Kembali

Tentang Menstruasi

Gimana Sih Cara Mengatasi Nyeri Haid Saat di Sekolah?

Gimana Sih Cara Mengatasi Nyeri Haid Saat di Sekolah?


Fase haid pada remaja

Masa-masa remaja apalagi saat pubertas pasti Charm Girls lalui dengan haid, walaupun datang dalam waktu yang berbeda-beda. haid terjadi pada saat lapisan dinding rahim atau endometrium dan sel telur yang tak dibuahi meluruh keluar dari vagina. 

Masa haid dialami perempuan yang sudah melewati masa pubertas dan melalui berbagai fase di dalam organ reproduksi. haid sendiri adalah siklus bulanan yang terjadi pada perempuan, hal ini ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. 

Nah ini Charm Girls, tak jarang haid membuat nyeri apalagi saat beraktivitas di luar seperti di sekolah, lalu muncul pertanyaan bagaimana ya cara mengatasi nyeri haid saat di sekolah.

Tiap remaja perempuan akan mengalami masa haid yang berbeda, ada yang lebih cepat atau lambat serta berlangsung bagi seorang perempuan hingga masuk ke masa menopause atau tidak lagi mengalami haid. Jumlah darah yang keluar saat haid mencapai 20 sampai dengan 60 mililiter.

Penyebab nyeri haid

Luruhnya dinding rahim saat haid memicu adanya kontraksi sehingga menekan pembuluh darah. Kontraksi ini memutus suplai darah dan oksigen ke rahim maka ada rasa sakit yang timbul atau muncul nyeri haid.

Charm Girls, saat nyeri haid atau menderita sindrom prahaid (PMS) bagi setiap perempuan itu bervariasi, di antaranya adalah kembung, sakit kepala, sakit perut atau kram, penambahan berat badan, kecemasan dan bahkan bisa menimbulkan depresi.

Fluktuasi hormon sering jadi penyebab gejala PMS, misalnya kadar serotonin yang rendah dapat mempengaruhi suasana hati dan menyebabkan depresi.

Bukan hanya itu, nyeri haid juga disebabkan oleh beberapa hal seperti endometriosis, adenomiosis, kista ovarium, mioma uteri, hingga penyakit radang panggul.

Tetapi perlu kamu ketahui juga Charm Girls, bahwa nyeri haid apalagi pada hari pertama adalah hal yang normal karena darah sedang deras-derasnya kala itu apalagi hingga hari kedua. Setelah itu nyeri akan berkurang dan hilang seiring selesainya haid. Maka dari itu perhatikan pola nyeri haid yang dialami, apakah ini perlu bantuan dokter karena semakin parah atau mereda dengan sendirinya.

Cara mengatasi nyeri haid 

Menghadapi nyeri haid bisa dilakukan dengan sejumlah makanan tertentu pilih makanan dengan cerdas sepanjang bulan hingga saat datang bulan ya Charm Girls, hal ini juga bisa cara mencegah nyeri haid dan memberikan kelegaan.

Menyukai sayuran itu bisa bantu kamu atasi nyeri haid loh Charm Girls. Ternyata brokoli yang punya banyak manfaat seperti vitamin A, C, B6 dan E untuk mengurangi nyeri haid. Kamu juga bisa mengkonsumsi yoghurt rendah lemak, kemudian yang jadi salah satu sumber makanan terbaik vitamin D adalah salmon liar juga merupakan sumber vitamin B6. Kemudian sertakan biji-bijian, protein tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran.

Mengonsumsi telur yang kaya akan sumber vitamin D, B6, dan E yang baik, pisang, teh chamomile juga bisa atasi nyeri haid. Hindari juga konsumsi garam, karena bisa menyebabkan kembung.

Apalagi alkohol dan kafein yang bisa  mengganggu tidur, saat tidur tidak nyaman kamu jadi kekurangan energi. Saat mengonsumsi gula, kamu juga perlu diperhatikan takarannya, karena gula bisa menghasilkan energi dan membuat kamu merasa lelah. 

Sedangkan kafein dapat menyebabkan nyeri payudara hingga Alkohol yang dapat menyebabkan perasaan depresi.

Persiapan ke sekolah saat haid 

Saat aktivitas mulai padat, apalagi di sekolah nyeri haid jadi hal yang menjengkelkan. Maka dari itu persiapkan diri untuk menghadapi nyeri haid.

Charm Girls perlu perbanyak minum air putih dan yang terpenting kurangi konsumsi kafein perhatikan apapun yang diminum salah satunya jangan juga terlalu mengandung banyak gula Charm Girls, hal ini bisa membantu kamu lebih nyaman beraktivitas karena nyeri haid sudah bisa dihadapi dengan baik dan bijak.

Kamu juga bisa menyiapkan bantal kompres listrik untuk menghangatkan perut saat nyeri haid di sekolah atau menggunakan patch penghangat. Jangan lupa membawa obat anti-inflamasi, parasetamol atau ibuprofen tapi lebih baik gunakan obat yang sesuai dengan resep dokter.

Charm Girls juga bisa membawa minuman hangat di termos yang berisi air putih hangat, teh peppermint atau teh hijau, minuman kunyit atau jahe, hingga kaldu hangat untuk bekal makan. 

Selain itu jangan paksakan diri untuk lakukan aktivitas berat saat di sekolah, jika nyeri benar-benar mengganggu segera menuju ke Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) untuk tenangkan diri atau pulang ke rumah. 

Tetapi yang terpenting jika nyeri haid dirasa sudah tidak bisa ditoleransi atau terasa tidak biasa segera temui dokter untuk melakukan konsultasi, apalagi bila nyeri sudah melebihi tujuh hari atau tidak membaik dengan obat dan membuat Charm Girls pingsan.

Baca Juga Disini:

Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Simpel

Takut Banget Woi Penyebab Nyeri Pada Kemaluan Saat Haid

Ini Penyebab Nyeri Menstruasi dan Mengatasinya

cara mengatasi nyeri haid saat di sekolah
cara mencegah nyeri haid
Komentar (40)
A

An
Anonymous
Nice info buat remaja putri yang baru merasakan menstruasi.
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Benar
a month ago
An
Anonymous
Betull
a month ago
Pi
Pia
Thanks
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Wah infonya bermanfaat
6 months ago
Balas
An
Anonymous
🤩🤩🤩
a month ago
floating-icon