Kembali

Tentang Menstruasi

Mau Haid Lebih Lancar? Gerakan Yoga untuk Memperlancar Haid

Mau Haid Lebih Lancar? Gerakan Yoga untuk Memperlancar Haid


Charm Girls, tahukah kamu faktor utama yang sering menjadi sebab haid terlambat adalah faktor hormon yang dipicu stres sampai nutrisi pada tubuh yang tak dipenuhi dengan baik. 

Satu cara percepat haid adalah olahraga teratur, dengan membantu otot menjadi lebih rileks sehingga bisa membuat haid datang lebih cepat. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah gerakan yoga untuk melancarkan haid.

Setiap perempuan akan mengalami haid walaupun kondisinya berbeda-beda, ada yang datang lebih cepat atau ada yang memang datangnya terlambat. Gerakan yoga untuk telat haid juga bisa jadi referensi olahraga yang dilakukan ya Charm Girls. 

Siklus haid berlangsung rata-rata setiap 28 hari. Ini terus berulang setiap bulannya hingga perempuan memasuki masa menopause atau tidak lagi mengalamihaid. 

Perempuan punya siklus haid normal jika mengalaminya sekali dalam sebulan dengan total 11 hingga 13 kali haid dalam waktu satu tahun kalender. Setiap bulannya haid akan berlangsung selama 2-7 hari dan setiap perempuan mengalami waktu menstruasi yang berbeda-beda. Yoga merupakan salah satu cara cepat haid.

Ini gerakan yoga untuk memperlancar haid 

Seperti yang sudah dijelaskan tadi di atas, haid bisa menjadi tidak teratur atau terlambat karena salah satunya faktor kurang olahraga. Perempuan juga bisa telat haid karena kurang mengkonsumsi makan sehat dan bergizi, kurang tidur atau bahkan tidak menjaga berat badan yang ideal.

Nah yoga bisa jadi salah satu cara untuk memperlancar haid, jadi tidak harus melakukan olahraga yang berat.

1. Reclining Twist 

Gerakan yoga ini bisa meningkatkan kelenturan tulang belakang dan membantu melancarkan haid serta meredakan nyeri perut dan punggung.

Berbaringlah di matras atau kasur dengan menyilangkan lutut kiri ke atas kaku kanan, rentangan tangan selebar-lebarnya seperti sayap dan posisikan kepala ke kiri.

Lakukan gerakan ini dengan menahannya selama lima tarikan napas, maka akan terasa tulang belakang berputar dan memanjang.

2. Arching Pigeon 

Gerakan ini disebut juga dengan pembuka punggung dan terbukti kurangi kram perut dan pelancar haid. Gerakan yoga ini bisa merangsang organ internal seperti otot pada pantan dalam, lipatan paha serta otot di sepanjang tulang belakang hingga panggul loh Charm Girls.

Duduk dan tekuk lutut kanan dan sedangkan kaki kiri diluruskan ke belakang. Kemudian letakkan tangan di pinggul sambil pelan-pelan lengkungkan punggung sampai terasa ada rentangan optimal di area pinggul kiri depan.

Jika sakit, kamu bisa bersandar ke depan dengan posisi tangan di depan atau bisa angkat kedua tangan ke udara jika ingin peregangan makin oke. Tarik lima napas dan ulangi pose ini di sisi lainnya.

3. Camel pose 

Pose ini efektif kurangi nyeri punggung bagian bawah dan melemaskan saraf-saraf pada punggung bawah.

Mulailah dengan bertumpu pada telapak tangan serta kedua lutut. Posisi tangan lurus sejajar dengan bahu dan lutut. 

Setelah itu angkat satu kaki kemudian rentangkan menuju ke atas, tahan posisi ini hingga 3 tarikan napas, kemudian ulang ke posisi awal serta ganti posisi kaki, angkat kepala ke atas dan jaga posisi tulang belakang agar lurus sejajar.

4. Cat Pose 

Gerakan yoga cat pose bisa meregangkan otot tubuh bagian atas dan leher. Akan ada sensasi pijatan di bagian perut punggung sehingga bisa meredakan kram perut.

Mulailah dengan posisi bertumpu dengan lutut dan telapak tangan menempel ke lantai. Sejajarkan bahu dan tangan sedangkan lutut pada posisi bawah pinggul.

Tarik nafas kamu ya Charm Girls, dan turunan dagu ke dada senyamannya, kemudian lengkungkan punggung seperti kucing meregangkan tubuhnya ulang selama 3-5 kali ya.

Selain itu kamu juga bisa mencoba fish pose, alternate nostril breathing dan child pose.

Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat dan minum air putih yang banyak ya Charm Girls, persiapkan juga amunisi jelang datang bulan, apalagi jika aktivitas padat kamu bisa menyisipkan pembalut Charm ke tas seperti CHARM Extra Dry, CHARM Extra Comfort hingga CHARM Cooling Fresh yang tersedia dengan berbagai ukuran bikin nyaman dan khawatir jelang datang bulan karena persediaannya bisa didapat dimana saja, kapan saja.

Baca Juga Disini :

Menorrhagia Kelainan Menstruasi Penyebab dan Cara Menghadapinya 

5 Tanda Ada yang Gak Beres dengan Menstruasimu

Sebulan Menstruasi Dua Kali Bagaimana Dong

 

Yoga untuk melancarkan haid
Komentar (10)
A

Avatar Profile Image
Jainah
Wahhhh ternyata yoga bisa jadi salah satu cara untuk memperlancar haid.
7 months ago
Balas
Avatar Profile Image
Amelia
Makasih
7 months ago
Balas
An
Anonymous
bermanfaat
7 months ago
Balas
floating-icon