Kembali

Edukasi

5 Cara Mengatasi Hormon Tidak Seimbang dalam Tubuh

5 Cara Mengatasi Hormon Tidak Seimbang dalam Tubuh


Charm Girls, tahukah kamu kalau hormon punya peran besar untuk kesehatan tubuh kita?

Hormon adalah kelompok biokimia dalam tubuh yang mengendalikan banyak hal, mulai dari mood, rasa lapar, berat badan, gairah seksual, suasana hati, dan masih banyak lagi. Perannya begitu penting dalam setiap fungsi tubuh, maka dari itu kadarnya harus dijaga agar tetap seimbang.

Bahaya hormon tidak seimbang di antaranya kelelahan, ketidaksuburan, rambut rontok, perubahan nafsu makan, hingga berat badan berlebihan atau bahkan kekurangan. 

Penting banget buat kamu untuk tahu cara mengatasi hormon tidak seimbang agar enggak lagi mempengaruhi kesehatan hidup.

Cara Mengatasi Hormon Tidak Seimbang

Biasanya, sistem endokrin akan memproduksi hormon sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu. Namun enggak jarang kadar hormon yang diproduksi jadi enggak seimbang kalau kamu enggak menjalani gaya hidup sehat. 

Ada banyak cara mengatasi hormon tidak stabil. Beberapa di antaranya adalah cara alami yang bisa dengan mudah kamu lakukan, lho. 

1. Olahraga Teratur

Charm Girls mungkin sering merasa malas berolahraga, tapi sebenarnya olahraga bisa memperkuat sistem endokrin yang mengatur hormon dalam tubuh, lho. 

Pilih jenis olahraga yang kamu sukai dan sesuai dengan kemampuan tubuh. Lakukan secara rutin dan teratur, tapi harus sesuai dengan kondisi tubuh ya. Jangan sampai kamu terlalu mesaksakan tubuh untuk olahraga ketika sudah lelah.. Hal itu justru bisa membuat tubuhmu stres dan mengganggu keseimbangan hormon lebih jauh lagi.

2. Tidur yang Cukup dan Kelola Stres

Bukan rahasia lagi, tidur cukup adalah salah satu kunci hidup yang lebih sehat. Kurang tidur bisa mengganggu ritme sirkadian tubuhmu. Alhasil kamu bakal lebih mudah stres yang akhirnya jadi penyebab hormon tidak seimbang.

Coba biasakan  tidur 7-8 jam setiap malamnya. Tidur yang cukup bisa memberi waktu untuk tubuh memperbaiki sel yang rusak, meningkatkan kekebalan tubuh, membangun energi yang cukup, serta tentunya menjaga keseimbangan hormon.

Jika sudah tidur dalam waktu yang cukup, coba juga untuk mengelola stres. Stres berlebihan bisa mempengaruhi produksi hormon kortisol dan adrenalin. Risikonya banyak banget, mulai dari konsumsi kalori berlebih yang bisa bikin obesitas, tekanan darah tinggi, serta penyakit jantung yang berbahaya.

3. Konsumsi Lemak Sehat dan Protein (Diet hormon tidak seimbang)

Apa yang kita makan bakal sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Serius deh, hanya dengan mengatur pola makan dan hanya makan makanan yang sehat bisa sangat membantu hormon tubuhmu jadi seimbang. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan melakukan pola makan 4 sehat 5 sempurna.

Makan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin di dalamnya.

Ternyata lemak sehat adalah salah satu hal yang sangat mempengaruhi jumlah hormon pada tubuhmu, lho. Jadi, usahakan untuk mengonsumsi lebih banyak lemak sehat.

Contoh lemak sehat yakni asam lemak omega 3 dan omega 6. Contoh makanan yang kaya akan lemak sehat misalnya alpukat, salmon, kacang-kacangan, dan minyak nabati dari biji-bijian (minyak zaitun, minyak kanola, minyak kedelai).

Opsi lain, kamu juga bisa meningkatkan konsumsi telur. Makan makanan berserat tinggi juga sudah terbukti mendorong tubuh memproduksi hormon yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Terlepas dari itu semua, pastikan kalau kamu makan secukupnya ya. Makan terlalu banyak bisa meningkatkan kadar hormon insulin dan risiko obesitas. Sementara makan terlalu sedikit bisa meningkatkan produksi hormon stres, yakni kortisol. Yuk, hindari diet hormon tidak seimbang.

4. Hindari Gula, Kafein, dan Alkohol (Penyebab Hormon Tidak Seimbang)

Selanjutnya, coba deh kurangi minuman yang mengandung kafein tinggi, kopi misalnya. Kafein berlebihan ternyata tidak baik untuk tubuh karena bisa mempengaruhi kerja sistem saraf pusat, meningkatkan detak jantung, kewaspadaan, dan mengubah cara otak menghasilkan hormon. 

Selain itu, sebaiknya kamu juga mengurangi konsumsi minuman beralkohol ya. Minuman jenis itu bisa mengganggu fungsi hati dan juga pankreas, serta produksi hormon estrogen dan testosteron.

Minuman manis juga kurang baik untuk tubuhmu. Gula memang jadi penyebab hormon tidak seimbang pada wanita. 

Lebih baik alihkan pilihan minuman jadi teh hijau. Jenis teh satu ini bisa jadi pilihan menyeimbangkan hormon daripada mengonsumsi vitamin untuk hormon tidak seimbang. Kandungan antioksidan tinggi dalam teh hijau bisa menurunkan kadar insulin baik pada orang sehat maupun penderita diabetes.

5. Hindari Bahan Kimia Berbahaya

Ada beberapa hal dalam keseharianmu yang ternyata bisa mengandung bahan kimia berbahaya, lho. Di antaranya adalah pestisida pada makanan, pembersih ruangan yang kamu pakai, produk perawatan tubuh, hingga wadah plastik pada makanan.

Coba deh hindari penggunaan barang-barang yang mengandung bahan kimia berbahaya. Misalnya, gunakan wadah plastik yang BPA-free, hindari produk kecantikan yang mengandung paraben dan propylene glycol. Jangan lupa juga cuci bersih sayuran dan buah sebelum dimakan.

Biar bisa melakukan berbagai aktivitas sebagai cara mengatasi hormon tidak seimbang, kamu bisa menggunakan pembalut Charm Body Fit Extra Maxi Wing dan Non Wing saat menstruasi datang. 

Dengan teknologi bantalan elastis yang selalu kembali ke bentuk semula, kamu enggak perlu khawatir kerut atau pun bocor. Tetap percaya diri jalani berbagai aktivitas seru sepanjang hari!

Baca Juga Disini:

5 Makanan Saat Haid Ini Baik untuk Menyeimbangkan Hormon

Buat Remaja Jangan Asal Diet Ini Jadwal Makan Untuk Kamu

5 Efek Hormon Saat Menstruasi yang Normal Terjadi

cara mengatasi hormon tidak seimbang
Komentar (187)
A

An
Anonymous
Kerennn
7 months ago
Balas
An
Anonymous
Membantu
7 months ago
Balas
An
Anonymous
Baru tau, makasih infonya
7 months ago
Balas
floating-icon