jadi satu bagian penting juga dalam sistem reproduksi wanita loh. Apa yang dimaksud dengan endometrium? ini dia penjelasannya.

Endometrium adalah salah satu bintang utama dari sistem reproduksi wanita, bagian ini memiliki peran kunci selama siklus menstruasi serta selama kehamilan. Jaringannya tersusun jadi lapisan dinding rahim dari luar hingga dalam. Kelainan endometrium dapat menyebabkan masalah seperti endometriosis, hiperplasia, dan kanker. 

Fungsi endometrium

Endometrium sebagian besar terdiri dari jaringan mukosa dan punya dua lapisan.  Lapisan pertama endometrium sebagai bagian dari alat reproduksi wanita adalah stratum basalis, menempel pada lapisan jaringan otot polos rahim yang disebut miometrium. Lapisan ini berfungsi sebagai jangkar untuk endometrium di dalam rahim dan relatif tidak berubah.

Sedangkan lapisan kedua bersifat dinamis yang berubah pada respons fluks hormon bulanan yang memandu siklus menstruasi atau disebut sebagai stratum fungsionalis.

Endometrium adalah jaringan tempat terjadinya implantasi yang merupakan proses saat sel telur dibuahi sperma kemudian menempel ke dinding rahim sebagai proses penanda terjadinya awal kehamilan, yang pada masa ini kelenjar dan pembuluh darah pada endometrium memberikan nutrisi serta zat berguna pada janin. Endometrium bersama dengan lapisan luar embrio akan membentuk plasenta.

Cara menjaga endometrium tetap baik

Sebagian besar waktu, pasang surut lapisan endometrium sebagai alat reproduksi wanita cukup dapat diprediksi. Namun ada hal yang perlu diperhatikan dari kelainan lapisan endometrium agar tetap baik.

Endometriosis adalah kondisi saat jaringan endometrium tumbuh tak seharusnya yakni di luar rahim dan biasa melibatkan ovarium, saluran tuba, atau jaringan yang melapisi panggul.

Meski berada di luar rahim, jaringan ini akan terus tumbuh dan kemudian pecah saat menstruasi. Masalahnya karena dipindahkan, darah dan jaringan tidak punya tempat untuk keluar dari tubuh dan menjadi terperangkap.

Kondisi ini bisa sebabkan masalah kondisi kesuburan, maka dari itu jaga kesehatan dan rawat diri. Endometriosis bisa diatasi dengan obat, terapi hormon hingga operasi. Jika endometrium sehat maka akan sangat berpengaruh pada kesuburan.

Gaya hidup yang sehat akan membuat wanita terhindar dari kelainan endometrium, jangan lupa juga untuk tetap mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga teratur. Kelainan yang bisa timbul dari endometrium lainnya adalah Endometrium hiperplasia yakni kondisi lapisan endometrium yang mengalami penebalan berlebih karena ketidakseimbangan hormon yang berupa kelebihan hormon estrogen. Serta ada juga  kanker endometrium atau yang biasa disebut awam sebagai kanker rahim. 

Ciri makanan dan minuman yang tinggi serat dan mengandung vitamin D, kaya akan asam lemak omega-3 dan antioksidan jadi pilihan untuk jaga endometrium tetap sehat. Hindari makanan yang mengandung lemak trans tinggi, daging merah, makanan dengan gluten, alkohol bahkan kafein.

Baca Juga Disini:

Inilah Penyebab dan Gejala Kista Ovarium yang Harus Kamu Tau

Ini Akibatnya Kalau Kamu Tidak Menjaga Kesehatan Miss V Saat Haid

Apa Sih yang Menyebabkan Infeksi Jamur Pada Dinding Vagina

apa yang dimaksud dengan endometrium
fungsi dinding rahim
fungsi penebalan dinding rahim
apa fungsi dari dinding rahim
fungsi dinding rahim pada alat reproduksi wanita
Komentar (160)
A

Avatar Profile Image
Ulpa maya
Sangat bermanfaat
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Jainah
Makin tau banyak tentang endometrium dan menjaganya dengan baik
7 months ago
Balas
An
Anonymous
Bermanfaat
7 months ago
Balas
floating-icon