Kembali

Girl's Life

Selamat Tinggal PMS Gak Lancar! Tips Cara Agar Cepat PMS

Selamat Tinggal PMS Gak Lancar! Tips Cara Agar Cepat PMS


Perbedaan PMS dan haid 

Charm Girls, istilah premenstrual syndrome (PMS) pasti sudah tidak asing di telinga kamukan Charm Girls.

Namun tahukah kamu PMS dan haid itu berbeda loh. 

PMS terjadi sebelum menstruasi atau haid dan pada masa itu belum ada pendarahan yang keluar dari vagina, tapi gejala keduanya mirip.

Istilah ini memang kadang digunakan bergantian ya Charm Girls, padahal makna dan kondisinya berbeda. PMS tidak mengeluarkan darah dari vagina. Kemudian, tidak semua perempuan yang menstruasi itu akan mengalami PMS.

Sedangkan menstruasi atau haid adalah saat darah keluar dari vagina karena adanya peluruhan dinding rahim. Hal ini terjadi karena sel telur yang diproduksi tidak dibuahi oleh sperma.

PMS adalah kumpulan gejala yang muncul sebelum menstruasi datang, yakni sekitar satu hingga dua minggu sebelum pendarahan keluar dari vagina. Bagaimana cara agar cepat PMS ? PMS tidak bisa di percepat namun kita bisa mempercepat datangnya haid.

Cara mempercepat datangnya haid 

Faktor utama yang sering menjadi sebab haid berlangsung lama adalah faktor hormon yang dipicu stres sampai nutrisi pada tubuh tak dipenuhi dengan baik. Maka salah satu cara percepat haid adalah olahraga teratur untuk membantu otot menjadi lebih rileks sehingga bisa membuat haid lebih cepat.

Kamu juga perlu jaga berat badan, jika berat badan terlalu rendah maka akan menyebabkan haid tidak teratur, karena tubuh butuh perlu lemak untuk produksi hormon.

Charm Girls juga perlu kurangi aktivitas fisik yang berat karena bisa turunkan kadar estrogen di tubuh, alhasil haid tak kunjung datang.

Konsumsi vitamin C yang bisa tingkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron dan tubuh.

Ciri-ciri PMS 

Kemudian jelang menstruasi akan ada gejala PMS, ciri-ciri dari PMS itu ada berbagai macam loh Charm Girls, mulai dari fisik hingga ke psikis bahkan bergejala ringan dan bisa juga berat. 

PMS ini penyebabnya memang belum secara pasti bisa diketahui, tapi ada faktor yang memicu terjadinya PMS.

PMS yang kamu rasakan tiap bulan itu, diduga terjadi karena perubahan hormon. Naik turunnya hormon estrogen dan progesteron pada perempuan bisa picu terjadinya PMS. Selain itu, perubahan zat kimia di otak juga mempengaruhi terjadinya PMS. 

Naik turunnya serotonin, yakni zat kimia di otak yang mengatur suasana hati juga berkontribusi buat kamu pusing hadapi PMS tiap bulannya. Alhasil muncul rasa gelisah yang berlebihan.

Ciri-ciri PMS apa saja sih? 

Charm Girls perlu tau nih, apa saja sih ciri-ciri dari PMS jelang menstruasi atau haid.

Pertama adalah, munculnya jerawat di bagian wajah seperti di dagu atau rahang, peningkatan kadar hormon jelang menstruasi membuat produksi minyak atau sebum juga ikut meningkat. Jadi, pori-pori bisa tersumbat dan akhirnya jerawat muncul deh.

Kemudian, ciri lainnya adalah payudara yang terasa sakit atau gak nyaman. Nah Charm Girls, ciri PMS yang ini juga dipengaruhi oleh hormon estrogen, progesteron dan juga prolaktin di dalam tubuh kamu.

PMS juga membuat tubuh jadi lelah, tapi susah tidur. Pergeseran hormon lagi-lagi jadi penyebabnya ya. Perubahan hormon estrogen dan progesteron bisa menaikkan suhu tubuh, apalagi saat tidur akibatnya badan jadi tidak nyaman dan sulit tidur.

Nah ini ciri yang paling banyak dirasakan perempuan jelang menstruasi atau haid, yakni sakit perut. PMS ditandai dengan kram atau sakit perut di bagian bawah. Perasaan gak mengenakkan ini  biasa juga terjadi saat awal haid atau disebut dengan istilah dismenore.

Sembelit atau diare juga jadi ciri PMS karena menstruasi itu mempengaruhi sistem pencernaan jadi lambat atau bahkan ngebut dari biasanya.

Ciri lainnya adalah perut kembung, sakit kepala atau punggung, mood yang buruk, rasa cemas hingga depresi.

Cara redakan gejala PMS 

Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk atasi gejala PMS jelang menstruasi. Pertama-tama adalah dengan menjaga pola makan, konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks seperti kentang, kacang-kacangan dan beras merah dan juga jangan lupa konsumsi kalsium yang bisa atas gejala PMS seperti perut kembung dan perubahan suasana hati, bisa Charm Girls dapatkan dari sayuran hijau, susu atau ikan salmon. 

Jangan mengonsumsi alkohol dan kurangi kopi, dua jenis minuman ini selain bisa buat susah tidur juga dapat sebabkan perut jadi kembung. 

Rutin olahraga juga jadi kunci kurangi rasa sakit PMS, dan jangan lupa buat istirahat yang cukup yang Charm Girls. 

Jika PMS kamu sudah berlebihan, segera obati dan temui dokter untuk mengatasinya.

Baca Juga Disini :

Macam Macam Darah Haid Normalkah Darah Haid Menggumpal

5 Mitors Tentang Menstruasi Apa Saja Ya

Darah Haid Ada Aromanya Kenali Ciri-Cirinya 

cara agar cepat PMS
Komentar (11)
A

Avatar Profile Image
Zaynah Zaynaa
Bener jua, gejala PMS yg berlebihan emang gak baik buat diri kita.
22 days ago
Balas
Aj
Ajeng
bermanfaat
13 days ago
Balas
An
Anonymous
thanks cha
13 days ago
Balas