Kembali

My Growing Up Body

Ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang!
Ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang!


Selamat datang cewek-cewek menuju pubertas! 

Ih, nggak kerasa banget waktu berjalan! Charm Girls lihat dirimu, mungkin kamu bisa menyadari perubahan fisik yang terjadi pada tubuhmu dan tanda-tanda menstruasi pertama akan segera datang. Mulai dari jerawat pada wajah, payudara mulai membesar, tumbuh bulu di area organ seksual dan ketiak, serta pinggul membesar sementara pinggang mengecil. Semua anak cewek akan merasakan itu walaupun dengan cara yang berbeda-beda.

Namun, ada satu yang pasti dialami oleh anak cewek, yaitu tanda-tanda menstruasi pertama yang akan menjadi bukti kalo kamu udah menjadi seorang dewasa! Soalnya setelah mendapatkan masa menstruasi, kamu bisa jadi seorang ibu dan punya anak!

Baca Juga : Waktu menstruasi pertama, kok bisa pakaian dalam warnanya pudar?

Lihat lebih dekat, deh… Masa menstruasi pada umumnya tidak terjadi secara tiba-tiba. Ada tanda tanda haid anak perempuan yang bakal kamu alami~
Normalnya sih menstruasi pertama terjadi pada usia 10-15 tahun. Namun, pada beberapa kondisi, haid pertama juga bisa terjadi lebih awal, ya pas usia 9 tahun. Kalo menstruasi pertama datang terlambat, bisa usia 16 tahun atau lebih. Ayok dicek apakah kamu punya salah satunya, Charm Girls!

Ayok dicek apakah kamu punya salah satunya, Charm Girls!

1. Perubahan Fisik
Menjelang menstruasi pertama kamu akan mengalami perubahan fisik. Kamu akan beranjak dewasa, yang ditandai dengan tumbuhnya payudara, adanya rambut di ketiakmu, dan tumbuhnya rambut kemaluan. Kamu bisa mulai memperhatikannya ya Charm Girls sebagai tanda kamu akan mulai menstruasi.

2. Keputihan 
Anak cewek biasanya mengalami keputihan sebagai tanda-tanda akan mengalami haid pertama. Nah, sebelum ovulasi akan banyak lendir berwarna putih tanpa bau. Keputihan itu normal kok! Maka dari itu keputihan akan terlihat berair dan elastis.

Ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang!
Mengalami Keputihan

Kaya proses persiapan, setelah keputihan terjadi, itu tandanya sistem reproduksi kamu sudah benar-benar matang. Harusnya sih, beberapa hari kemudian haid pertama atau menarche akan muncul, Charm Girls~

3. Perubahan emosi
Apakah kamu ngerasa tegang dan lebih emosional? Pernah nggak kamu jadi lebih mudah marah atau cengeng tanpa alasan?

Ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang!
Adanya Perubahan Emosi

Nah, menjelang pubertas kamu bisa mengalami perubahan emosi, seperti saat perhatiin lawan jenis, atau mulai sensitif saat ada seseorang yang ingin memegang area kewanitaanmu. Itu karena adanya perubahan suasana hati yang disebabkan oleh perubahan hormonal dalam tubuhmu. Kamu jadi lebih mudah tersinggung, bersemangat dan terlalu emosional.

Baca Juga : Posisi tidur pewe pas lagi menstruasi hari pertama

4. Terdapat Flek di Celana Dalam 
Flek? Flek yang ada di wajah? Hahaha, tentu bukan, Charm Girls. Flek adalah darah berwarna kecokelatan umumnya muncul, tapi jumlahnya dikit banget! Cuma seperti bercak aja.

Ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang!
Flek Coklat di Celana Dalam

Tapi, semakin lama, warna darah ini akan berubah menjadi merah dan jumlahnya bertambah banyak pada hari-hari berikutnya… Dan, tara! Fix kamu sudah mengalami menstruasi pertama!

Flek coklat ini bisa jadi tanda-tanda akan mengalami haid pertama padamu dan waktunya shopping pembalut Charm, deh!

5. Ngidam Makanan
Unik sih, tapi ternyata ngidam atau BM pada suatu makanan tertentu nggak cuma buat ibu-ibu hamil, Charm Girls; tetapi juga saat menjelang menstruasi pertama. Karena tubuh kita juga membutuhkan nutrisi karena akan menstruasi pertama, jadi banyak cewek akan merasa sangat ingin makan sesuatu serta mengalami lonjakan nafsu makan yang tidak biasa.

Ini tanda-tanda menstruasi pertama akan datang!
Ingin Makanan Tertentu

Eh, jangan lupa tetap makan makanan yang sehat, ya Charm Girls!

6. Gampang capek
Aktivitas Charm Girls memang padat namun salah satu tanda-tanda menstruasi pertama juga membuat tubuhmu cepat lelah dan jadi mager. Biasanya, kelelahan yang terjadi akan disertai dengan susah tidur, Charm Girls.

Oh ya, selain penjelasan di atas berikut ini beberapa faktor yang bisa mempengaruhi menstruasi pertamamu. Seperti faktor lingkungan dan sosial seperti:
1. Berat tubuh berlebih dan kurang melakukan olahraga 
2. Stres, karena pergaulan atau dari lingkungan sekolah 
3. Anak perempuan yang tepapar rokok 
4. Asupan makanan yang berlemak dan instan!

Stay tuned terus di Charm Girl’s Talk untuk informasi menarik lainnya!

Komentar (0)
A