Kembali

Girl's Life

Inilah 5 Cara Memutihkan Selangkangan yang Gelap

Inilah 5 Cara Memutihkan Selangkangan yang Gelap


Charm Girls, pernah merasa bahwa kulit selangkangan atau lipatan tubuh lainnya lebih hitam dari bagian tubuh lainnya? Hal itu biasanya membuat diri menjadi tidak terlalu percaya diri saat bercermin. Tapi ternyata, hal ini dinilai normal loh, karena dalam dunia kesehatan perubahan warna kulit yang gelap terjadi karena hiperpigmentasi, lalu gimana ya cara memutihkan selangkangan?

Nah perlu kamu ketahui dulu, apa sih sebenarnya penyebab selangkangan hitam, nah ini bisa terjadi karena faktor gaya hidup loh Charm Girls atau bahkan bisa juga karena suatu penyakit.

Pertama, kulit selangkangan jadi hitam karena sering tergesek, biasanya disebabkan oleh celana atau pakaian yang ketat bahkan karena olahraga yang intens seperti lari, bersepeda jarak jauh atau olahraga lainnya.

Kemudian, perubahan hormon perempuan juga bisa pengaruhi warna selangkangan yang jadi lebih gelap, apalagi saat hamil, menyusui atau mengidap penyakit sindrom ovarium polikistik (PCOS). Bisa juga disebabkan kulit yang kering, penyakit kelainan pigmentasi kulit yang dikenal dengan acanthosis nigricans, efek samping obat atau pil KB hormonal, diabetes melitus hingga obesitas.

Nah, Charm Girls, kondisi selangkangan yang hitam sebenarnya kondisi yang umum dan tak membayakan bagi kesehatan, tapi ini memang kadang mengganggu penampilan, namun jangan khawatir ada banyak cara memutihkan selangkangan yang bisa dicoba.

Cara memutihkan selangkangan dengan alami bisa dilakukan. Selangkangan yang dekat dengan organ reproduksi juga punya perlu perhatian lebih, lalu bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas yang juga dapat menguntungkan agar kondisi area organ reproduksi bisa sehat dan selangkangan lebih cerah.

Dalam beberapa kasus, ada beberapa cara alami memutihkan selangkangan. Ini dia beberapa tipsnya:

1. Minyak kelapa dan jus lemon

Lemon punya kandungan vitamin C yang dapat membantu mengobati hiperpigmentasi. Minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembab, dan dapat membantu menjaga paha kamu tetap lembut dan kenyal. Untuk membuat lulur minyak kelapa dan jus lemon, Charm Girls bisa campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan jus setengah lemon.

Kemudian gosok campuran tersebut ke area yang terkena dan pijat selama 10 menit atau lebih lalu cuci bersih area tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa formulasi tertentu yang mengandung vitamin C mungkin lebih efektif daripada yang lain, jadi metode ini mungkin tidak terbukti efektif untuk kamu.

2. Lulur gula

Cara mencerahkan selangkangan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan gula yang dapat membantu pengelupasan kulit. Pengelupasan area dapat membantu jika kulit gelap disebabkan oleh penumpukan kulit mati. Hal ini sama halnya dengan lakukan scrub. Campurkan jus lemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu. Kemudian gosok perlahan campuran tersebut ke paha bagian dalam. Setelah itu bilas area tersebut untuk menghilangkan scrub. 

3. Scrub yogurt oatmeal

Oatmeal dapat digunakan untuk mengobati eksim dan kondisi kulit inflamasi lainnya, serta bisa berfungsi sebagai exfoliant, dan mungkin lebih lembut daripada scrub gula di atas. 

Yogurt mengandung asam laktat, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Yogurt mungkin memiliki manfaat lain untuk kulit saat digunakan secara topikal atau oral, tetapi penelitiannya ternyata masih terbatas Charm Girls.

Buat pasta dengan oatmeal dan yogurt tawar dengan perbandingan yang sama. Oleskan pasta ke area kulit yang gelap, dan gosok dengan lembut. Kemudian cuci area selangkangan  itu adalah cara lain mencerahkan selangkangan.

4. Lidah buaya

Gel lidah buaya atau produk berbasis lidah buaya dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan lecet. Lidah buaya mengandung aloin, yang menunjukkan potensi sebagai pencerah kulit. Oleskan seperti lotion, dan biarkan produk meresap ke kulit kamu. kamu tidak perlu membilasnya setelah menerapkan.

5. Gunakan kentang

Menggosok kentang pada kulit kamu adalah cara alami memutihkan selangkangan yang bisa kamu coba, ini adalah cara tradisional untuk bintik-bintik gelap pada kulit. Dipercaya bahwa katekolase, enzim dalam kentang, dapat mencerahkan kulit. 

Potong kentang, kemudian gosok irisan kentang di atas area yang terkena selama 15 menit atau lebih setelah itu cuci area tersebut dengan lembut.

6. Menjaga daerah intim tetap bersih dan sehat 

Nah ini juga jadi cara lain untuk bisa meminimalisir kegelapan di area selangkangan apalagi bagi para Charm Girls yang masih remaja, bagaimana cara menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas?

Pertama gunakan pembersih area intim berkualitas baik, yang teruji secara dermatologis dan ginekologi yang juga hypoallergenic. Daerah intim juga harus dicuci setidaknya sekali sehari dan hanya di area luar sana. Jangan biasanya semprotkan air ke area vagina langsung biasakan dengan lembut.

Charm Girls juga bisa gunakan handuk yang lembut dan jangan gunakan spons kasar atau sarung tangan, biasakan bersihkan daerah intim dari  depan ke belakang, terutama jika menggunakan tisu, hal ini menghindari kotoran dari area anus. Nah jangan lupa juga buat selalu ganti pembalut tiap dua hingga empat jam sekali agar tetap bersih dan nyaman, terakhir kenakan celana dalam katun.

cara memutihkan selangkangan
Komentar (384)
A

An
Anonymous
bisa dicoba nih
8 days ago
Balas
Avatar Profile Image
MARAFAH2008
Sangat bermanfaat
8 days ago
Balas
An
Anonymous
nice
8 days ago
Balas