Kembali

Edukasi

Inilah Manfaat Toner untuk Mencerahkan Wajah Saat Pubertas

Inilah Manfaat Toner untuk Mencerahkan Wajah Saat Pubertas


Masa pubertas adalah salah satu masa-masa paling rumit. Pubertas bisa menyebabkan berbagai perubahan pada tubuhmu, Charm Girls, termasuk juga kondisi kulit wajahmu.

Ciri ciri pubertas pada remaja perempuan ada banyak. Salah satunya, wajah jadi mudah berminyak dan berjerawat karena perubahan hormon pada tubuh. Jika nggak diatasi dengan tepat, wajahmu juga bisa jadi kusam lho.

Makanya banyak remaja yang mulai mempertimbangkan menggunakan toner untuk mencerahkan wajah. Toner adalah salah satu rangkaian skincare paling penting untuk remaja pemula yang bahan utamanya terbuat dari air.

Toner mengandung bahan aktif untuk menghilangkan kotoran, minyak, hingga sisa makeup. Toner juga bisa menambah kelembaban pada kulit supaya nggak kering setelah mencuci muka.

Manfaat Toner untuk Mencerahkan Wajah

Toner adalah langkah kedua dalam rangkaian pembersihan wajah. Setelah mencuci muka, biasanya masih ada sel kulit mati, kelebihan minyak, dan kotoran yang tersisa pada wajah. Nah, toner ini berfungsi menghilangkan itu semua dengan lebih efektif.

Selain untuk membersihkan kotoran, toner juga banyak yang diperkaya dengan bahan-bahan tertentu. Salah satunya yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, seperti niacinamide, licorice extract, vitamin C, arbutin, dan lain sebagainya.

Sebelum menggunakan essence yang bagus untuk mencerahkan wajah, remaja sebaiknya membiasakan diri dulu menggunakan toner.

Toner mencerahkan untuk remaja yang bagus juga memiliki berbagai fungsi lainnya, berikut beberapa di antaranya:

  • Menyeimbangkan pH kulit.
  • Detoksifikasi.
  • Mengecilkan pori-pori wajah.
  • Mengatasi jerawat.
  • Melembabkan dan menutrisi kulit.
  • Menambah lapisan pelindung pada kulit.
  • Meningkatkan manfaat produk skincare lain.

Jenis-jenis Toner

Toner ada banyak sekali jenisnya, masing-masing juga terbuat dari bahan-bahan yang berbeda dan sudah disesuaikan untuk mengatasi masalah tertentu pada wajah. 

Umumnya toner mengandung berbagai bahan aktif seperti gliserin untuk menjaga kulit tetap lembab, ekstrak herbal dan bunga sebagai antioksidan, dan niacinamide untuk kulit yang cerah.

Berdasarkan kandungan dan fungsinya, jenis toner secara umum dibagi empat yakni hydrating toner (toner pelembab), exfoliating toner (toner eksfoliasi), treatment toner, dan refreshing toner. Semuanya punya fungsi yang berbeda, jadi ketahui dulu fungsinya masing-masing sebelum memilih mana yang paling cocok buat kulitmu.

1. Hydrating Toner

Hydrating toner adalah toner untuk melembabkan wajah. Toner ini berfungsi membantu mempersiapkan kulit untuk rangkaian skincare selanjutnya. Pasalnya, kulit yang sudah lembab bisa menyerap bahan-bahan dalam rangkaian produk skincare lainnya dengan lebih baik.

Hydrating toner yang bagus untuk mencerahkan biasanya terbuat dari bahan yang memberikan kelembapan atau mengunci air dalam sel-sel kulit. Misalnya, hyaluronic acid, gel lidah buaya, gliserin, dan vitamin E.

Khusus buat Charm Girls yang punya kulit kering, disarankan banget menggunakan toner jenis ini secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih lembab dan kenyal. Namun toner ini juga cocok kok digunakan oleh remaja dengan kulit normal, kombinasi, dan berminyak.

2. Exfoliating toner

Nah, kalau exfoliating toner sering digunakan sebagai toner untuk mencerahkan dan menghilangkan bekas jerawat. Toner ini bagus untuk melakukan eksfoliasi sel kulit mati pada wajah dan membuat kulit jadi cerah, bersih, dan bercahaya.

Toner eksfoliasi bisa membersihkan kulit dari sisa kotoran dan juga sisa makeup yang masih tertinggal dari mencuci wajah. Alhasil, kulit mati bakalan terangkat yang bakal bikin wajah kamu jadi makin glowing dan tentunya lebih sehat!

Biasanya, toner jenis ini tersusun dari bahan seperti alpha dan beta-hydroxy acid (AHA dan BHA) atau turunannya seperti glycolic acid dan salicylic acid. Toner ini biasanya dideskripsikan dengan kata-ata “hydrating”, “calming”, atau “moisturizing” pada labelnya.

Selain membersihkan, toner ini juga bisa meringangkan masalah noda hitam ringan, meratakan warna kulit wajah, mempercepat pergantian sel, mengurangi minyak dan jerawat, sampai mencegah timbulnya kerutan. Baik banget digunakan oleh remaja!

3. Treatment Toner (toner untuk mencerahkan wajah)

Ada juga yang disebut treatment toner nih, Charm Girls. Jenis toner ini biasanya khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Toner ini cocok digunakan oleh jenis kulit apa pun. Cukup ketahui apa masalah kulitmu saja ya, Charm Girls.

Beberapa jenis treatment toner yang ada di antaranya anti-aging toner, balancing toner, soothing toner, dan brightening toner atau toner mencerahkan.

Nah, buat kamu remaja pubertas yang lagi mencari toner untuk mencerahkan wajah remaja cocok banget nih pilih brightening toner. Pilih toner dengan kandungan vitamin C, niacinamide, licorice extract, dan arbutin yang biasa digunakan untuk meratakan warna kulit wajah.

4. Refreshing Toner

Terakhir, ada refreshing toner yang bisa dibilang cukup wajib digunakan remaja. Pasalnya, remaja mengalami perubahan hormon yang memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum secara berlebihan. 

Itulah kenapa remaja sering mengalami berbagai masalah pada kulit wajah, misalnya kulit berminyak, kulit kusam, dan berjerawat. Nah, refreshing toner ini adalah yang bisa mengontrol produksi sebum pada kulit remaja.

Refreshing toner adalah toner mencerahkan untuk kulit berminyak karena memiliki kandungan natural herbs yang bersifat menenangkan, mengontrol produksi sebum, mengatasi masalah jerawat, bersifat antibakteri, dan antiinflamasi.

Ini adalah toner untuk mencerahkan wajah dan mengecilkan pori yang cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit berminyak dan berjerawat. Nantinya, jika masalah kulit berminyak dan berjerawat sudah terkontrol, kulit kusam juga bisa teratasi. Wajahmu jadi makin cerah deh!

Nah, itu tadi penjelasan tentang manfaat serta jenis-jenis toner untuk mencerahkan wajah yang cocok digunakan oleh remaja. 

Memasuki masa pubertas, selain bersiap menggunakan jenis-jenis toner untuk mencerahkan wajah di atas, kamu juga sebaiknya tahu nih pembalut yang bakal kamu gunakan ketika masa menstruasi tiba. Charm punya banyak varian pembalut yang pastinya nyaman digunakan oleh pemula.

Beberapa pilihan yang bisa kamu tengok di antaranya Charm Slim Protect+ yang tipis banget, hanya 0,1 cm serasa nggak pakai pembalut. Kamu juga bisa coba Charm Extra Comfort Maxi Wing atau Non Wing dengan pori serap extra yang enggak bakal bocor walau lagi banyak-banyaknya.

Rawat wajahmu dengan skincare terbaik, dan pastikan dirimu nyaman ketika masa menstruasi pertama dengan pembalut terbaik ya, Charm Girls!

Baca Juga Disini :

Hormon Menstruasi Bikin Tubuh Berjerawat Yuk Konsumsi Ini

Pubertas Bikin Jerawatan

5 Kebiasaan Penyebab timbulnya Jerawat

toner untuk mencerahkan wajah
Toner untuk mencerahkan
Toner mencerahkan
Komentar (301)
A

Aj
Ajeng
Sangat bermanfaat
7 months ago
Balas
An
Anonymous
Betul
5 months ago
An
Anonymous
Iya
a month ago
DN
Depira Nathalia
Thanks
6 months ago
Balas
An
Anonymous
Ok
5 months ago
An
Anonymous
terimakasih
6 months ago
Balas
floating-icon