Kembali

Girl's Life

Haid Tidak Lancar? Ini 5 Penyebabnya!

Haid Tidak Lancar? Ini 5 Penyebabnya!


Perempuan yang udah melewati masa puber akan mengalami menstruasi alias haid. Setiap orang tentunya punya pengalaman haid yang berbeda-beda. Ada yang bisa haid dengan lancar, tapi ada pula yang mengalami haid tidak lancar karena suatu faktor.

Baca juga: Ini 5 Minuman untuk Lancarkan Menstruasi Terlambat

Dalam sekali haid, volume darah yang keluar biasanya sebanyak 30–70 mililiter. Jumlah tersebut nggak menentu, kadang bisa sangat sedikit dan kadang bisa banyak. Bahkan, durasi haid pun bisa berbeda-beda tiap bulannya.

Wah, kenapa bisa begitu, ya?

Penyebab haid tidak lancar 

Siapa pun bisa mengalami haid tidak lancar, tapi kondisi ini lebih banyak terjadi di tahun pertama perempuan yang baru aja puber. Ini karena hormon estrogen, progesteron, dan hormon-hormon lainnya dalam tubuh remaja masih belum stabil.

Nah, selain perubahan hormon, ada juga faktor lainnya seperti berikut.

1. Perubahan berat badan 

Siklus haid dipengaruhi oleh jaringan lemak dalam tubuhmu. Ketika berat badan turun secara drastis, jaringan lemak dalam tubuh juga berkurang. Ini bisa menjadi penyebab menstruasi tidak teratur atau bahkan terhentinya menstruasi pada beberapa orang.

2. Diet ketat 

Hayo, siapa di sini yang suka coba-coba diet ketat supaya kurus? Sebaiknya jauhi diet yang bikin kamu harus menahan makan ya, Charm Girls. Soalnya, diet seperti ini justru bisa mengacaukan metabolisme dan hormon-hormon di dalam tubuh, termasuk hormon menstruasi.

3. Faktor genetik 

Studi menunjukkan bahwa ada ratusan gen dalam tubuh manusia yang berperan dalam siklus haid. Salah satunya memengaruhi fungsi follicle stimulating hormone (FSH), yaitu hormon penting yang mengatur pelepasan sel telur dari ovarium.

Karena siklus menstruasi bersifat genetik, berbagai masalah terkait menstruasi juga bisa menurun dalam keluarga. Jadi, kalau haid kamu sering tidak lancar, mungkin ibu atau anggota keluarga perempuanmu yang lain punya permasalahan yang serupa.

4. Pola hidup 

Pola hidup juga bisa mempengaruhi jumlah darah yang keluar saat haid. Contohnya kalau kamu berolahraga berlebihan, tidak pernah olahraga, atau makan sembarangan, semua ini bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar.

Nggak cuma itu, kebiasaan merokok, minum alkohol, makan nggak teratur, dan sering begadang juga bisa mengacaukan hormon-hormon dalam tubuhmu. Akibatnya, darah yang keluar saat menstruasi jadi nggak lancar.

5. Stres berkepanjangan 

Remaja biasanya stres akibat urusan sekolah, rumah, dan percintaan. Stres sebetulnya wajar banget, Charm Girls. Namun, stres yang berlebihan justru bisa bikin siklus haid jadi kacau atau tidak lancar. Jadi, kelola stres dengan sebaik mungkin, ya!

6. Masalah kesehatan tertentu 

Masalah kesehatan seperti penyakit bawaan dan kelainan hormonal juga kerap menjadi penyebab haid tidak lancar. Contohnya, perempuan yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS) mungkin cuma bisa mengeluarkan sedikit darah saat haid.

Bahkan, beberapa orang yang mengalami PCOS nggak bisa mengeluarkan darah haid sama sekali. Kalau masalah haidmu berkaitan sama penyakit tertentu, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter ya, Charm Girls.

Baca juga: Penyebab Lemas Saat Haid! Bukan Karna Ayang!

Tips mengatasi haid yang tidak lancar 

Ada banyak banget hal yang bisa bikin menstruasi jadi tidak lancar. Namun, jangan khawatir, ada beberapa tips untuk membantu memperlancar darah yang keluar ketika kamu sedang menstruasi.

Pertama-tama, coba kenali dahulu apa yang mengganggumu belakangan ini. Apakah kamu lagi sering stres gara-gara tugas sekolah yang numpuk? Sedang coba-coba diet dengan memangkas kalori? Atau, ada penyebab yang lain?

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengubah pola hidup jadi lebih sehat. Cobalah makan lebih teratur, tidur lebih awal, dan jauhi diet yang bikin kamu menderita. Kalau bisa, yuk, mulai jalan pagi tiap hari supaya tubuh tetap aktif bergerak.

Kalau kamu lagi stres, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari overthinking. Coba deh, relaksasi sejenak dengan ngobrol sama teman, kumpul bareng keluarga, meditasi, main sama hewan peliharaan, atau kegiatan lain yang kamu suka.

Jangan lupa untuk menjauhi rokok dan minuman beralkohol. Kamu juga nggak perlu panik, sebab semua orang bisa mengalami haid tidak lancar. Kalau kamu mau khawatir masalah haidmu disebabkan oleh gangguan kesehatan, kamu bisa minta temani orang tua untuk konsultasi ke dokter.

Baca juga: Kenapa Nyeri Haid Terasa Sakit Hingga Vagina?

haid tidak lancar
periode haid tidak teratur
Komentar (1)
A

An
Anonymous
Ooo gitu yaa Cha, penyebab haid gak lancar itu bisa krna faktor perubahan hormon, perubahan berat badan, diet ketat, faktor genetik,pola hidup, stres berkepanjangan dan juga masalah kesehatan tertentu. Makasih Cha atas artikelnya dan tips membantu memperlancar darah yang keluar ketika sedang menstruasi 😁
12 days ago
Balas